Thursday, December 20, 2018

author photo
jumanto.com - Universitas Perwira Purbalingga. Sebagai orang yang besar di Purbalingga, saya turut berbahagia, karena kota Perwira, punya perguruan tinggi pertama di kabupaten ini. Ya, namanya Universitas Perwira Purbalingga, disingkat Unperba, yang merupakan inisiasi dari Ketua DPR saat ini, Bambang Soesatyo.

Bambang Soesatyo telah menerima Surat Keputusan (SK) pendirian Universitas Perwira Purbalingga dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, pada hari Selasa tanggal 18 Desember 2018.

Dengan terbitnya SK pendirian Unperba, maka resmi sudah keberadaan kampus kebanggaan masyarakat Purbalingga ini.

Masyarakat Purbalingga kini bisa kuliah di kabupatennya sendiri, jika tidak ingin kuliah jauh-jauh ke Jogja, Semarang, Solo, atau ke Purwokerto.

Selama ini, anak-anak lulusan SMA sederajat memang lebih banyak kuliah di Jogja, Semarang, Solo, dan Purwokerto.

Kawan-kawan SMA saya dulu, lebih banyak kuliah di Jogja, lalu sebagian ke Solo, Semarang, dan banyak juga yang kuliah di Universitas Jenderal Soedirman atau Unsoed Purwokerto.

Bagi masyarakat Purbalingga, terutama di jaman-jaman saya, kampus UGM masih merupakan kampus favorit, dilanjutkan kampus negeri lainnya macam UNDIP, UNY, UNES, dan UNS.

Dengan didirikannya Unperba Purbalingga, anak-anak lulusan SMA sederajat di wilayah Purbalingga dan sekitarnya punya alternatif baru untuk tempat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi.

foto universitas perwira purbalingga unperba

Unperba Merupakan Universitas Pertama di Purbalingga


Universitas Perwira Purbalingga adalah Universitas Pertama yang ada di Kabupaten Purbalingga. Sebelumnya, belum ada kampus baik negeri maupun swasta di Kabupaten Purbalingga.

Keberadaan Unperba menjadi pelopor pendirian kampus baru di Purbalingga.

Memang sih, sebenarnya, di daerah Blater, Kalimanah, Purbalingga, sudah ada juga sebuah gedung kampus yang berdiri di sana.

Namun, kampus tersebut hanyalah cabang dari Unsoed Purwokerto, bukan merupakan kampus tersendiri.

Gedung kuliah di Blater Purbalingga tersebut merupakan Gedung Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Jawa Tengah.

Adapun keberadaan Unperba, benar-benar merupakan kampus milik kabupaten Purbalingga yang pertama kali ada.

Status Unperba sendiri merupakan perguruan tinggi swasta (PTS).


Kampus ini murni didirikan oleh swasta, tanpa dana dari pemerintah, menurut pengakuan dari Bambang Soesatyo.

Pengelolaannya sepertinya diserahkan kepada Yayasan Karya Bhakti Purbalingga, yayasan yang selama ini telah berkontribusi dalam mendidik anak-anak Purbalingga untuk mengenyam pendidikan menengah atas.

Lokasi Universitas Perwira Purbalingga (Unperba)


Lokasi Unperba Purbalingga berada di Jalan Letjend S Parman atau bekas SMA Karya Bhakti Purbalingga.

Buat masyarakat Purbalingga, tentunya sudah akrab dengan SMA Karya Bhakti ini.

SMA dan SMK Karya Bhakti merupakan sekolah swasta yang sudah puluhan tahun menampung anak-anak yang tidak tertampung di sekolah negeri.

Kini, di lokasi ini, telah dibangun kampus swasta pertama di Purbalingga yang bernama Unperba.

Berada di pinggir jalan utama jalan protokol, Universitas Perwira Purbalingga sangat mudah dijangkau, karena dilewati oleh angkot Jurusan Kemangkon - Purbalingga dan jurusan Bukateja - Purbalingga.

Lokasi ini juga dikenal dengan lokasi pendidikan, di mana di sepanjang jalan ini ada Dinas Pendidikan, SMK Muhammadiyah, MAN Purbalingga, SMP Muhammadiyah, dan di ujung jalan, belok ke kanan ada SMA Negeri 2 Purbalingga tempat saya sekolah dulu.

Baca: Keadaan SMA N 2 Purbalingga Sekarang Yang Cakep Banget.

Sejarah Universitas Perwira Purbalingga


Universitas Perwira Purbalingga diinisiasi oleh Bambang Soesatyo atau akrab dipanggil Bamsoet, yang merupakan pimpinan DPR dengan daerah pilihan Jawa Tengah termasuk Purbalingga.

Sebagai salah satu bentuk pengabdian terhadap daerah pemilihannya, Bamsoet pun memperjuangkan berdirinya universitas pertama di Purbalingga, yang diberi nama Universitas Perwira Purbalingga.

Nama Perwira dipilih mungkin dikaitkan dengan slogan dari Kabupaten ini.

Slogan dari Kabupaten Purbalingga adalah Kota Perwira, beda dengan Banjarnegara dengan slogannya Gilar-Gilar atau Purwokerto dengan slogannya Kota Satria.

Ide Pendirian Unperba, Sejak Tahun 2015


Pembangunan kampus Unperba Purbalingga bukan merupakan hasil instan. Ide pendirian kampus ini sudah dimulai sejak tahun 2015 lalu.

Akhirnya, pada tahun 2018 pun pembangunan tahap pertama dimulai.

Peletakan Batu Pertama Unperba Purbalingga (7 Oktober 2018)


Peletakan batu pertama pendirian kampus Unperba Purbalingga Jawa Tengah dilakukan pada hari Minggu tanggal 7 Oktober 2018 lalu oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) ini juga dihadiri oleh Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi,SE, B.Econ,MM dan Ketua Yayasan Perguruan Karya Bhakti Purbalingga Wisnudi Bargowo.

Pada tahap pertama pembangunan kampus Unperba Purbalingga, dijadwalkan 7 bulan selesai dan diharapkan pada April 2019 sudah bisa menerima mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020.

Kampus Unperba pertama kali ini dibangun di atas tanah seluas 12.000 meter persegi atau 1,2 hektar dengan bangunan empat lantai, terdiri ruang yayasan, rektorat, kantor dan sebagian ruang perkualiahan.

Setelah tahap pembangunan Unperba pertama selesai, pembangunan tahap kedua akan segera dilakukan, berupa bangunan samping yang akan membentuk huruf U.

Persetujuan dari Kemenristekdikti, 18 Desember 2018


penyerahan sk unperba universitas perwira purbalingga
penyerahan sk unperba universitas perwira purbalingga

Di bulan Desember 2018, akhirnya SK dari Menristekdikti pun keluar dan resmilah keberadaan Unperba Purbalingga menjadi kampus pertama kota Perwira.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Perwira Purbalingga


Jika kalian berniat kuliah di kampus ini, maka harus cari tahu dulu program studi apa saja yang ada di Unperba Purbalingga.

Di awal keberadaan Unperba Purbalingga, kampus pertama di Purbalingga ini membuka 4 fakultas yaitu:


  • Fakultas Ekonomi.
  • Fakultas Hukum.
  • Fakultas Teknik.
  • Fakultas Teknologi Informasi (TI)

Sedangkan Program Studi Unperba Purbalingga yang akan dibuka pertama kali yaitu:


  • Prodi Akuntansi
  • Prodi Manajemen
  • Prodi Komunikasi
  • Prodi Pendidikan Matematika
  • Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  • Prodi Teknik Informatika
  • Prodi Teknik Mesin
  • Prodi Keperawatan
  • Prodi Gizi Kesehatan
  • Prodi Agroteknologi
  • Prodi Agribisnis.

Dosen Unperba Purbalingga


Tidak menutup kemungkinan, nantinya bakalan ada lowongan kerja dosen Unperba Purbalingga.

Saat ini, menurut Bambang Soesatyo, sudah dipersiapkan dosen yang kompeten di bidangnya untuk mengajar di Unperba Purbalingga.

Dosen yang ada di Unperba Purbalingga di awal kehadirannya direncanakan ada 4 profesor, 10 doktor, dan sejumlah lulusan S-2 yang linier sesuai dengan mata kuliah yang diampu.

Visi Unperba Purbalingga


Visi dari Universitas Perwira Purbalingga adalah:

Menjadikan Entrepreneur University yang Berkearifan Lokal dan Berwawasan Global.
Unggul dalam Pengembangan UMKM berbasis Iptek

Jadi harapan dari kampus ini agar alumninya bisa menjadi pengusaha, entepreneur yang memperhatikan kearifan lokal yang ada, dan memiliki wawasan luas tanpa terbatas wilayah meskipun berada di kota kecil.

Beasiswa Universitas Perwira Purbalingga


Kabarnya, Universitas Perwira Purbalingga akan memberikan beasiswa kepada 20 persen mahasiswa baru yang masuk dalam pendaftar pertama.

Targetnya, di awal penerimaan mahasiswa baru Unperba, kampus kebanggaan masyarakat Purbalingga ini bisa menerima 1000 mahasiswa saat pembukaan di April 2019.

Itu artinya, target ada 200 mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa dari Unperba Purbalingga.

Dengan adanya beasiswa Unperba ini diharapkan banyak masyarakat yang tertarik kuliah di sini.

Efek keberadaan kampus ini juga bisa berdampak ke roda perekonomian, dengan dibukanya usaha kontrakan atau kos-kosan baru, lalu warung makan, transportasi, dan sebagainya.

Nah, itu saja kabar tentang Universitas Perwira Purbalingga atau Unperba yang lokasinya ada di pusat kota. Berminat kuliah di sini? Baca juga: 16 Tempat Wisata Menarik di Purbalingga yang Harus Kalian Kunjungi.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post