Sunday, December 16, 2018

author photo
jumanto.com - Tulisan Arab Insya Allah Yang Benar dan Artinya. Beberapa waktu yang lalu, mungkin sudah agak lama, ribut tentang penulisan yang sebenarnya apakah Insya Allah, Insha Allah, InshaAllah, Inshaa Allah, atau Insyaa Allah, setelah Dzakir Naik berceramah dan diviralkan oleh para pengikutnya. Persoalan seperti ini sebenarnya cukup sederhana, selama pengucapannya benar, sesuai dengan makhraj tulisan arab InsyaAllah, maka makna dari kata tersebut pun benar dan orang arab pun paham arti dari yang kita ucapkan.

Bagi kita yang ingin belajar agama, daripada kita meributkan transliterasi tulisan Insya Allah yang benar apakah menggunakan "sya" atau "sha", mungkin alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan tulisan arab Insya Allah yang benar sehingga kita tahu seperti apa sebenarnya insyaa Allah dituliskan dalam bahasa arab aslinya.

Bahasa Arab, atau tulisan Arab, bagaimana pun juga, tidak akan terwakili dengan penulisan latin, karena jika menuliskan latin, maka bisa menimbulkan persepsi yang berbeda di antara masing-masing orang, apalagi kalau orang tersebut berasal dari negara yang berbeda dengan menggunakan transliterasi yang berbeda.

Menuliskan bahasa arab yang terbaik adalah dengan menuliskan dalam tulisan arab aslinya sehingga menumbuhkan persepsi yang sama mengenai cara membacanya.

Berbeda jika menggunakan transliterasi, maka akan menimbulkan cara membaca yang berbeda.

Sebagai contoh, tulisan ظ dan  ض. Bagaimana dituliskan dalam huruf latin?

Ada yang menuliskan ض dengan dlo ada yang menuliskan ض dengan dho. Ada yang menuliskan ظ dengan zo ada yang dengan dzo.

Susah menuliskan huruf arab diganti dengan huruf latin, karena bisa menimbulkan persepsi yang berbeda, kecuali jika sudah disepakati transliterasinya, sehingga akan dicapai pemahaman yang sama jika tulisan latin begini maka tulisan arabnya begini.

Tulisan Arab Insya Allah yang Benar dan Artinya


Tulisan insya Allah yang sebenarnya sudah sering kita lihat ini, mungkin jarang kita perhatikan dengan seksama sehingga kalau kita disuruh menuliskan ulang dalam tulisan arab, agak kesusahan, terutama untuk yang belum pernah belajar bahasa arab.

Tulisan arab Insya Allah juga bisa jadi sudah sering kita lihat di kaligrafi sebagai hiasan rumah, atau kita jadikan sebagai wallpaper gadget, laptop, dan sebagainya, dan saat membaca Al Quran pun kita akan melihat tulisan arab Insya Allah di sana.

Text arab Insya Allah bukan hal yang asing bagi umat Muslim, dan pengucapannya sendiri sudah sering kita ucapkan sehari-hari saat kita punya janji dengan seseorang, dan memang inilah yang dianjurkan, mengucapkan insya Allah saat berucap janji.

Bahkan Maher Zain pun telah membuatkan lagu berjudul Insya Allah, yang dalam albumnya tertulis dengan judul Insha Allah atau InshaAllah, dengan irama yang enak banget buat didengar.

Untuk kalian yang ingin mengingat lagi bagaimana tulisan arab Insya Allah yang benar, berikut ini teks arab Insya Allah dalam bahasa Arab aslinya:


gambar tulisan arab insya allah yang benar dan artinya
gambar tulisan arab insya allah yang benar

Dalam bahasa arab, kalimat insyaa Allah ditulisakan dengan text: إِنْ شَاءَ اللهُ. Jangan sampai salah menuliskan insyaAllah dengan tulisan arab: انشاء الله. karena bisa membuat artinya menjadi berbeda.

Lafadz inshaAllah terdiri atas 3 kalimah yaitu   شَاءَ, إِنْ dan اللهُ.

Ketiganya terdiri atas huruf, kalimah fi'il, dan kalimah isim. Belum pernah dengar istilah kalimah isim, fi'il dan huruf? Silakana baca: Pembagian Kalimah dalam Bahasa Arab.

Nah, buat kalian yang mau mengcopy tulisan arab insyaAllah di atas, silakan, asal digunakan untuk kebaikan tidak masalah, kalau mau menyertakan sumbernya terima kasih :D

Mana yang Benar, Insya Allah atau Insha Allah?


Seperti yang telah saya sebutkan di awal tulisan, bawa penulisan apakah mau menggunakan Insya Allah, Insyaa Allah, InsyaAllah, InsyaAwloh, InshaAllah, Inshaa Allah, atau Insha Allah, itu semua sebenarnya tergantung transliterasi masing-masing.

Di Indonesia, sebagaimana sudah lazim tertulis di dalam buku-buku, bahwa transliterasi dari huruf hijaiyah ش adalah menggunakan "sya" sementara untuk "sha" digunakan untuk huruf ص.

Dengan demikian, jika kita menggunakan transliterasi bahasa Indonesia, maka tulisan yang kita gunakan adalah Insya Allah, bukan Insha Allah.

Berbeda dengan transliterasi dalam bahasa Inggris, dimana "sya" biasa dituliskan dengan "sya".

Contohnya, kata Shop kita baca "syop" dalam bahasa Indonesia, lalu kata Sheep kita baca "syip", kata Shake kita baca "syeik".

Jadi, kalau kalian menggunakan bahasa Inggris, transliterasi yang tepat adalah Insha Allah.

Karena kita berada di Indonesia, ya kita gunakan saja Insya Allah, dan ini sudah lazim bagi transliterasi kita.

Kalau kita menuliskan insha Allah, bisa diartikan ان صاء oleh orang Indonesia.

Yang paling penting dari semua itu si sebenarnya, pengucapan dalam bahasa arabnya yang harus benar. Jika pengucapannya salah, maka arti bisa berubah.

Untuk tulisan insya allah menurut KBBI sendiri saya belum pernah mengeceknya. Buat kalian yang tahu, bisa dishare di sini. (share kita baca syeir hehehe).

Makna atau Arti Kata Insya Allah


Makna insya Allah sendiri merupakan pemasrahan diri kita kepada Allah, bahwa kita hanya bisa berencana, sedangkan yang akan terjadi sebenarnya kemudian adalah semuanya tergantung dari kehendak Allah.

Jika kita terjemahkan kata insya Allah dalam basaha Indonesia, berikut ini terjemah kasar kata Insya Allah dalam bahasa Indonesia:


  • kata إِنْ berarti jika atau bila.
  • kata شَاءَ berarti Dia menghendaki.
  • kata اللهُ berarti Allah.

Jika kita gabungkan, kurang lebih terjemahan dari InsyaAllah adalah "jika Allah menghendaki".

Saat kita berjanji, misalkan mau melakukan sesuatu kepada seseorang, maka hendaknya kita berucap Insya Allah di depannya.

Maksud dari ucapan insya Allah ini adalah, 99% kita akan melakukan hal tersebut, dan 1% adalah keputusan Allah, apakah menghendaki kita akan melakukan hal tersebut atau malah Allah menghendaki lain.

Jadi, ucapan insya Allah ini diupakna jika kita memang benar-benar ingin melakukan sesuatu (99%), bukan karena gak enak, dan sekedar basa basi saja.

Jika memang kita sebenarnya tidak bisa, misal tidak bisa datang, bilang saja maaf sepertinya tidak bisa, jangan katakan insya Allah datang.
Ucapan insya Allah bukan diperuntukkan bagi janji yang kemungkinan besar bakal diingkari.
Hukum mengucapkan insya Allah ini sendiri sunnah, dianjurkan saat kita membuat janji, tapi saat mengucap janji yang peluang besar untuk diingkari, jangan bawa kata insya Allah di dalamnya.

Demikianlah uraian singkat mengenai Tulisan Arab Insya Allah dan Arti serta Maknanya mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billah yang benar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post