Tuesday, October 30, 2018

author photo
jumanto.com - Tulisan arab allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa alihi washahbihi wasallim. Allah berfirman dalam Al Quran, "Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bersholawat atas Nabi. Wahai Orang-orang yang beriman, bersholawatlah atasnya (Nabi) dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya dengan sungguh-sungguh"

Sholawat memiliki banyak sekali faidah yang telah disebutkan dalilnya di dalam banyak hadis nabi. Ulama-ulama kita pun sering sekali membahas keutamaan membaca sholawat, terutama di hari Jumat.

Saat kita mengikuti majelis-majelis bareng para habaib, bakalan kita dengar panjang lebar manfaat membaca sholawat atas Nabi Muhammad Shollalohu 'alaihi Wasallam dan pahalanya.

Bahkan, termasuk orang yang paling bakhil adalah orang yang apabila disebutkan nama Nabi Muhammad Shollalohu 'alaihi Wasallam tapi tidak mau bersholawat kepada beliau.

Sholawat sendiri memiliki banyak makna, ditinjau dari mana sholawat itu berasal.

Shalawat dari Allah berarti rahmat. Jadi Allah bersholawat kepada Nabi berarti Allah memberikan rahmat kepada Nabi.

Bila shalawat berasal dari Malaikat atau manusia maka artinya adalah doa. Dengan demikian, Malaikat mendoakan Nabi.

Saat kita bersholawat kepada Nabi, maka kita pun mendoakan agar Rahmat senantiasa tercurahkan kepada Baginda Nabi Besar Muhammad Shollalohu 'alaihi Wasallam yang ujung-ujungnya doa tersebut tentunya bakalan kembali kepada kita sendiri.

Saya pernah diceritakan oleh guru saya, Alm. K.H. Muhammad Yazid Abdurrahman, bahwa Nabi Muhammad Shollalohu 'alaihi Wasallam itu diibaratkan seperti sebuah gelas yang sudah penuh dengan air.

Saat kita bersholawat kepada Nabi, itu diumpamakan kita sedang menuangkan air kepada gelas yang sudah penuh tersebut.

Apa yang terjadi jika gelas yang penuh kemudian diisi air lagi?

Yap, airnya akan "luber" atau tumpah.

Nah, luberan air atau tumpahan airnya inilah yang akan kita nikmati. Jadi sholawat kepada Nabi ujung-ujungnya juga akan kita nikmati sendiri.

Kita akan menikmati air yang kita isi kepada gelas yang sudah penuh tadi.

Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim


Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Alihi Washohbihi Wasallim Ajma'in
Gambar Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Redaksi Sholawat sendiri bermacam-macam, ada yang bersumber dari Nabi, ada yang merupakan redaksi sholawat hasil ijtihad dari para ulama.

Makanya redaksi sholawat nabi pun banyak kita kenal seperti ada sholawat nariyah, sholawat badar, sholawat tunjiyat, dan masih banyak lagi.

Redaksi sholawat memang sudah banyak menjadi pembahasan perbedaan pendapat di kalangan para ulama, terutama kalangan ulama Ahlussunnah Waljama'ah dan pihak Wahabi.

Ulama-ulama Wahabi seperti gaya khas mereka selalu mengatakan bahwa sholawat hanya yang berasal dari nabi saja, dan yang bukan dari nabi itu bid'ah masuk neraka.

Sementara ulama-ulama kita dari kalangan habaib, kyai, dan ulama ahlussunnah wal jama'ah memegang pendapat bahwa sholawat dari para ulama pun bisa diamalkan.

Termasuk salah satu yang diperdebatkan juga masalah menggunakan kata sayyidina di depan Muhammad pada redaksi shalawat.

Saya sendiri memilih menggunakan kata Sayyidina dalam rangka menjaga adab, seperti yang disampaikan oleh Habib Rizieq Shihab mengenai adab dalam menyebut nama Nabi.

Salah satu redaksi shalawat yang paling masyhur adalah Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim yang tulisan arabicnya sebagai berikut:


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ وَسَلِّم


Arti sholawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Waalihi Washahbihi Wasallim kurang lebih "Ya Allah berikan rahmat beserta keselamatan kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad Dan Keluarga Serta Para Sahabatnya"


Jadi salah satu adab dalam bersholawat adalah, selain memohon rahmat dan keselamatan kepada Nabi, kita juga diperintahkan untuk memohonkan rahmat dan keselamatan atas keluarga dan sahabat nabi.

Jadi, gak cuma Nabi saja yang kita bacakan sholawat. Tapi ada keluarga dan sahabat nabi di situ.

Tulisan Arab Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Alihi Washahbihi Ajma'in


Sholawat nabi yang paling terkenal yang kedua  yang biasa diucapkan oleh kaum muslim di Indonesia adalah Allahumma Sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa'ala Alihi Washohbihi Ajma'in yang jika dituliskan dalam tulisan arabic sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ


Arti dari sholawat nabi di atas kurang lebih " Ya Allah berikanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga beliau serta para sahabat beliau seluruhnya".

Kita mengharapkan agar seluruh keluarga dan sahabat nabi ikut diberikan rahmat oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Tulisan Arab Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa ala Ali Sayyidina Muhammad


Lafadz sholawat yang sering diucapkan selanjutnya, sholawat pendek Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Ali Sayyidina Muhammad.

Tulisan arab Allahumma Sholli 'Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Ali Sayyidina Muhammad adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Yang artinya kurang lebih "Ya Allah berikanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga junjungan kita Nabi Muhammad".

Di sini kita mendoakan Nabi beserta keluarga nabi.

Ada juga yang bersholawat tanpa menggunakan sayyidina sehingga lafadznya Allahummasollialamuhammad yang artinya Ya Allah berikan rahmat kepada Nabi Muhammad.

Salah Satu Dalil Keutamaan Sholawat Nabi


Salah satu dalil mengenai fadhilah sholawat nabi adalah seperti yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, bahwasannya beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahannya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat”

Hadis di atas diriwayatkan oleh: HR An-Nasa’i (No 1297), Imam Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018).

Bayangkan, saat kita bersholawat satu kali, Allah akan memberikan rahmat-Nya sebanyak 10 kali buat kita, lalu 10 dosa kesalahan kita digugurkan, serta derajat kita ditinggikan 10 derajat.

Masih gak mau bersholawat atas Nabi? Rugi.

Selain shalawat nabi, kita juga mesti menambah bacaan dzikir kita seperti bacaan subhanallah walhamdulillah walaa ilaha illallah wallahu akbar, istighfar (astaghfirullahal'adzim), dan dzikir sesudah sholat lainnya.

Demikian uraian singkat mengenai Tulisan Arab Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Fadhilah Pernikahan Yang Menakjubkan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post