Friday, December 7, 2018

author photo
jumanto.com - Untuk mengirim paket, atau membayar tagihan PLN, kirim uang, dan surat, saat ini kita masih bisa menggunakan layanan dari PT Pos Indonesia yang terus berinovasi guna bersaing dengan pesaingnya seperti JNE, J&T, Indah Cargo, SiCepat, serta jasa ekspedisi lainnya. Lalu, jika saya mau ke kantor pos, kantor pos buka jam berapa dan tutup jam berapa? Kapan jam istirahat kantor pos?

Kantor pos sebagai jasa layanan ekspedisi milik pemerintah, memang masih bayak dikeluhkan oleh penlanggannya, terutama yang menggunakan layanan pengiriman paket pos kilat khusus dan paket pos biasa, di mana barang yang mereka kirim tak kunjung sampai.

Status posisi paket kiriman pos sebenarnya bisa dicek secara online. Fasilitas cek resi pos online kini sudah tersedia di website kantor pos Indonesia.

Sayangnya, entah mengapa, kasus lama sampainya paket yang dikirimkan oleh pos yang dialami oleh beberapa orang mungkin perlu dievaluasi ulang oleh Kantor Pos Indonesia agar kinerjanya lebih baik.

Termasuk salah satu yang dituntut oleh pengguna layanan Pos adalah keinginan masyarakat agar jam kerja kantor pos diperpanjang dari pagi hingga malam hari.

Jadwal buka kantor pos selama ini masih kalah dengan pesaingnya, seperti JNE yang buka bisa sampai malam hari.

Bahkan J&T lebih kreatif lagi, menyediakan layanan jemput paket ke rumah, sehingga kita tidak perlu repot-repot mencari agen pengiriman J&T terdekat.

Jika kantor pos ingin bersaing dengan pesaingnya yang mulai banyak, maka layanan harus ditingkatkan, seperti layanan jemput paket, kemudahan mengakses cek resi paket, serta jadwal buka kantor pos yang diperpanjang.

Apalagi untuk kota-kota besar seperti Bekasi, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, dan kota-kota besar lainnya, tentu lebih dituntut agar ada kantor pos yang buka sore hari, bahkan kalau bisa ada kantor pos yang buka 24 jam, seperti Indomaret yang buka 24 jam.

Kantor Pos Buka Jam Berapa dan Tutup Jam Berapa?


Kantor Pos Buka Jam Berapa dan Kapan Tutup

Untuk menggunakan layanan dari PT Pos Indonesia, kita dapat mengunjungi kantor pos terdekat yang biasanya ada satu di tiap kecamatan.

Kunjungi kantor pos pada jam operasionalnya, di mana kantor pos buka setiap hari dari Senin sampai dengan hari Sabtu.

Dalam satu Minggu, hari kerja kantor pos hanya 6 hari, yaitu dari hari Senin sampai dengan hari Sabtu.

Jadi, kantor pos tetap buka di hari Sabtu, berbeda dengan bank yang tidak semuanya buka di hari Sabtu, hanya bank-bank tertentu.

Di hari Sabtu, kita bisa mengirim weselpos, atau bayar tagihan di kantor pos.

Jadwal libur kantor pos hanya di hari Minggu, ditambah dengan tanggal merah atau hari libur nasional.

Pengecualian, jika ada pengumuman resmi dari PT Pos Indonesia bahwa kantor pos tetap buka di Hari libur tanggal merah, karena dalam kondisi tertentu biasanya ada kebijakan bahwa kantor pos tetap buka di tanggal merah.

Kantor pos buka dari jam 8 pagi menurut informasi dari twitter resmi Pos Indonesia


Jadi, kita bisa ke kantor pos mulai jam 8 pagi, jika ingin menggunakan produk atau jasa dari kantor pos.

Meskipun demikian, ketentuan ini pun ternyata berbeda-beda antara pos satu dengan lainnya, mengenai kapan kantor pos buka dari jam berapa.

Ada juga kantor pos yang buka mulai dari jam setengah 8 pagi, atau jam 07.30.

Kalau mau aman sih datang saja jam 8 pagi, karena di jam ini, kantor pos seharusnya sudah buka.

Kalau berangkat jam setengah 8 pagi, takutnya masih tutup. Atau kalau mau dapat antrian pertama atau lebih awal, bisa juga sih dateng pagi-pagi gak masalah.

Sedangkan jam tutup kantor pos berberda-beda antara kantor pos cabang dengan kantor pos besar.


Dari informasi yang saya dapatkan di Twitter resmi Kantor Pos, kantor pos besar tutup pukul 22.00 malam atau jam 10 malam.

Sedangkan jam tutup kantor pos cabang adalah pukul 15.00 atau jam 3 sore.

Ketentuan tersebut berlaku untuk hari Senin sampai dengan Jumat.

Untuk hari Sabtu, jam tutup kantor pos pukul 12.00 atau buka setengah hari saja. So, jika mau ke kantor pos di hari Sabtu, datang pagi-pagi, jangan kesiangen.

Informasi jam buka dan jam tutup kantor pos pastinya dapat ditanyakan ke kantor pos terdekat karena biasanya kantor pos juga punya kebijakan berbeda.

Jika kantor pos ternyata sudah tutup, dan kalian mau mengirimkan paket, kalian bisa menggunakan layanan JNE. Jam kerja JNE biasanya lebih sore dibandingkan dengan jam kerja kantor pos.

Jam buka JNE gak beda jauh dengan kantor pos, tapi jam tutup JNE lebih sore dibandingkan kantor pos, dan agennya juga lebih banyak kalau di deket kantor saya.

Sayangnya, di tempat saya, JNE tidak buka di hari Minggu, jadi ya mesti nunggu senin lagi.

Jika kalian ingin mengetahui informasi jam operasional kantor pos selama Ramadhan nanti atau mau bertanya kantor pos di kota kalian buka jam berapa, bisa bertanya juga ke call center pos indonesia bebas pulsa.

Jadwal tutup kantor pos lebaran bisanya juga diumumkan oleh Pos Indonesia.

Demikian informasi Kantor Pos Buka Jam Berapa dan Kapan Tutup. Baca juga: Berapa Lama Kirman Pos Kilat Khusus Sampai?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post