Sunday, November 25, 2018

author photo
jumanto.com - Beberapa waktu sebelumnya kami menyempatkan diri menikmati menu dari RM. Saung Desa Bandar Lampung yang lokasinya tidak jauh dari Pavillion Resto Pahoman. Rumah Makan di Bandar Lampung ini memiliki dafttar menu nusantara dengan harga yang akan saya review di bawahnya, beserta informasi nomor telepon untuk pemesanan plus foto atau gambar saat kami menikmati kuliner Lampung di cafe resto ini.

Saung Desa Bandar Lampung adalah salah satu destinasi wisata kuliner dengan tempat makan yang nyaman, mengusung konsep tempat makan berupa saung-saung cantik dilengkapi dengan areal bermain anak yang asyik banget buat dikunjungi.

Dari jalan raya, kita mesti masuk melewati satpam yang jaga, lalu jalan naik ke atas sedikit menuju tempat parkir, yang dibedakan antara parkir motor dan parkir mobil.

Dari tempat parkir, sudah tertulis dengan jelas "Saung Desa" dengan bangunan "tradisional" yang menggambarkan image destinasi wisata kuliner di Lampung ini sebagai wisata kuliner ala pedesaan di Lampung.

Begitu memasuki lokasi tempat makan, pramusaji langsung menyapa kami, mau makan untuk berapa orang, mau tempat duduk yang lesehan atau pakai kursi.

Kami memilih makan di tempat lesehan di saung-saung cantik yang berjejer di pinggir rumah makan dengan kolam ikan di bawahnya.

Pramusaji pun menawarkan kepada kami saung mana yang mau kami pilih, dan kami memilih saung yang berada di tengah saja.

Alamat dan Lokasi RM Saung Desa Bandar Lampung


lokasi saung desa bandar lampung

Alamat RM Saung Desa Lampung berada di Jalan Kyai H. Ahmad Dahlan No.97, Kupang Raya, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Orang lebih familar menyebut lokasi Resto Saung Desa ini berada di Pahoman, sehingga sering disebut sebagai Saung Desa Pahoman.

Lokasi RM Saung Desa Bandar Lampung sendiri berada sekitar beberapa ratus meter dari Pavilion Cafe & Resto Lampung, salah satu cafe hits di Bandar Lampung.

Baca: Daftar Cafe Enak Di Bandar Lampung.

Dua-duanya sama-sama berada di Turunan Damri, sebutan orang dulu untuk nama jalan di sini, karena dulu Pool Damri berada di sini.

Di daerah pahoman ini memang ada cukup banyak tempat wisata kuliner yang bisa dikunjungi mulai dari Wiseman Cafe, Ikan Bakar Gembul, Nudi, Griya Liwet, hingga Cafe Diggers.

Saat jalan menuju ke RM Saung Desa Lampung, di turunan jalan, kalian bisa melihat keberadaan Cafe Diggers Pahoman di sebelah kiri atas.

Baca: Cafe Diggers yang Kece Banget.

Rute Jalan Menuju Rumah Makan Saung Desa Lampung


Sebagai patokan mudah, mungkin rute jalan menuju ke rumah makan di Bandar Lampung ini akan saya mulai dari Masjid Al Furqon Bandar Lampung.

Dari Masjid Al Furqon Lungsir ini, jalan melewati Jalan Dr Susilo, melewati kantor walikota, Inspektorat Provinsi Lampung, Rumah Makan Gudeg Kangen Jogja, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, hingga ketemu lampu merah persis setelah RSIA Bunda Assyifa.

Dari lampu merah, belok ke arah kanan melewati Hotel Rarem, lurus terus sampai habis turunan, persis di akhir turunan, di sebelah kiri, ada tulisan arah menuju RM Saung Desa Bandar Lampung.

Sekitar beberapa meter dari sini, ada pos satpam, masuk saja ke dalam, lurus belok ke kiri menanjak sedikit lalu ke kanan dan sampailah di lokasi RM Saung Desa Lampung.

Silakan parkir kendaraan di tempat yang telah disediakan.

Saung Desa Pahoman, Tempat Makan Enak di Bandar Lampung yang Asyik buat Tempat Bemain Anak


tempat bermain anak saung desa pahoman lampung

Untuk keluarga yang membawa anak kecil macam kami, mencari tempat kuliner yang lengkap dengan arena permainan anak memberikan kelebihan tersendiri.

Selain piknik bareng keluarga menikmati waktu santai, kami juga bisa sekaligus momong anak, memberikan keceriaan kepada si kecil.

Tahu sendiri, anak-anak paling senang sama yang namanya bermain. Mau makan mau piknik, isinya pasti bermain.

Gak heran, begitu sampai ke lokasi tempat makan, Alya langsung lari menuju tempat bermain anak di Saung Desa Bandar Lampung.

Kami ajak Alya ke saung untuk memesan makanan gak mau, karena sudah kepincut sama perosotan yang ada di Saung Desa Pahoman.

Beberapa tempat makan di Lampung lainnya yang ada tempat bermain anak di antaranya ada:


Warung Makan di Bandar Lampung yang Asyik Buat Foto-foto


gambar saung desa bandar lampung
gambar saung desa bandar lampung

Berbagai sudut di rumah makan Saung Desa Bandar Lampung cukup teduh untuk dilihat, lebih sejuk dan rindang, jauh bila dibandingkan kita makan di cafe resto di Lampung yang tentu lebih modern desainnya.

Warung Makan Saung Desa Lampung memiliki areal tempat makan yang sejuk, dihiasi rumput hijau yang friendly buat tempat bermain.

foto pemandangan saung desa lampung
foto pemandangan saung desa lampung

Pohon-pohon kelapa terlihat berderet-deret berada di kawasan rumah makan ini.

Dari depan warung makan sampai ujung biasa digunakan pengunjung untuk foto-foto.

Susana pedesaannya memang cukup menarik, apalagi buat warga kota yang jarang melihat pedesaan.

Menu Makanan Saung Desa Lampung


Daftar menu saung desa merupakan menu nusantara banget sehingga cocok buat kami yang suka makanan lokal dibandingkan makanan western atau ala korea dan jepang.

Daftar menu makanan di RM Saung Desa terdiri atas menu ayam, gurame, sapi, mie, ikan, cumi, udang, soka, kepiting, dan kerang dengan aneka olahan masakannya serta aneka sup, tempe tahu, dan berbagai sayuran.

Jadi menu yang ada bisa dikategorikan sebagai menu daging dan juga seafood.

Kami memesan menu makanan Simba Bakar Jimbaran saat makan di Saung Desa Pahoman.

Menu Minuman di Saung Desa Lampung


Pilihan minuman yang disediakan ada cold dan hot drink dari es kelapa, jus, kopi, teh, jeruk, dan sejenisnya.

Daftar Harga Saung Desa Lampung


Silakan lihat foto gambar daftar harga dan menu Saung Desa Lampung berikut ini:

menu makanan saung desa lampung dan harga
foto daftar menu saung desa lampung
menu minuman saung desa lampung dan harga
gambar daftar menu saung desa lampung

 Gimana setelah melihat harga makanan di saung desa, terkejut? hehehe.

Review RM Saung Desa Bandar Lampung dari Rasa Hingga Harga


Kami memesan makanan berupa simba bakar jimbaran seberat 7 ons. Pramusaji sempat salah memesankan kami, karena kami malah mau dipesankan kerapu, padahal kami bilang simba. Untung belum dimasak.

review saung desa lampung

Ukuran simba bakar yang kami makan bertiga ternyata membuat kami kenyang banget. Simba bakar seberat 7 ons menurut saya cocok untuk dimakan 3-4 orang dewasa, sehingga gak kekenyangen.

Kami juga memesan dua porsi nasi, yang ternyata bener-bener dikasih nasi ngepress ukuran dua porsi orang dewasa. Biasanya di warung makan diberikan porsi yang lebih banyak.

Biar ada pedesnya, kami pesan satu porsi sambal mangga.

Untuk minumanya, kami memesan es kelapa jeruk serta es teh manis.

Kami dikasih 3 gelas air putih gratis.

Review rasa makanan


Rasa simba bakarnya cukup enak, gak nyesel deh kalau pesan makanan ini. Empuknya daging ikan dipadu dengan pedasnya bumbu serta kecap manis terasa pas di lidah.

Rasa ikan bakarnya ok dan cukup recommended.

Es kelapa dan dugan juga cukup ok.

Minusnya, sambal mangganya kurang nendang, masih enak sambal mangga di Pindang Meranjat Riu.

Overall, untuk rasa makanan dan minuman gak ada masalah.

Review harga makanan dan minuman: MAHAL


Sayangnya harga yang ditawarkan memang terbilang mahal. Berdasarkan pengalaman kami, ini adalah rumah makan termahal yang pernah kami coba di Bandar Lampung.

Kalau kalian mau mampir ke rumah makan ini, mesti siapkan kocek lebih. Sudah lihat daftar harga makanan di atas bukan?

Tidak ada biaya parkir saat kami ke sini.

Total, untuk makanan yang saya sebutkan di atas beserta minuman yang kami pesan, saya harus membayar 190 ribu lebih.

Sudah gitu, menu yang disajikan juga terkesan "pelit" menurut kami. Disajikan ngepress. Ikan bakar tidak dilengkapi dengan lalapan, murni cuma ikan bakar doang, jadi mesti pesan terpisah, dan tambah mahal tentunya.

Kalau tempat makannya, cukup asyik. Tapi dibandingkan dengan Rumah Kayu, saya lebih suka Rumah Kayu Lampung.

Jam Buka RM Saung Desa Pahoman Lampung


RM Saung Desa Lampung beroperasi dari setiap hari dari hari Senin sampai dengan Minggu mulai dari pukul 11.00 siang sampai dengan pukul 21.00 malam.

Buat kalian yang mau makan siang atau makan malam di Bandar Lampung, silakan makan ramai-ramai karena ada menu paket di RM Saung Desa Lampung.

Gak cuma menu paket di Rumah Kayu Lampung, RM Saung Desa juga menyediakan menu paket untuk yang makan ramai-ramai.

Nomor Telepon untuk Reservasi


Untuk kalian yang mau reservasi meja tempat makan atau saung, bisa mengubungi kontak no telp di (0721) 471394.

Demikian review RM Saung Desa Lampung dari Lokasi, Alamat, Harga, Menu Makanan dan Minuman, serta Rasa dan Kontak Nomor Telepon. Baca juga: Kuliner Pringsewu di Warung Paloe Gada.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post