Friday, November 2, 2018

author photo
jumanto.com - Beberapa dari kita mungkin selalu mengamalkan dzikir bacaan istighfar, minimal 100 kali dalam sehari. Namun, bisa jadi, kita hanya sekedar mengucapkan di lisan, tapi tidak tahu apa itu Arti Astaghfirullahaladzim, apa itu arti astaghfirullah wa atubu ilaih, bedanya astagfirullah dan astagfirullahaladzim, arti astaghfirullah robbal baroya, arti astaghfirullah hal adzim alladzi laa ilaha illallah, dan bacaan istighfar lainnya.

Dengan mengetahui makna astaghfirullahal'adzim, maka harapannya adalah kita bisa lebih meresapi apa yang kita baca sehingga dzikir bisa menancap di hati, bisa mengubah perilaku kita, bahwa kita benar-benar bertaubat dan meminta ampun serta tidak akan mengulangi dosa-dosa yang kita lakukan.

Berdzikir sendiri meskipun kita tidak tahu artinya, kita tetap mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu Wata'ala.

Namun, pahala dzikir tentu akan lebih berbobot saat kita mengetahui maknanya dan harapannya dzikir kita bukan sekedar formalitas, tapi substansi dari isi dzikir istighfar itu sendiri bisa kita raih, sehingga kita tidak terjebak pada formalitas ibadah.

Bacaan istighfar adalah bentuk pengakuan, bahwa kita ini banyak dosa, dan kita senantiasa memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wata'ala, bertaubat kepada Allah Subhanahu Wata'ala.
Ingatlah, bahwa Allah itu tidak menuntut hamba-Nya untuk lepas dari Dosa. Tidak ada satu manusia macam kita yang tidak berdosa dan kita ini memang tempatnya berbuat salah. Tapi Allah mencintai hamba-Nya yang senantiasa bertaubat dan menyucikan dirinya.
Ingin dicintai Allah kan? Jika Allah sudah mencintai kita, maka Allah akan memberikan apa pun yang kita minta, layaknya seorang kekasih yang senantiasa memenuhi permintaan kekasihnya.

Lalu, siapakah sebaik-baik kekasih kalau bukan Allah Subhanahu Wata'ala? Siapakah sebaik-baik pemberi kalau bukan Allah Subhanahu Wata'ala?

Jika kita ingin dicintai oleh Allah Subhanahu Wata'ala, maka kita mesti banyak-banyak bertaubat.

اِنَّ اللهَ يُحِبُّ التّوَّابِيْنَ

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat".

اِنَّهٗ كَانَ تَوَّابًا

"Sesungguhnya Dia (Allah) Maha Penerima taubat"

Arti Astaghfirullahaladzim bacaan istighfar arab
Gambar Tulisan Arab Astaghfirullahal'adzim

Bedanya Astagfirullah dan Astagfirullahaladzim


Secara tekstual, kelihatan perbedaan di antara kedua lafadz istighfar di atas. Satunya memakai al'adzim dan satunya lagi tidak memakai.

Adapun tulisan arab Astaghfirullah dan Astaghfirullahaladzim adalah sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُ اللهَ

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Perbedaan utamanya adalah pada lafadz الْعَظِيْمَ.

Kalimah الْعَظِيْمَ merupakan na'at atau shifat dari kalimah اللهَ yang artinya kurang lebih yang Maha Agung.

Jadi jelas kan perbedaannya, satu hanya menyebut Allah, sedangkan satunya lagi menyebutkan Allah dengan sifatnya yang Maha Agung.

Arti Astagfirullahaladzim, Bacaan Istighfar yang Lazim Kita Baca


Mari kita bahas makna dari Astaghfirullahal'adzim.

Bacaan astaghfirullah hal adzim terdiri atas tiga kalimah yaitu:

اَسْتَغْفِرُ 
اللهَ
الْعَظِيْمَ

Susunan jumlah di atas dapat dikategorikan sebagai jumlah fi'liyah yaitu susunan kalimat yang dimulai dengan fi'il di depannya.

Jika kita analisis lebih lanjut, bacaan astaghfirullahal'adzim di atas, terdiri dari satu kalimah fi'il dan dua kalimah isim.

Kalimah fi'ilnya adalah kalimah اَسْتَغْفِرُ , sedangkan kalimah isimnya adalah kalimah اللهَ dan  الْعَظِيْمَ.

Kalimah اَسْتَغْفِرُ  merupakan fi'il mudhori' karena di situ (di awal kalimah) terdapat salah satu dari huruf Mudhoro’ah (yaitu hamzah) yang empat yaitu أ – ن – ي – ت , biasa disingkat menjadi أنيت.

Huruf Mudhara’ah Hamzah di atas dipakai untuk mutakallim/pembicara/orang pertama tunggal/aku. Sehingga arti dari kalimah Astaghfiru kurang lebih aku mohon ampun.

Fi'il mudhori' sendiri memiliki arti sedang/akan.

Selanjutnya seperti pernah saya tuliskan sebelumnya, bahwa kalimah اَسْتَغْفِرُ  merupakan fi'il mudhori' yang berasal dari fi'il madhi  اِسْتَغْفَرَ.

Fi'il madhi اِسْتَغْفَرَ sendiri merupakan fi'il mazid dengan kalimah asal  غَفَرَ dan mendapatkan 3 huruf tambahan (ziyadah) yaitu ا س ت .

Wazannya mengikuti wazan  اِسْتَغْفَرَ- يَسْتَغْفِرُ.

Makna dari اِسْتَغْفَرَ bisa diartikan sebagai tholabul maghfiroh, mencari atau meminta ampunan.

Berbeda dengan ghofaro yang artinya mengampuni.

Dengan demikian lafadz astaghfiru bisa diartikan sebagai aku mohon ampun.

Arti astaghfirullahal'adzim selengkapnya kurang lebih: "Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung".

Kita merasa kecil di hadapan Allah, dan kita memang banyak dosa, maka sudah selayaknya kita senantiasa beristighfar setiap pagi dan petang, siang dan malam.

Jika Rasul saja yang sudah dijamin surga selalu beristighfar, apalagi kita yang sama sekali tidak mendapat jaminan surga?

Arti Astaghfirullah Robbal Baroya


Tulisan Arab astaghfirullah robbal baroya kurang lebih sebagai berikut:

اَسْتَغْفِرُاللهَ رَبَّ الْبَرَايَا

Arti dari kalimat yang biasa dijadikan doa setelah adzan dan sebelum sholat itu kurang lebih:

"Aku mohon ampun kepada Allah, Tuhan sekalian Makhluk".

Jika kurang tepat monggo dikomentari.

Arti Astaghfirullah hal Adzim Alladzi Laa Ilaha Illallah


Bacaan istighfar lainnya yang sering dibaca di antaranya ada astaghfirullah al adzim alladzi laa ilaha illallah atau astaghfirullah al adzim alladzi laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum waatubu ilaihi.

Arti dari astaghfirullah al adzim alladzi laa ilaha illallah kurang lebih "aku mohon ampun pada Allah yang Maha Agung yang Tidak ada Tuhan selain Allah".

Sedangkan arti dari astaghfirullah al adzim alladzi laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum waatubu ilaihi kurang lebih "aku mohon ampun pada Allah yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya".

Sedangkan arti astaghfirullah wa atubu ilaih kurang lebih aku mohon ampun pada Allah dan aku bertaubat kepada-Nya.


Jadi tidak hanya memohon ampun, tapi ada tekad juga untuk benar-benar bertaubat kepada Allah Subhanahu Wata'ala dari segala dosa yang telah dilakukan.

Itulah beberapa arti dari Astaghfirullahaladzim, mudah-mudahan kita bisa mengamalkan dzikir ini setiap hari, dan bisa memulai sesuatu dengan bismillah, mengakhiri dengan alhamdulillah, lalu selalu mengamalkan dzikir subhanallah, walhamdulillah, walaa ilah illa Allah, wallohu akbar, serta dzikir lain.

Penting juga untuk selalu membaca bacaan istighfar setelah sholat.

Mudah-mudahan artikel Arti Astaghfirullahaladzim, Bacaan Istighfar Dalam Bahasa Arab ini, bermanfaat, dan silakan dikoreksi jika ada kekeliruan. Baca juga: Tulisan Innalillahi yang Benar dan Artinya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post