Thursday, October 11, 2018

Rencana Liburan Ke Bali: Perkiraan Biaya dan Rute Itinerary Wisata

author photo
jumanto.com - Sudah bukan rahasia lagi, kalau salah satu impian orang Indonesia adalah pengin liburan ke Bali, untuk destinasi wisata di dalam negeri. Merencanakan liburan ke Bali sangat penting buat kita yang mau rekreasi ke sana, untuk menentukan perkiraan biaya selama jalan-jalan beberapa hari, mulai dari tiket, hotel, dan taksi atau sewa mobil selama di Bali.

Sebelum berangkat ke Bali, terlebih dahulu kita mesti menyusun jadwal perjalanan wisata ke Bali, misalkan mau di sana 3 hari 2 malam, atau 4 hari 3 malam.

Berada di Bali selama 3 atau 4 hari memang belum cukup, karena banyak banget tempat wisata menarik di Bali yang sangat ingin saya kunjungi.

Tapi mengingat keterbatasan biaya, maka mau gak mau saya pun mesti menyusun perkiraan biaya liburan ke bali untuk 3 orang (saya, mama, dan Alya).

Untuk kalian yang punya budget banyak saya rasa urusan membuat perkiraan biaya liburan ke Bali beserta itinerary wisata mana saja yang mau dikunjungi tetap perlu, terutama sih soal rute perjalanan wisata di Bali, mana saja yang mau dikunjungi.

Usahakan mencari rute wisata di Bali yang searah, seperti kalau mau berkunjung ke Tanah Lot, maka kunjungi dulu Pantai Kuta, baru siangnya ke Tanah Lot, karena kalau sore daerah Legian, Kuta, Bali, cukup macet untuk dilewati.

Dengan menyusun anggaran liburan ke Bali beserta tempat wisata di Bali mana saja yang mau dikunjungi, liburan makin nyaman, apalagi kini sudah tersedia situs dan aplikasi booking hotel, tiket pesawat, sewa mobil, dan sebagainya.

Salah satu Aplikasi yang saya install di HP saya untuk keperluan wisata atau jalan-jalan adalah Aplikasi Traveloka.

Jadwal Perjalanan Wisata ke Bali


Mengingat Alya sudah sekolah, makin susah juga buat menentukan waktu liburan bersama keluarga ke luar kota.

Kalau jalan-jalan di sekitar Lampung saja sih, hampir setiap minggu kami keliling kota Bandar Lampung mencari tempat kuliner dan wisata baru.

Namun, untuk merencanakan liburan ke Bali, mau gak mau saya mesti mencari waktu libur anak-anak sekolah, yang konsekwensinya memang biayanya jadi lebih mahal.

Waktu liburan anak sekolah biasanya di bulan Juni.

Oleh karena itu, saya merencanakan liburan keluarga ke Bali pada akhir Juni 2019, tepatnya berangkat hari Senin 24 Juni 2019, menginap selama 3 malam di sana, lalu pulang pada tanggal 27 Juni 2019.

Tanggal 24 Juni, malam harinya jalan-jalan di sekitar hotel saja, tanggal 25 dan 26 Juni baru full keliling mencari rute wisata Bali yang searah, sewa mobil, menggunakan aplikasi juga biar lebih mudah.

Tanggal 27 Juni pagi jalan-jalan ke tempat wisata dekat hotel juga, lalu jam 12 siang check out kemudian sorenya pulang ke Bandar Lampung.

pengalaman jalan jalan ke bali

Rencana Liburan Ke Bali: Pesan Tiket Pesawat dan Hotel Menggunakan Traveloka


Salah satu tempat untuk memesan tiket pesawat secara online paling terpercaya di Indonesia adalah Traveloka.

Entah sudah berapa banyak saya memesan tiket pesawat dan hotel di Traveloka, alhamdulillah tidak pernah bermasalah, tidak pernah ada penipuan.

Saya pun pernah mengajukan reschedule tiket pesawat di Traveloka dan semuanya berjalan aman.

Booking tiket pesawat di Traveloka


Traveloka di awal-awal kehadirannya lebih dikenal sebagai situs tempat pembelian tiket pesawat secara online.

Hingga kini pun, Traveloka masih menjadi pilihan masyarakat dalam memesan tiket pesawat secara online.

Untuk merencanakan liburan ke Bali satu tahun mendatang, ternyata tiket pesawat sudah bisa dibooking di Traveloka.

Saya pun mengecek harga tiket di Traveloka dan harganya masih cukup bersahabat untuk perjalanan dari Bandar Lampung ke Denpasar Bali.

Oh ya, untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kita juga bisa memesan tiket pesawat + penginapan dalam satu pesanan.

Selengkapnya silakan baca pengalaman saya: Tips Mendapatkan Tiket Murah di Traveloka.

Saat saya memesan tiket pesawat dan hotel sekaligus dalam satu pesanan, harga yang ditawarkan oleh Traveloka lebih murah.

Saat liburan pun kalian juga bisa menghemat biaya dengan cara memesan tiket pesawat sekaligus booking hotel lewat menu Tiket Pesawat + Hotel (Flight + Hotel) dari Aplikasi Traveloka.

Selain memesan tiket pesawat dan hotel dalam satu invoice, fitur selanjutnya, kita juga bisa langsung membeli tiket pesawat PP atau pulang pergi.

Saat saya mengecek harga tiket pesawat dari Bandar Lampung ke Bali tanggal 24 Juni 2019, saya pun langsung mencari tiket PP, kemudian saya filter keberangkatan di bawah jam 12 siang, dengan harga tiket pesawat sebagai berikut:

Tiket pesawat Bandar Lampung ke Denpasar Bali pilih berangkat pagi pukul 08.40 dengan harga tiket Rp1.129.000 per orang.


rencana liburan ke bali bersama keluarga

Tiket pesawat pulang dari Bali ke Lampung pilih berangkat di atas jam 12 dengan harga tiket Rp1.199.000,- per orang.


harga tiket pesawat lampung bali

Karena bisa memesan tiket untuk satu tahun ke depan di Traveloka, merencanakan liburan ke Bali jadi makin mudah saja.

Memesan Hotel Murah di Bali Pakai Aplikasi Traveloka Juga


Kata siapa hotel di Bali mahal-mahal? Setelah saya mengecek beberapa situs reservasi hotel, saya menemukan banyak hotel murah di Traveloka karena ada diskon di sana.

Meskipun harga kamar hotel di Traveloka murah-murah, tapi dari review yang ada, saya lihat cukup bagus.

Saya sendiri pernah memesan hotel di Bali lewat Traveloka, dan ternyata cukup memuaskan, dari segi kamar hotel, sarapan, dan lokasinya.

Selengkapnya silakan baca: Pengalaman Menginap di Ibis Styles Hotel Denpasar Bali.

Pada saat itu, saya memesan hotel lewat Traveloka, dan ternyata dapat harga cukup bersahabat dengan fasilitas yang oke dari Ibis Styles Hotel.

Lokasi hotel juga dekat dengan tempat makan halal buat muslim.

Baca juga: Pengalaman Mencoba Kuliner Halal di Bali yang Murah.

Untuk kemudahan saat mau mengeksplore berbagai destinasi wisata di Bali nantinya, pada rencana liburan ke Bali ini, saya memilih untuk mencoba booking hotel di kawasan Legian, Kuta, Bali.

Kenapa memilih hotel di Legian, Kuta, Bali?

Karena lokasinya memang berada di tengah, tidak terlalu jauh dari Bandara, dan tentu saja saya ingin mencari hotel yang dekat dengan Pantai Kuta Bali, sehingga sore atau malam hari saat sampai di Bali, cukup jalan kaki saja jalan-jalan ke Kuta Beach.

Ada cukup banyak hotel di kawasan Legian Bali yang bisa kita booking, dan saat saya cek ternyata banyak banget hotel atau penginapan murah di Traveloka yang ada di kawasan ini.


Menemukan penginapan dengan harga di bawah 100ribu di kawasan Legian Kuta Bali bukan hal yang susah, ada beberapa penginapan yang bisa kita pilih di sini.

Untuk penginapan dengan kisaran harga 100-200 ribu, ada puluhan jumlahnya di Traveloka, tinggal lihat saja kira-kira mana yang cocok dengan melihat berbagai review pelanggan sebelumnya yang menginap di situ.

Nah, karena saya ingin rencana liburan ke Bali bersama keluarga, maka saya mencari hotel yang dekat pantai dan harganya gak terlalu tinggi, di kisaran harga 300ribuan saja.

Saya pun kemudian mencari hotel di daerah Legian Kuta Bali lewat Traveloka.

Untuk mencari hotel-hotel murah di Legian Kuta Bali, silakan Klik Link Ini.

Setelah klik link tersebut, kemudian pilih tanggal check in, tanggal check out, dan isi jumlah orang serta jumlah kamar yang mau dipesan.

hotel murah di legian kuta bali

Saya pun pilih tanggal menginap dari 24 Juni 2019 sampai 27 Juni 2019 dan kemudian muncul sekitar 412 hotel yang ada di kawasan Legian, Kuta, Bali.

Banyak banget bukan?

Seperti tujuan awal, hotel yang saya cari adalah hotel dekat pantai kuta dengan harga maksimal 300ribuan.

Saya pun kemudian memilih hotel dengan filter highest popularity, dan saya cari dari paling atas hotel paling popular dengan harga 300ribuan.

Ketemulah saya dengan Rivavi Kuta Beach Hotel dengan tarif yang ternyata ada di bawah 300 ribuan tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta dan Pantai Legian.


penginapan murah di legian kuta bali

Dari review yang saya baca, hotel ini hanya berjarak sekitar 500 meter saja dari pantai Legian, dan saya lihat di peta tidak jauh juga dari Pantai Kuta, cukup jalan kaki saja.

Sepertinya hotel ini memang cocok untuk menginap di kawasan yang dekat pantai, dengan rate 8,0/10 di Traveloka.

Untuk kamar Superior Room dengan 1 Bedroom, tanpa sarapan, tarifnya sebesar Rp271.220,00 (dari tarif normal 600ribuan).

Setelah membaca review hotel, baik dari Traveloka maupun dari Tripadvisor, saya rasa hotel ini cukup ok untuk menginap selama 3 malam di Bali.

Saya pun mencoba booking hotel ini, dan ternyata memang mudah banget buat booking hotel di Traveloka.

Baca juga: Pengalaman Booking Hotel di Traveloka.

Untuk memesan hotel di Traveloka, bisa dilakukan lewat website Traveloka dan bisa juga lewat aplikasi Traveloka.

Cara pesan hotel di Traveloka lewat situs Traveloka:


  1. Setelah searching, pilih nama hotel di Traveloka yang mau kita pesan.
  2. Scroll ke bawah, ada banyak alternetif tipe kamar yang bisa kita pilih. Klik Book Now atau Pesan Sekarang untuk tipe kamar yang mau kita pesan.
  3. Isi data pemesan dari nama, email, kontak telepon, dan nama lengkap tamu sesuai identitas, 
    panduan pesan hotel di traveloka
    lalu scroll ke bawah, lihat lagi harga, 
    memesan hotel murah di bali lewat traveloka
    jika ok klik lanjutkan pemesanan.
  4. Akan muncul jendela pop up untuk menanyakan apakah semua data telah benar. 
    konfirmasi pesan hotel traveloka
    Jika iya, klik Ya, Kontak saya Benar.
  5. Review lagi pesanan, dari tanggal check in, tanggal check out, nama tamu, dan detil kamar. 
    review pesanan di traveloka
    Scroll ke bawah lagi, lihat bagian paling bawah, review lagi rincian harga. 
    review harga hotel traveloka
    Jika OK klik Lanjut ke Pembayaran.
  6. Pilih metode pembayaran. Kalau saya, selama ini selalu memilih metode Transfer lalu bayar pakai Internet Banking Mandiri atau Mandiri Online. Makanya saya pilih Transfer Mandiri.
  7. Jika punya kode kupon, masukkan kode kupon untuk mendapatkan potongan harga. 
    metode pembayaran traveloka yang beragam
    Lihat gambar di atas untuk memasukkan kode kupon Traveloka.
  8. Jika punya poin traveloka untuk ditukarkan, bisa juga gunakan poin traveloka.
  9. Jika sudah ok, klik Bayar Dengan Transfer.
  10. Akan muncul kode pembayaran.
  11. Bayar pesanan di traveloka menggunakan kode pembayaran yang muncul sebelum batas waktu pembayaran berakhir.
  12. Setelah bayar, konfirmasi pesanan akan dilakukan secara otomatis saat memilih metode pembayaran transfer. (Pilih konfirmasi otomatis saat memilih metode pembayaran agar gak ribet).
  13. Setelah pembayaran terkonfirmasi, voucher hotel atau tiket hotel pun akan dikirim lewat email kita.

Mudah banget memesan hotel lewat Traveloka dan tentunya lebih murah dibandingkan dengan pesan hotel dengan walk in langsung ke hotelnya.

Pembayaran sangat mudah, bisa dilakukan lewat ATM, Indomaret, Alfamart, hingga dengan kartu kredit.

Kalau favorit saya, bayar menggunakan Mandiri Online, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Dari waktu pembayaran sampai konfirmasi pun biasanya cepet. Hanya dalam waktu beberapa detik, pembayaran sudah terkonfirmasi secara otomatis by sistem.

Memesan hotel di Traveloka pun bisa dilakukan jauh-jauh hari, bahkan bisa dilakukan beberapa bulan sebelumnya, atau 1 tahun sebelumnya.

Tak cuma pesan hotel di dalam negeri, saat jalan-jalan ke luar negeri pun kita bisa memesan hotel, villa, atau penginapan lewat Aplikasi Traveloka.

Buat para traveler, wajib banget instal aplikasi ini di smartphone, bukan cuma untuk reservasi tiket pesawat dan hotel saja, bisa juga beli paket internet luar negeri, atau pesan tiket kereta, tiket bus, tiket masuk tempat wisata, dan masih banyak lagi jenis pembayaran di Traveloka, termasuk pulsa, token listrik, dan bayar BPJS Kesehatan.

Adanya Traveloka ini membuat saya terbantu banget saat mau jalan-jalan mengeksplore berbagai tempat wisata di Indonesia, hingga kalau berencana mau jalan-jalan ke luar negeri tanpa takut kehabisan kuota internet.

Setelah dapat voucher, simpan untuk keperluan check in di hotel nantinya.

Baca: Cara Check In Hotel Traveloka dari Pengalaman Pribadi.

Itinerary ke Bali 4 Hari 3 Malam Dengan Mengunjungi Rute Wisata Bali yang Searah


Untuk menyusun rencana biaya liburan ke bali ala backpacker, maka salah satu tipsnya adalah menyusun itinerary ke bali yang satu arah, sehingga menghemat waktu dan biaya.

Salah satu tips liburan ke bali bagi pemula ini penting banget, karena kalau gak menyusun daftar tempat wisata yang mau dikunjungi, bisa mubadzir waktu dan biaya.

Untuk menghemat biaya, memesan paket liburan ke bali termasuk tiket pesawat menurut saya kurang recommended, karena si penjual paket wisata pastinya sudah mengambil keuntungan yang akan menambah biaya kita.

Jalan-jalan ke Bali sendiri atau bersama keluarga, buat saya, lebih enak menyusun sendiri dibandingkan menggunakan paket wisata atau paket honeymoon di Bali.

Liburan ke Bali dengan anak dan istri bakal lebih berkesan bebas jika menyusun sendiri.

Untuk menyusun itinerary wisata ke Bali, sebisa mungkin pilih jarak tempat wisata di Bali yang berdekatan satu sama lain dan searah.

Dari pertimbangan tersebut, beberapa obyek wisata di Bali yang saya rencanakan untuk dikunjungi kurang lebih sebagai berikut:


Hari pertama, 24 Juni 2019, sampai di Bandara Denpasar Bali sesuai jadwal pukul 14.35 waktu Bali (Indonesia Tengah).

Sampai di hotel mungkin jam 15.30 sore.

Pilihan paling pas tentu jalan-jalan sore ke tempat wisata Pantai Legian yang dekat dengan hotel.

Hari kedua, 25 Juni 2019, sewa mobil lalu mengunjungi tempat wisata di Bali yang bisa dikunjungi satu hari. Ini rencananya: Ubud - Danau Beratan Bedugul - Tanah Lot.

Baca: pengalaman sewa mobil di Bali.

Hari ketiga, 26 Juni 2019, sewa mobil mengunjungi destinasi wisata Bali Selatan: Hutan Mangrove Denpasar Bali - Watersport Tanjung Benoa, Pantai Pandawa - Uluwatu - Pantai Jimbaran.

Hari keempat, 27 Juni 2019, sebelum check out dan pulang, jalan kaki pagi ke Pantai Kuta serta Taman Ayun Bali.

Itulah beberapa destinasi wisata satu arah di Bali yang direncanakan untuk dikunjungi. Untuk yang ke tanah lot, sebenarnya gak satu arah, tapi saya baca bisa ditempuh selama satu hari.

Mudah-mudahan kesampaian ya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata unik di Bali dan pantai-pantai cantiknya.

Perkiraan Biaya Liburan ke Bali dari Bandar Lampung


Setelah melihat harga tiket pesawat dan hotel serta berbagai destinasi wisata yang dikunjungi, anggaran biaya untuk jalan-jalan ke Bali kurang lebih:

  • Taksi online dari rumah ke Bandara Radin Inten 2 Lampung PP: 200.000
  • Tiket pesawat Bandar Lampung - Denpasar PP = 2.400.000 x 3 orang = 7.200.000
  • Taksi dari Bandara Denpasar ke Hotel PP: 200.000
  • Hotel selama 3 malam = 300.000 x 3 = 900.000
  • Sewa mobil 2 hari = 1.000.000
  • Makan dan Harga Tiket Masuk Wisata: 5.000.000
  • Total anggaran biaya: 14.800.000 atau kurang lebih 15 juta.

Itulah rencana Liburan ke Bali ala saya, dengan memesan tiket pesawat dan hotel di Traveloka.

Untuk kalian yang mau jalan-jalan ke Bali, memesan tiket pesawat dan hotel via Traveloka cukup recommended dengan segala kemudahannya.

Metode pembayaran yang beragam, harga tiket yang murah, jumlah hotel yang banyak banget baik dalam negeri maupun luar negeri, menjadikan traveloka sebagai salah satu pilihan saya.

Untuk mendapatkan tiket lebih murah, pesan lewat Aplikasi Traveloka di Android lebih disarankan.

Kiranya demikian sharing contoh dan pengalaman rencana liburan ke Bali beserta perkiraan biaya dan tujuan wisata dari saya. Baca juga: Cara Beli Pulsa di Traveloka.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post