Saturday, November 24, 2018

author photo
jumanto.com - Sebagai anak, jika orang tua kita meninggal nantinya, sudah menjadi kewajiban kita kirim doa untuk orang meninggal terutama ibu bapak kita. Bahkan semasa mereka masih hidup pun jangan pernah putus mendoakan kedua orang tua. Salah satu kewajiban saat ada orang Islam meninggal dunia adalah menshalatkan jenazah, yang di dalamnya ada doa untuk si mayit. Lalu, bagaimana bacaan doa untuk mayit perempuan dewasa sesuai sunnah, apakah sama dengan laki-laki?

Tata cara shalat jenazah sebenarnya cukup mudah, gak butuh waktu lama untuk melaksanakannya.

Shalat jenazah dilakukan dengan empat takbir, yang semuanya dilakukan dengan cara berdiri tanpa ruku' dan sujud.

Takbir pertama harus dibarengkan dengan membaca niat di dalam hati.

Baca: Niat Shalat Jenazah untuk Laki-laki dan Perempuan.

Setelah takbir pertama, kita kemudian membaca surat al fatihah tanpa membaca doa iftitah dan juga surat selain al fatihah.

Setelah itu, takbir yang kedua, dan kemudian membaca shalawat nabi setelah takbir yang kedua.

Dilanjutkan dengan takbir yang ketiga dan membaca doa untuk mayit setelah takbir yang ketiga ini.

Selanjutnya, takbir lagi yang keempat, boleh langsung salam setelah takbir keempat, tetapi disunnahkan untuk membaca doa setelah takbir keempat. Setelah membaca doa, barulah mengucapkan salam, dan selesailah tata cara shalat jenazah.

Gak sampai 2 menit, shalat jenazah sudah selesai, sedangkan pahalanya adalah sebesar satu gunung yang besar.

Oleh karena itu, sudah semestinya kita ikut shalat jenazah seandainya ada tetangga kita yang meninggal dunia.

Adapun alasan sebagian orang enggan untuk melaksanakan shalat jenazah adalah karena gak tahu ilmu tata cara shalat jenazah, rukun jenazah, dan juga bacaan doa untuk mayit setelah takbir ketiga, atau doa setelah takbir keempat.

Oleh karena itu pada kesempatan ini mari kita bersama-sama belajar doa untuk mayit perempuan sesuai sunnah dan yang diajarkan oleh para ulama kita, beserta artinya dan latinnya untuk mempermudah sebagian orang yang belum bisa membaca teks arab.

Dalil Doa untuk Mayit sesuai Sunnah


Termasuk salah satu dari rukun shalat jenazah adalah mendoakan mayit setelah takbir yang ketiga di dalam shalat jenazah.

Jika tidak mendoakan mayit, maka shalat jenazah dianggap tidak sah.

Baca selengkpanya: 7 Rukun Shalat Jenazah yang Harus Kita Tahu.

Dalil tentang diwajibkannya membaca doa untuk mayit setelah takbir yang ketiga adalah hadis nabi yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasannya ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلىَ الْمَيِّتِ فَأَخْلِيصُوْا لَهُ الدُّعَاءَ

"Tatkala kalian menyalati mayit, maka murnikanlah doa untuknya"

Di sini kita diperintahkan untuk membaca doa untuk mayit, dan doanya sendiri sudah disebutkan di dalam hadis nabi yang akan kita tulis di bawah.

Doa Untuk Mayit Perempuan dan Artinya Serta Tulisan Latin Untuk yang Baru Belajar


Dalam mendoakan mayit sendiri, ulama kita selama ini mengajarkan bahwa doa untuk mayit perempuan dan laki-laki menggunakan dhomir atau kata ganti yang berbeda.

Sebenarnya di sini ada perbedaan pendapat, apakah tetap membaca doa sesuai dengan teks yang tertulis di dalam hadits (karena dhamirnya dianggap kembali kepada mayit bukan kepada jenis kelaminnya), atau mengubah dhamir yang ada sesuai dengan jenis kelamin.

Dalam menjelaskan masalah doa untuk mayit setelah takbir ketiga ini, Buya Yahya juga menyebutkan tidak mengapa jika saat mendoakan terbolak-balik dhamir yang dipakainya antara laki-laki dan perempuan.

Namun, beliau juga menambahkan, jika sudah tahu, akan lebih baik untuk membedakan dhamir doa untuk mayit perempuan dan laki-laki.

Adapun doa untuk mayit yang disebutkan di dalam salah satu hadis adalah sebagaimana diriwayatkan oleh Abu 'Abdurrahman 'Aufa bin Malik, ia berkata:


صَلَّى رسول الله علَى جَنازَةٍ، فَحَفِظْتُ مِنْ دُعَائهِ، وَهُوَ يقُوُلُ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ ،َوعَافهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغَسْلِهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ،وَنَقِّهِ مِنَ الْخطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَاراً خَيْراً مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاًخَيراً مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجاًخَيْراً مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَّ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ القَبْر،َومِنْ عَذَابِ النَّارِ)) حَتَّى تَمَنَّيْتُ أَنْ اَكُوْنَ أَنَاذَلكِ المْيِّتِ. رواه مسلم


Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam shalat atas seorang janazah, lalu aku menghafalkan sesuatu dari doanya. Dan beliau shallallahu 'alaihi wasallam mengucapkan (Allohummaghfirlalu dan seterusnya sampai selesai, yang arti doa untuk mayit tersebut adalah sebagai berikut) "Ya Allah, ampunilah ia dan belas kasihanilah, selamatkanlah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kediamannya - dalam kubur- dan luaskanlah tempat masuknya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun, bersihkanlah ia dari kesalahan-kesalahannya sebagaimana Engkau membersihkan pakaian putih dari kotoran, berilah ia ganti berupa rumah yang lebih baik dari rumahnya - di dunia - juga ganti keluarga yang lebih baik dari keluarganya - di dunia - dan pasangan yang lebih baik dari pasangannya - di dunia -. Masukkanlah ia dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka."
Sehingga aku ('Aufa) mengharapkan hendaknya akulah yang menjadi mayit ketika itu." (Riwayat Muslim).

Di atas adalah lafadz doa untuk mayit yang disebutkan di dalam sunnah atau hadis Nabi, yang dibaca Nabi saat menshalatkan seorang jenazah.

Dhamir di atas, yang digunakan adalah dhamir mufrod mudzakkar (laki-laki tunggal), yaitu menggunakan dhamir hu.

Jika ingin membaca doa untuk mayit perempuan dewasa, maka bisa mengganti lafadz di atas dengan dhamir muannats sebagai berikut:


Doa Untuk Mayit Perempuan Dewasa Sesuai Sunnah dan Artinya
Gambar Doa Untuk Mayit Perempuan

Doa jenazah perempuan latin:


Allohummaghfir lahaa warkhamhaa wa'afihaa wa'fu 'anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi' madkholahaa waghsilhaa bilmaai watstsalji walbarodi wanaqqiha minal khothooyaa kamaa naqqoitatstsaubal abyadho minaddanasi. wabdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wazaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannah. Wa a'idzhaa min 'adzabil qobri wamin 'adzabinnaar.

Arti doa untuk mayit perempuan:

Ya Allah, ampunilah ia dan belas kasihanilah, selamatkanlah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kediamannya, luaskanlah tempat masuknya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan embun, bersihkanlah ia dari kesalahan-kesalahannya sebagaimana Engkau membersihkan pakaian putih dari kotoran, berilah ia ganti berupa rumah yang lebih baik dari rumahnya - di dunia - juga ganti keluarga yang lebih baik dari keluarganya - di dunia - dan pasangan yang lebih baik dari pasangannya - di dunia -. Masukkanlah ia dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka."

Doa untuk jenazah perempuan dewasa pendek setelah takbir ketiga


Bacaan doa mayit perempuan dan artinya di atas adalah bacaan doa yang panjang. Doa jenazah untuk mayat perempuan tersebut ternyata bisa dibaca versi singkatnya berdasarkan apa yang diajarkan ulama kita.

Adapun versi doa sholat jenazah setelah takbir ketiga pendeknya untuk perempuan adalah sebagai berikut:

اللّٰهُمَّ اغْفِرْلهَاَ وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا


Doa Sholat Jenazah Takbir Ke 4 untuk Perempuan


Doa setelah takbir keempat dalam shalat jenazah tidak wajib seperti telah disebutkan dalam rukun shalat jenazah yang telah kita bahas.

Jika ingin membaca doa shalat jenazah setelah takbir ke 4 untuk perempuan, ini bacaan doa versi pendeknya:

اللّٰهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا اَجْرَهَا وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهَا


Doa shalat jenazah setelah takbir keempat untuk perempuan versi latinnya:


Allahumma laa takhrimnaa ajrohaa walaa taftinnaa ba'dahaa waghfir lanaa walahaa

yang artinya kurang lebih:

Ya Allah jangan Engkau haramkan kami dari pahalanya, dan jangan engkau fitnah kami setelahnya dan ampunilah kami serta dia.

Demikian tata cara sholat jenazah singkat terutama terkait dengan apa yang dibaca di dalam shalat jenazah.

Mudah-mudahan tulisan Doa Untuk Mayit Perempuan Dewasa Sesuai Sunnah dan Artinya beserta latinnya ini bermanfaat. Baca juga: Hukum Shalat Jenazah bagi Laki laki dan Perempuan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post