Sunday, November 18, 2018

author photo
jumanto.com - Saat seseorang reservasi hotel baik secara langsung ataupun secara online, baik sendiri maupun dengan pasangan, langkah selanjutnya adalah ia harus check in saat sampai di hotel, lalu tinggal di hotel sesuai dengan jangka waktu yang dipesan, mau menginap berapa malam, dan setelah itu, setelah waktu menginap habis, ia harus check out mengikuti waktu chek out hotel yang telah ditentukan. Lalu, bagaimana cara check out hotel berikut prosedur yang benar? Apa saja barang-barang yang bisa dibawa pulang?

Menginap di hotel kini bukan pilihan orang kaya saja. Sudah banyak hotel di berbagai kota yang bisa kita sewa saat kita mau jalan-jalan ke suatu tempat.

Penginapan dengan harga di bawah 100 ribu juga kini makin banyak, dan kalau mau standar dengan tarif 100-200 ribu rupiah saja kita sudah bisa menemukan hotel yang cukup nyaman.

Rekomendasi saya, jika kalian ingin memesan hotel dengan harga murah, bookinglah hotel secara online baik itu lewat Traveloka, Airy Rooms, RedDoorz, Nida Rooms, Tiket.Com, atau situs reservasi lainnya.

Banyak promo dan diskon hotel di Traveloka, Air Rooms, RedDoorz, dan Tiket.Com yang dapat kita manfaatkan sehingga kita bisa memesan hotel lebih murah dibandingkan dengan booking lalu check in hotel secara langsung.

Check Out hotel sendiri artinya kita akan keluar dari kamar yang kita pesan, dan kamar pun biasanya akan dicek dulu oleh petugas hotel, dan setelah itu jika tidak ada masalah kita akan mendapatkan bill dan kemudian diperbolehkan untuk meninggalkan hotel.

Jika ini adalah perngalaman pertama kalian akan menginap di hotel, maka kalian harus tahu beberapa prosedur cara check out hotel, yang secara umum akan saya tuliskan di sini.

Ketentuan cara check out hotel mungkin berbeda antara hotel satu dengan hotel lain, tapi secara umum ada yang diterapkan oleh semua hotel.

Baca Juga: Cara Check In Hotel Traveloka Berdasarkan Pengalaman Pribadi.

Berikut ini cara check out hotel yang harus kalian tahu.

Cara Check Out Hotel Plus Prosedur Lengkap
Prosedur Chek Out Hotel yang benar

Cara Check Out Hotel yang Pertama: Perhatikan Jam Check Out yang Berlaku di Hotel Tersebut


Cara check out hotel yang benar adalah kalian mesti keluar dari kamar kalian sesuai dengan jam cek out yang berlaku di hotel tersebut.

Secara umum, mayoritas hotel memberlakukan jam check out pada pukul 12 siang.

Jadi kalian mesti keluar dari kamar pada pukul 12 siang itu atau sebelum jam 12, dan biasanya sebelum jam 12 siang kalian akan diingatkan oleh petugas hotel bahwa jam cek out adalah jam 12 siang.

Jika kalian cek out di atas jam 12 siang, biasanya hotel akan mengenakan biaya tambahan.

Tapi tidak semua hotel memberlakukan seperti itu.

Ada beberapa hotel dari pengalaman saya yang baik hati yang mau memberikan toleransi sedikit waktu, dan tidak dikenakan biaya tambahan.

Check out hotel lebih awal dari jam cek out diperkenankan, tidak ada masalah, tapi uang yang sudah kalian bayar tetap tidak akan dikembalikan


Misalkan kalian cek out dari kamar hotel jam 5 pagi, maka tidak ada masalah.

Berbeda dengan telat cek out, justru kalian malah akan dikenakan charge tambahan karena melebihi batas waktu.

Waktu check out dan check in ini diatur oleh hotel karena hotel perlu waktu juga untuk membersihkan kamar.

Jangan sampai, kamar yang mau ditempati orang lain belum siap digunakan karena kamar tersebut masih digunakan oleh tamu lain yang seharusnya sudah keluar atau belum sempat dibersihkan karena tamu lain telat keluar kamar.

Saat Cek Out dari Hotel, Kalian Hanya Diperkenankan Membawa Barang-barang Tertentu Saja


Beberapa barang yang boleh dibawa pulang di antaranya ada sandal, sabun, sisir (jika ada), sikat gigi dan pasta gigi yang bentuknya berupa sacetan atau batangan (bukan sabun dan sampo cair dalam wadah yang menempel di dinding kamar mandi).

Sementara handuk dan gantungan baju tidak boleh kalian bawa pulang atau nanti akan dikenakan charge tambahan oleh hotel.

So, jangan sampai salah bawa pulang barang yang seharusnya tidak boleh dibawa pulang. Kalau ketahuan kan bisa malu hehehe.

Sebelum Keluar dari Kamar Hotel, Pastikan Semua Barang Kalian Sudah Kalian Bawa, Tidak Ada yang Tertinggal


Jika mau check out hotel pagi hari maka alangkah baiknya untuk membereskan barang-barang mulai dari malam hari sehingga tidak ada barang pribadi yang tertinggal di hotel.

Jika ada yang tertinggal, kadangkala pihak hotel masih mau juga untuk mengirimkan ke alamat yang ktia kasih berdasarkan pengalaman saya menginap di Hotel P, dengan ongkos kirim kita yang tanggung tentunya.

Baca: Pengalaman Menginap di Hotel P.

Namun, akan lebih baik agar tidak ada satu pun barang yang tertinggal jika tidak ingin repot di belakang.

Setelah semua barang tidak ada yang tertinggal, silakan keluar dari kamar hotel menuju ruang resepsionis untuk cek out hotel.

Keluar Kamar Menuju Resepsionis, Lalu Bilang Mau Chek Out Hotel


Langkah check out hotel selanjutnya adalah kalian mesti ke meja resepsionis, lalu serahkan kunci kamar kalian, dan bilang sama respsionis, mau check out.

Resepsionis biasanya akan menerapkan ilmu percakapan check out hotel lalu menelepon petugas kebersihan atau petugas hotel lain untuk mengecek kamar yang kalian tempati sebelumnya.

Setelah dicek, dan tidak ada barang yang hilang atau pecah di kamar hotel, maka resepsionis akan menyerahkan billing kepada kalian.

Jika pembayaran kamar hotel belum lunas, segera lunasi.

Jika sudah lunas, kalian akan menerima bill dari hotel saja tanpa perlu membayar lagi.

Jika kunci kamar hotel hilang, hotel juga biasanya akan memberlakukan denda atau fee, besarnya bisa 50 ribu per kunci, atau sesuai peraturan hotel.

Prosedur Check Out Hotel Terakhir: Pulang ke Rumah Dengan Nyaman


Setelah semua beres, tidak ada barang hotel yang dibawa, tidak ada gelas pecah, tidak ada fee tambahan yang dibebankan, dan kalian sudah menerima bill, kini kalian bisa pulang dengan nyaman.

Silakan pesan taksi online jika pengin mudah, atau bisa juga pesan travel yang disediakan oleh pihak hotel jika tidak mau repot, untuk menuju bandara, terminal, atau stasiun.

Nah, kira-kira itulah prosedur cara check out hotel yang benar sehingga tidak membuat kalian terbebani fee tambahan. Baca juga: Jam Check In Hotel Traveloka yang Harus Kalian Tahu.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post