Monday, December 10, 2018

author photo
jumanto.com - Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim dan Artinya. Kalimat tersebut biasa disebut juga sebagai kalima hauqolah, merupakan salah satu kalimat yang sangat dianjurkan dibaca, disampaikan sendiri oleh Nabi kita Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wasallam. Kita sendiri pun tentunya sudah sering mendengar kalimat lahaula walaquwata illabillah hil aliyil adzim dalam kehidupan sehari-hari.

Lafadz lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim sendiri termasuk dari bagian doa keluar rumah yang selama ini diajarkan kepada kita.

Doa keluar rumah: bismillahi tawakkaltu 'alallohi laa haula walaa quwwata illa billahil 'aliyil 'adzim ini kita baca, berharap agar setiap langkah kaki kita bisa senantiasa dinilai ibadah dan agar diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wata'ala agar bisa menjauhi dari segala maksiat.

Kita pun mungkin sering juga melihat kaligrafi laa haula wala quwwata illa billahil aliyil adzim di rumah-rumah, masjid, atau tempat lain. Bisa jadi di rumah kita sendiri, atau di rumah seseorang saat kita bertamu.

Bagi orang kampung, dzikir ini juga sering dibaca selepas adzan sebelum sholat, atau orang kampung sering menyebutnya puji-pujian, sambil menunggu imam datang.

Ada juga yang mengamalkan membaca dzikir hauqalah ini sebanyak 300 x sehari, 1000 x sehari, atau dalam jumlah lain sesuai anjuran dari guru thoriqoh.

Alhasil, dzikir laa haula walaa quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim sudah sangat akrab ditelinga kita dan sudah sering kita lihat juga sebagai hiasan kaligrafi.

Tulisan Arab Laa Haula Qalaa Quwwata Illa Billahil ‘Aliyyil ‘Adziim


Bagi kalian yang selama ini ngaji kitab gundul atau kitab kuning, pastinya sering melihat tulisan arab lahaula walakuata illabillahil aliyil adzim dalam kitab-kitab turars, yang artinya pun biasanya lebih detil dari sekedar arti dalam bahasa Indonesianya.

Dzikir yang memiliki khasiat agung ini terdiri atas 9 kalimah (kata) yaitu:
  1. Laa
  2. Haula
  3. Wa
  4. Laa
  5. Quwwata
  6. Illa
  7. Billah
  8. Al 'Aliyy
  9. Al 'Adzim

Tulisan arab laa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adziim selengkapnya sebagai berikut:


Gambar Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim dan Artinya
gambar laa haula wala quwwata illa billah

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Yang mesti diperhatikan, biasanya pada kalimah الْعَلِيِّ. Banyak orang yang membacanya dengan al 'aliyyu. Jadi ada yang membaca kalimah hauqalah ini dengan "laa haula walaa kuwwata illaa billahil 'aliyyul 'adziim"

Yang benar, dibaca 'aliyyi, karena kalimah tersebut berfungsi sebagai na'at (sifat) dari Allah. Na'at sendiri harus mengikuti man'utnya, dalam 4 perkara dari 10 perkara, sebagaimana dipelajari dalam ilmu nahwu.

Karena man'utnya (Allahi) dibaca jer (disebabakan didahului huruf jer bi), maka na'at pun dibaca jer, dan tanda jernya menggunakan kasroh.

Itulah tulisan arab la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'adzim berikut harakatnya, bukan kalimat gundul.

Arti Lahaula Walaquwata Illabillahil 'Aliyyil 'Adzim Dalam Bahasa Arab


Bagi yang pernah belajar makna bahasa Arab menggunakan bahasa Jawa ala pesantren, arti laa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyyil 'adzim biasa diterjemahkan sebagai "ora ono daya kekuatan ngelakoni 'ibadah lan ora ono daya sumingkir saking maksiat anging kelawan pitulunge Gusti Allah kang Maha Luhur tur kang Maha Agung".

Atau dalam bahasa Indonesia, kalimah laa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyyil adzim bisa diartikan sebagai "tidak ada daya untuk melakukan ibadah dan tidak ada kekuatan untuk menjauhi maksiat selain karena pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung".

Sedangkan terjemahan umum per kata, biasanya diterjemahkan dalam bahasa "tidak ada daya dan tidak ada upaya selain karena Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung".

Lahaula walakuata illabillah artinya tidak ada daya dan tidak ada kekuatan selain karena Allah.

Atau diterjemahkan per kata:

  • Laa artinya tidak
  • haula diartikan daya
  • wa artinya dan
  • laa artinya tidak
  • quwwata artinya kekuatan
  • illa artinya kecuali
  • billahi artinya karena Allah
  • al 'aliyyi artinya Yang Maha Tinggi
  • al 'adzim artinya Yang Maha Agung

Inti dari kalimah hauqalah adalah pengakuan dari kita sendiri, bahwa kita ini sama sekali tidak punya kekuatan, semuanya dikarenakan Allah Subhanahu Wata'ala.

Jika kita bisa melakukan ibadah, kekuatan yang kita pakai untuk ibadah itu adalah kekuatan hasil pemberian Allah Subhanahu Wata'ala, sama sekali bukan dari kita, sehingga kita pun tidak merasa jumawa dan takabbur.

Demikian halnya, saat kita bisa menjauhi maksiat, kekuatan untuk menjauhi maksiat itu juga adalah pertolongan Allah Subhanahu Wata'ala.

Kita ini hanya hamba yang lemah, yang menggerakkan tubuh kita adalah Allah, tanpa Allah, kita tidak bisa apa-apa.

Jika kita renungkan arti lahaula wala quwata illa billahil aliyil adzim arab maka kita tentu tidak akan pernah sombong dengan apa yang kita lakukan.

Subhanallah walhamdulillah, kita termasuk dari golongan orang yang beriman, mudah-mudahan kita termasuk golongan yang berserah diri dan masuk dalam SurgaNya Allah Subhanahu Wata'ala.

Manfaat Zikir Lahaula Wala Quwata Illa Billahil 'Aliyil Adzim


Kalimah hauqolah yaitu la haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil adzim yang pendek ini ternyata punya khasiat luar biasa.

Hal ini disampaikan langsung oleh Rasulullah Shollallahu 'Alaihi Wasallam kepada Sahabat Abdullah bin Qois dalam hadis riwayat Imam Bukhari No 7386 berikut:

يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ . فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ

“Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan salah satu simpanan pahala berharga dari simpanan-simpanan pahala di surga”

Ingin punya simpanan pahala di surga? rajin-rajinlah membaca kalimah hauqalah (la hawla wala quwwata illa billah dengan manfaat yang telah disebutkan tadi


Kalimat pendek yang ringan untuk dibaca, mudah dihafal, dan memiliki khasiat yang besar di akhirat nanti.

Jangan menyepelekan yang kecil. Kebiasaan kita menyepelekan yang kecil akan membuat kita menyepelekan yang besar juga.

Yuk biasakan lisan untuk berdzikir. Membaca bismillah sebelum melakukan sesuatu, mengucap arab Alhamdulillah setelah selesai, mengucapkan salam saat bertemu, dan melanggengkan dzikir selepas shalat.

Demikian artikel singkat mengenai Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim dan Artinya mudah-mudahan bermanfaat. Kunjungi juga: Tulisan Arab Barakallahu Fi 'Umrik dan Artinya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post