Tuesday, December 4, 2018

author photo
jumanto.com - Sebagai pengguna kartu 3, penting untuk mengecek masa aktif kartu Tri yang kita gunakan apalagi kalau kita jarang isi pulsa, bisa-bisa kartu sudah tidak aktif karena gak pernah kita cek. Karena melewati masa tenggang, kartu Three akhirnya dinonaktifkan. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membuat catatan mengenani cara mengecek masa aktif kartu 3 beserta cara mengetahui pengisian pulsa terakhir three.

Mengisi pulsa Tri bisa kita lakukan lewat internet banking mandiri, BRI, BCA, BNI, dan bank lainnya, atau mengisi pulsa 3 lewat ATM BRI, BNI, Mandiri, BCA serta bank lain.

Selain membeli pulsa Tri lewat layanan perbankan, kita juga bisa mengisi pulsa Tri di Alfamart, Indomaret, dan minimarket lainnya.

Dulu, kita biasanya isi pulsa di counter. Namun, kini sudah makin banyak tempat isi pulsa untuk semua operator dari Smartfren, IM3, Simpati, As Telkomsel, XL, Mentari, Axis.

Dan favorit saya, tentu saja mengisi pulsa secara online lalu bayar pakai internet banking mandiri atau mandiri online.

Bermanfaat banget menggunakan aplikasi Mandiri Online, membuat transaksi jadi semakin mudah, dari beli tiket pesawat, tiket kereta api, tiket damri online, serta pemesanan atau booking hotel di mana saja.

Sebelumnya saya berlangganan mengisi pulsa lewat Traveloka.

Baca: Pengalaman isi pulsa Lewat Traveloka.

Saat ini, saya biasa membeli pulsa telkomsel dan three secara online lewat shopee menggunakan koin shopee.

Alasan saya kenapa beli pulsa di shopee, karena saya punya koin shopee, jadi sayang kalau gak digunakan.

Selain itu, harga pulsa 3 dan Telkomsel di Shopee juga masih lebih murah dibandingkan dengan pulsa di Indomaret atau Alfamart, bahkan lebih murah juga dibandingkan beli lewat internet banking mandiri.

Karena makin mudahnya mengisi pulsa 3, harusnya sih gak ada alasan lagi masa aktif kartu Three habis, lalu masuk masa tenggang, dan setelah itu dinonaktifkan, kecuali gak punya duit atau memang cuma beli perdana doang dan gak niat buat isi ulang :D

Untuk kalian yang jarang ngisi pulsa three lalu tiba-tiba pengin pakai lagi kartu 3 yang ada, lalu pengin tahu apakah kartu 3 masih aktif atau tidak, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Begini Cara Mengecek Masa Aktif Kartu 3 Kalian


Jika kalian memang berniat menggunakan kartu 3, setelah membeli kartu perdana, jangan lupa untuk registrasi kartu 3 agar di kemudian hari tidak mengalami kendala.

Cek nomor 3 yang kalian beli, catat nomornya, siapa tahu lupa atau kartu hilang dan pengin diganti menggunakan nomor yang sama.

Aktivasi kartu 3 dengan benar dengan mengikuti petunjuk yang ada secara berurutan.

Kartu 3 sendiri merupakan kartu prabayar, di mana kalian mesti isi pulsa dulu, setelah itu baru bisa digunakan.

Jika kartu 3 tidak ada pulsanya, maka setelah melewati masa aktif, kartu akan memasuki masa tenggang. Jika kartu 3 lewat masa tenggang, maka kartu Tri pun akan dinonaktifkan dan sama sekali tidak digunakan baik menerima maupun mengirim panggilan, telepon, internet, dan sebagainya.

Oleh karena itu, buat kalian yang memang pengin pakai kartu Three, dan jarang mengisi pulsa, silakan cek masa aktif dan masa tenggang kartu 3 kalian jangan sampai dinonaktifkan.

Berikut ini dua cara cek masa aktif dan masa tenggang kartu 3 yang paling sering saya gunakan:

1. Cek masa aktif kartu Tri online menggunakan aplikasi Bima+ resmi dari PT Three


Cara Mengecek Masa Aktif Kartu 3 dan Masa Tenggang masih aktif atau tidak
cara cek masa aktif kartu 3 lewat aplikasi bima+

Cara pertama untuk mengecek masa aktif kartu three adalah menggunakan aplikasi Bima+ (sebelumnya BimaTri).

Aplikasi Bima+ ini cukup berguna untuk mengetahui berbagai informasi kartu three kita. Sebagai aplikasi cek pulsa tri, lewat Bima+ kalian bisa cek sisa pulsa 3 kalian tinggal berapa serta berapa sisa kuota internet yang kalian punya, baik 4G maupun semua jaringan.

Pengguna kartu 3 AON dan sebagainya tetap bisa menggunakan Bima+ untuk mengecek masa aktif kartu 3 yang digunakan.

Untuk mengecek masa aktif dan masa tenggang kartu 3, kalian cukup download dan install aplikasi Bima+ di hp, lalu login dan di situ akan tertera informasi masa berlaku kartu 3 kalian.

Kelemahan menggunakan aplikasi Bima+ adalah, cara ini merupakan cara cek kuota 3 dan masa aktif secara online sehingga butuh paket internet yang masih aktif.

Jika tidak ada jaringan internet, cara ini tidak bisa digunakan.

2. Cara cek masa aktif kartu 3 dan masa tenggang menggunakan dial phone


Jika cara pertama menggunakan cara online, cara kedua dilakukan secara offline. Asalkan ada sinyal, maka kita bisa mengecek masa aktif kartu Tri kita beserta informasi masa tenggangnya.

Caranya sebagai berikut:

  1. ketikkan dial phone di USSD: *111*1#
  2. tekan OK, Yes, atau Call seperti mau menelpon.
  3. setelah itu akan keluar informasi sampai tanggal berapa masa aktif kartu 3 kita.

Secara umum, setiap kartu seluler ada cara cek masa aktif lewat dial phone ini. Jika kita mau cek masa aktif kartu im3 misalkan, tentunya ada kode dial phone untuk pengecekannya.

Saat tidak ada jaringan atau sinyal, kita tidak bisa mengecek pulsa 3 beserta info masa aktifnya. Tunggu sampai sinyal ada.

Jika ternyata hasilnya masa aktif sudah berakhir dan memasuki masa tenggang, segera perpanjang masa aktif dengan mengisi pulsa.

Seribu pulsa 3 akan menambah sehari masa aktif, 30 ribu pulsa tri akan menambah masa aktif selama 30 hari, begitu seterusnya.

*) ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Dengan kedua cara di atas, maka kita bisa tahu apakah kartu 3 hangus atau tidak. Umur kartu 3 yang mau diperpanjang, harus dijaga masa aktifnya.

Informasi Masa Tenggang Kartu 3


Jika masa aktif kartu 3 sudah habis, pelanggan dikasih kesempatan untuk kembali mengisi pulsanya, yang dinamakan masa tenggang.

Selama masa tenggang, kita tidak bisa melakukan panggilan keluar, tapi masih bisa menerima panggilan masuk.

Selama masa tenggang kartu 3, kita juga tidak bisa mengirim sms keluar, tapi masih bisa menerima sms.

Masa tenggang kartu Tri biasanya diberikan selama 30 hari dari sejak tanggal masa aktif kartu 3 habis.

Jika melewati masa tenggang selama 30 hari, kartu masih belum diisi juga pulsanya, maka kartu pun akan dinonaktifkan.

Cara Cek Pengisian Pulsa Terakhir Three


Selain mengecek masa aktif kartu three, kita juga bisa mengecek kapan dan berapa pengisian pulsa terakhir yang kita lakukan.

Syaratnya, kita punya kuota internet 3 yang tersisa, karena cara ini menggunakan aplikasi Bima+ yang telah kita singgung di atas.

Untuk mengecek pengisian pulsa terakhir di kartu 3 kalian, silakan buka aplikasi Bima+.

Masuk ke pilihan menu di pojok kanan atas, pilih profil.

Pilih pembelian terakhir.

Informasi kapan terakhir kalian mengisi pulsa beserta nominalnya akan muncul di sini.

Selain mengecek nomor tri masih aktif atau tidak, banyak hal yang bisa kita ketahui dari aplikasi Bima+.

Setahu saya, saat ini belum ada ketentuan masa aktif kartu 3 selamanya, berbeda dengan kartu As yang cukup sekali transaksi maka otomatis kartu akan diperpanjang satu bulan ke depan.

Demikian informasi singkat mengenai Cara Mengecek Masa Aktif Kartu 3, Masa Tenggang, Masih Aktif atau Tidak. Baca juga: Paket Internet Tri 12 GB Seharga 50 Ribu.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post