Thursday, November 15, 2018

author photo
jumanto.com - Kali ini saya mau berbagi pengalaman saat mengalami permasalahan belanja di shopee, yaitu saya kelebihan transfer shopee. Satu pesanan di shopee, terlanjur saya bayar dua kali, sehingga saya rugi karena membayar terlalu banyak terhadap pesanan barang saya di shopee.

Karena terbayar dua kali, maka saya pun mengajukan pengembalian dana di shopee agar pembayaran shopee yang kedua dapat dikembalikan ke akun shopeepay saya, mengisi saldo shopeepay, dan kemudian bisa saya gunakan untuk berbelanja atau saya tarik ke rekening bank saya.

Cara pembayaran shopee yang saya pilih waktu itu adalah lewat internet banking mandiri atau mandiri online yang mudah dan praktis banget.

Lebih mudah dibandingkan dengan bayar shopee via Indomaret.

Verifikasi pembayaran shopee lewat mandiri online dilakukan secara otomatis, tidak dicek manual seperti saat bayar lewat transfer ke rekening shopee.

Saat sedang makan malam di D'Camp Cafe Bandar Lampung, saya memesan pulsa di shopee, karena harga pulsa seluler di shopee saat itu lagi murah.

Baca: Cara Beli Pulsa di Shopee.

Kalau beli pulsa, batas waktu pembayarannya lebih cepat dibandingkan dengan batas waktu pembayaran belanja di shopee yang sampai 24 jam.

Sayangnya, sinyal internet di sana cukup jelek. Saya menggunakan jaringan 4G kartu three, dan sinyal 4G Tri di Bandar Lampung memang cukup jelek dibandingkan di rumah saya.

Saat sedang membayar shopee via Internet Banking Mandiri, lalu tahapan terakhir, memasukan MPIN Mandiri Online, sinyal internet lagi jelek-jeleknya lalu muncul peringatan gangguan.

Saya pun kemudian memasukkan kembali MPIN Mandiri Online dan hasilnya masih sama.

Saya pun kemudian keluar dari Mandiri Online, lalu masuk lagi, dan saya cek, ternyata uang saya sudah terdebet, sudah keluar dari rekening saya.

cara mengatasi kelebihan pembayaran shopee
Kelebihan Transfer Shopee, Terbayar Dua Kali

Dua kali saya melakukan pembayaran pesanan di shopee untuk pesanan yang sama.

Setelah Kelebihan Transfer Di Shopee, Bayar Shopee Dua Kali, Untuk Mengatasinya, Saya Pun Live Chat dengan CS Shopee 24 Jam


Setelah tahu kalau saya salah bayar dua kali, kelebihan bayar di shopee, saya pun langsung menghubungi CS Shopee via live chat.

Baca Juga: Cara Menghubungi CS Shopee via Facebook.

Tidak usah menelepon call center shopee yang menguras pulsa, saya pun memilih live chat saja, mengadukan permasalahan kelebihan transfer shopee yang saya alami.

Saya diminta memasukkan nomor pesanan.

Setelah itu saya pun kemudian disuruh untuk mengisi pengaduan berisi data sebagai berikut:


Data Penerima Dana

Nama Rekening Penerima:
Nomor Rekening:
Nama Bank:
Cabang Bank:
Jumlah Transfer:
Tanggal dan Jam Transfer:

Data pengirim Dana

Nama Rekening Pengirim:
Nomor Rekening:
4 Digit Terakhir Nomor Kartu ATM
Nama Bank:
Cabang Bank:

Karena form isian ternyata cukup banyak dan menyita waktu, saya pun memutuskan untuk menutup live chat dan memutuskan untuk mengadukan komplain lewat email keeseokan harinya.

Mengirim Email ke Shopee untuk Menyelesaikan Pembayaran Shopee yang Terbayar Dua Kali


Sekitar jam 10 pagi (tanggal 21 Oktober 2018), saya kemudian berkirim email ke alamat email cs shopee di support@shopee.co.id dengan judul "Saya Bayar 1 Pesanan tapi Kebayar Dua Kali, Mohon Bantuan Pengembalian Dana".

Lalu, isi email saya tulis isian data di atas yang telah saya isi dari nama penerima dan seterusnya.

Setelah berkirim email, saya dapat balasan email dari CS Shopee untuk melengkapi data pengaduan kelebihan transfer, isi emailnya sebagai berikut:


Terima kasih atas data yang sudah kamu berikan.

Saya Ratna, kami memahami kendala kamu mengenai pembayaran yang terbentuk dua kali. Untuk dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut, mohon melampirkan data berikut:
- bukti tangkapan layar rincian pesanan kamu.
- bukti pembayaran yang menunjukkan dua kali.

Saa tunggu data-data kamu ya.

Saya kemudian screenshoot bukti pesanan lewat aplikasi shopee, lalu saya kirimkan juga screenshot bukti pembayaran lewat mandiri online, untuk dilampirkan ke email balasan ini.

Setelah saya kirim email dilengkapi data screenshot yang diminta, saya kembali menerima balasan dari cs shopee:


Hi Kak jumantodiary,

Untuk menyelesaikan permasalahan kamu mengenai pembayaran yang terbentuk dua kali, saya membutuhkan bantuan dari tim terkait kami selama 1-3 hari kerja.

Secepatnya kami akan hubungi kamu kembali ya.

Salam Hangat,
Ratna

Saya pun cuma bisa menunggu.

Keesokan harinya, saya kembali dapat email dari shopee dan memberitahukan bahwa waktu penyelesaian pengaduan saya adalah 5 hari kerja:


Hi Kak jumantodiary,

Saya Yian, yang membantu terkait pengembalian dana atas pembayaran yang dilakukan lebih dari 1 kali pada pesanan 2018102020221955996. Mohon maaf atas ketidaknyamanan kamu.
Untuk menyelesaikan kendala kamu mengenai pembelian paket data, kami akan melakukan pengecekan kembali. Mohon ditunggu dalam 5 hari kerja ya.

Apabila setelah 5 hari kerja belum ada konfirmasi, kamu dapat menghubungi Shopee kembali untuk dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Kami menghargai kesediaan kamu untuk menunggu.

Salam Hangat,
Yian

Saya kemudian kembali menunggu selama 5 hari kerja

Selama menunggu itu, saya beberapa kali dapat email dari shopee untuk tetap menunggu, dan saya memang masih tetap menunggu sesuai janji.

Akhirnya, pada tanggal 30 Oktober 2018, uang saya pun sudah kembali, sudah masuk ke dompet shopee atau sekarang bernama shopeepay.

Pengalaman Kelebihan Transfer Bayar Shopee Dua Kali, Cara Mengatasinya Ternyata Cukup Mudah

Saya berkirim email pengaduan pada tanggal 21 Oktober 2018, lalu baru tanggal 30 Oktober 2018 uang saya dikembalikan ke shopeepay, yang kemudian sebagian saya gunakan kembali untuk belanja di shpopee bayar pakai shopeepay.

Kesimpulan Cara Mengatasi Kelebihan Transfer Shopee


Tak perlu takut uang hilang saat belanja di shopee dan kebayar dua kali. Cukup sampaikan email pengaduan ke customer service shopee, lalu lengkapi pengaduan sesuai data yang diminta, maka pengaduan kita pun bakalan diproses, sekecil apapun nilai uangnya.

Kasus yang saya alami, uang yang saya transfer dua kali cuma sebesar 40ribuan, tapi masih tetap diproses juga kok oleh shopee.

Prosesnya memang butuh waktu yang lama.

Saya beli pulsa di shopee tanggal 20 Oktober 2018, mengirim pengaduan tanggal 21 Oktober 2018, dan uang dikembalikan pada tanggal 30 Oktober 2018.

Sabar aja dan jangan sungkan untuk bertanya.

Demikian sharing pengalaman saat saya kelebihan transfer shopee, kebayar dua kali, beserta cara mengatasinya. Baca juga: 5 Cara Komplain ke Shopee yang Harus Kalian Tahu.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post