Thursday, November 1, 2018

author photo
jumanto.com - Apa yang kalian pikirkan saat ingin memulai bisnis? Sebagian besar orang pasti akan fokus pada modal. Sering kali kita mendengar bahwa butuh modal besar untuk memulai bisnis. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Modal terbatas bukanlah hambatan dalam membuat bisnis. Ada banyak ide bisnis yang bisa dimulai meski dengan modal yang tidak besar.

Kemajuan teknologi dan internet telah berpengaruh besar bagi kehidupan manusia dan membuka banyak peluang yang sebelumnya tidak tersedia, termasuk peluang bisnis.

Salah satu keuntungan dari berbisnis online adalah modal yang perlu dikeluarkan untuk membuat bisnis relatif lebih kecil dibandingkan jika berbisnis offline.

Cukup bermodalkan komputer/laptop dan jaringan internet yang stabil, Kalian bisa memulai bisnis dimanapun.

Ide Bisnis Online Dengan Modal Kecil Terbaik Yang Menguntungkan
5 Ide Bisnis Online Dengan Modal Keci

Berikut 5 Ide Bisnis Online yang Bisa Dilakukan Jika Modal Kalian Terbatas


1. Freelance Writing, bisnis online dengan modal kecil yang menguntungkan


Dengan semakin meningkatnya permintaan terhadap konten yang berkualitas maka permintaan untuk freelance writer juga mengalami kenaikan signifikan.

Cukup berbekal kemampuan menulis, komputer, dan internet maka Kalian bisa memulai karir dan bisnis sebagai freelance writer.

Sebelum terjun menjadi freelance writer, pastikan sudah memiliki portofolio untuk menampilkan karya kalian di hadapan calon klien.

Dengan portofolio tersebut, klien bisa mengetahui skills menulis, gaya bahasa, dan topik-topik yang kalian kuasai.

Jika sudah memiliki portofolio maka kalian bisa bergabung dengan website freelance seperti Upwork, Freelancer, Simply Hired untuk menawarkan jasa sebagai writer.

2. Web Design, bisnis online yang makin terpercaya


Peluang bisnis online lain yang bisa dipraktekan adalah membuka jasa web design.

Bisnis ini cocok bagi kalian yang memiliki kemampuan untuk mendesain website atau coding.

Seperti bisnis freelance writer, jika tertarik untuk memulai bisnis sebagai web designer, maka website portofolio menjadi suatu kewajiban.

Portofolio memudahkan calon-calon klien untuk melihat proyek apa saja yang pernah kalian tangani.

Selain itu website portofolio juga akan memudahkan klien menemukan kalian secara online.

3. Graphic Design, bisnis online terbaik untuk kaum milenial


Bisa dibilang sekarang ini kita berada di jaman serba visual. Manusia dengan cepat membuat koneksi dengan dunia sekitar berdasarkan pengalaman visual mereka.

Jika dihadapkan pada visual yang indah, maka kita cenderung merasa tertarik dan bahagia. Tak salah jika kebutuhan untuk membuat konten visual semakin meningkat.

Jika memiliki bakat di dunia design dan branding maka tidak ada salahnya kalian mencoba peruntungan dengan menawarkan jasa sebagai graphic designer.

4. Blogging, bisnis online tanpa modal besar yang makin menjanjikan


Tentu kalian sudah tidak asing dengan istilah blogging?

Pada awalnya blogging lebih banyak digunakan sebagai platform untuk berbagi cerita atau pengalaman, namun seiring dengan perkembangan, blogging bisa menjadi sumber penghasilan yang lumayan jika dilakukan dengan tepat dan serius.

Untuk menjadi blogger tentu kalian harus memiliki sebuah blog.

Beberapa platform populer yang biasa digunakan untuk blog antara lain blogger, wordpress, tumblr.

Untuk bisa mengoptimalkan potensi blog maka sebaiknya menggunakan wordpress self-hosted atau wordpress.org.

Ada begitu banyak topik yang bisa dijadikan bahan nge-blog.

Punya ketertarikan di dunia teknologi? Maka blog teknologi dan tutorial bisa menjadi pilihan.

Jika kalian memiliki minat di dunia kecantikan maka kalian bisa ngeblog mengenai review produk kecantikan atau makeup tutorial.

Selain menentukan topik atau tema blog maka hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memulai blog adalah domain dan hosting, terutama apabila serius ingin menghasilkan uang melalui blog.

Menggunakan platform blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com artinya kalian tidak memiliki kontrol sepenuhnya terhadap blog, karena terikat pada peraturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh penyedia.

Sebaliknya dengan web hosting, semua kontrol blog, termasuk konten berada di kendali pemilik.

Selain itu dengan menggunakan web hosting, kalian memiliki lebih banyak opsi untuk melakukan kustomisasi blog, mulai dari tema blog hingga plugin.

Kalian bisa mendesain tampilan blog sesuai keinginan dan menciptakan impresi yang positif dari pengunjung website.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog


Google Adsense


Google adsense termasuk jenis pay per click ads yang muncul di blog. Apabila pengunjung blog meng-klik iklan tersebut maka kalian akan mendapatkan komisi.

Jenis iklan yang ditampilkan biasanya akan terkait dengan niche blog. Google akan memberikan kode yang kemudian Kalian pasang dan muncul di blog. Cara ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan.

Paid Content


Blog yang memiliki following dan traffic tinggi berpotensi untuk diajak bekerja sama dengan brand-brand baik dalam bentuk ulasan maupun atau product placement.

Tentu untuk bisa ditahap ini dibutuhkan keseriusan dalam mengembangkan blog dan menerapkan ilmu-ilmu SEO.

Blog Ad-Networks


Tidak jauh berbeda, kalian bisa menghasilkan uang dengan bergabung ke advertising network seperti Blogads, Infolinks, Blogher, dll. Cukup menambahkan kode ke blog maka iklan akan muncul di blog Kalian.

Affiliate Marketing


Kalian juga bisa mendapatkan uang dengan bergabung sebagai marketing afiliasi suatu brand, dengan cara menambahkan link produk di blog.

Setiap kali orang membeli produk dengan menggunakan link tersebut, kalian akan mendapatkan komisi.

Banyak sekali program afiliasi yang bisa kalian temukan di internet, tinggal pilih produk yang sekiranya sesuai dengan blog Kalian. Buat konten semenarik mungkin agar pengunjung website tertarik untuk membeli produk tersebut.

Drop Shipping


Ide bisnis online lain yang bisa kalian lakukan tanpa mengeluarkan modal besar adalah bisnis drop shipping.

Kalian tidak perlu inventory produk dalam jumlah besar sehingga meminimalkan biaya dan risiko bisnis.

Bagaimana cara memulai bisnis drop shipping?

Pertama kalian bisa menampilkan produk atau barang yang ingin Kalian jual di website maupun di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.

Saat ada orang yang tertarik membeli barang tersebut maka kalian melakukan pembelian dari pihak ketiga, dalam hal ini dropshipper, seperti pabrik atau whole seller dengan harga yang lebih rendah.

Selanjutnya drop shipper akan mengirimkan produk langsung ke konsumen kalian.

Sangat mudah, bukan?

Dengan metode bisnis ini, kalian hanya akan membeli produk dari dropshipper saat ada pesanan, sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar.

Selain itu biaya operasional yang dikeluarkan pun tergolong kecil.

Ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan skema dropshipping ini, tinggal tentukan barang apa yang sekiranya sedang diminati oleh pasar.

Demikian 5 ide bisnis online yang bisa kalian jalankan dengan modal terbatas. Jangan jadikan keterbatasan modal sebagai penghambat kesuksesan kalian. Kalau kalian jeli dan kreatif banyak sekali peluang untuk mendapatkan uang secara online. Selamat mencoba, semoga sukses! Baca juga: 15 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Lengkap.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post