Sunday, October 28, 2018

author photo
jumanto.com - Selain mie Lampung, salah satu kuliner legendaris di Lampung yang wajib kalian coba saat liburan ke sini adalah Mie Khodon, dengan resep masakan yang diwariskan secara turun menurun menggunakan bumbu masakan dengan takaran yang pas sehingga menghasilkan mie dengan cita rasa yang tiada duanya.

Berdiri di atas sebuah warung sederhana tak menjadikan warung makan legendaris di Lampung ini sepi peminat.

Justru, pembeli harus rela antri setiap akan makan di sini, baik antrian pembeli yang mau makan di tempat maupun pembeli yang membungkus pesanannya untuk di makan di rumah.

Rasa memang tak pernah bohong. Kuliner di Lampung dengan rasa yang enak tidak akan pernah ditinggal pelanggannya meskipun harga terus berubah naik dan bentuk warung makannya pun sederhana banget.

Namun, dari kesederhanaannya itulah muncul sebuah masakan enak yang selalu diburu pencinta kuliner di Bandar Lampung.

Mie Khodon Lampung selalu direkomendasikan kepada para wisatawan yang baru pertama kali datang ke Lampung, sama seperti dengan Bakso Sony atau Pempek 123 dan pempek-pempek lainnya di Bandar Lampung.

warung mie khodon bandar lampung kuliner legendaris

Lokasi dan Alamat Mie Khodon Lampung


Yang biasanya ditanyakan pertama kali mengenai tempat wisata kuliner adalah lokasinya.

Lokasi Mie Khodon Lampung ini tidak jauh dari Polda Lampung dan Taman Dipangga, hanya beberapa meter saja dari Taman Dipangga Bandar Lampung.

Alamat Mie Khodon Lampung lengkapnya berada di Jl. Ikan Bawal No. 22, Teluk Betung, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Tempat kuliner legendaris di Lampung ini satu arah jalan dengan Chandra Teluk dan berjarak sekitar 50-100 meter saja, di sebelah kiri jalan dari arah Chandra.

Untuk melihat peta rute jalan menuju ke Mie Khodon Lampung, silakan klik peta Google Maps di sini.

Lokasinya mudah banget ditemukan kok, tapi inget kalau kalian ke sini pakai kendaraan pribadi, ikuti jalan satu arah ya, jangan sampai kena overboden atau bakalan kena tilang sama polisi.

Di daerah Teluk memang banyak jalan satu arah, sehingga buat orang yang baru pertama kali ke sini mungkin gak tahu mana saja jalan yang satu arah.

Gampangnya ya lihat google maps, biasanya peta google menunjukkan mana jalan yang satu arah.

Mengenal Sejarah Mie Khodon Lampung yang Sangat Legendaris


Mie Khodon ini telah dirintis oleh kakek dari si pemilik warung sekarang (Pak Subarno). Khodon sendiri merupakan nama panggilan untuk kakek beliau.

Kakek dari Pak Subarno dulunya menjual mie tek tek secara keliling di sekitaran Teluk Betung orang-orang memanggilnya dengan nama Khodon.

Mie ini dijajakan dari sekitar tahun 1965, dengan cara berjualan seperti mie tek tek sekarang ini yang dijajakan keliling.

Setelah diteruskan oleh anaknya, Pak Manto, barulah mie ini dijual dengan cara membuka warung di Jalan Ikan Tenggiri, tidak jauh dari lokasi Mie Khodon yang sekarang.

Cucu dari Pak Khodon, atau anak dari Pak Manto, yang bernama Pak Subarno, kemudian meneruskan usaha mie tek tek ini, pada tahun 2000an, dan kemudian pindah lokasi dari Jalan Ikan Tenggiri ke Jalan Ikan Bawal, hingga sekarang.

Mie Khodon, yang diambil dari nama kakek pemilik sekarang, telah menjadi salah satu kuliner legendaris yang bertahan puluhan tahun dan hingga kini masih tetap eksis.

Legend banget deh pokoknya, saluuuuut.


Menu Makanan di Mie Khodon Bandar Lampung


Menu makanan dan minuman yang disajikan oleh mie khodon Lampung memang tidak terlalu banyak.

Mie Khodon sendiri memang berjualan gak lama, cuma beberap jam saja, dan selama berjualan, warung selalu ramai diserbu pembeli.

Orang-orang pun sudah pada tahu mengenai kuliner legendaris ini dengan rasanya yang tetap bertahan hingga kini sehingga orang kembali lagi ingin makan ke sini.

Adapun daftar menu makanan di Mie Khodon Lampung di antaranya ada:


  • Mie Goreng
  • Mie Rebus
  • Bihun Goreng
  • Bihun Rebus
  • Mie Cemek
  • Kerupuk
  • Telur Dadar

Sedangkan menu minuman di Mie Khodon Lampung ada:


  • Air Mineral
  • Teh botol.
  • Es Jeruk

Saat saya makan di sini, saya memesan menu mie rebus dan minumnya teh botol sosro.
 
mie khodon lampung
mie rebus dari mie khodon lampung

Pertama kali datang ke sini, langsung ditanya sama penjualnya, mau mie rebus atau mie goreng, saya jawab mie rebus karena pengin merasakan hangatnya menu kuliner legendaris di Lampung ini.

Harga Mie Khodon Teluk Betung Bandar Lampung


Saya memesan satu porsi mie rebus dan satu botol teh botol sosro. Setelah selesai makan, lalu saya tanya, berapa yang harus saya bayar.

Harga satu porsi mie rebus dari mie khodon dan satu teh botol, total 24 ribu.

Jadi, perkiraan saya, satu porsi mie rebus harganya 19 ribu rupiah dan teh botolnya 5 ribu rupiah.

Selain bayar makanan, kalian juga mesti bayar biaya parkir kendaraan.

Di Bandar Lampung, mana ada sih tempat yang gak bayar parkir, orang mau beli nasi uduk aja mesti parkir. hehehe.

Banyak parkir liar yang saya sendiri bingung kenapa pemerintah kota Bandar Lampung tidak mengatur permasalahan parkir ini.

Review Rasa Makanan Mie Khodon Lampung


Seporsi mie rebus yang disajikan benar-benar dalam kondisi baru mateng dan memang masih panas banget.

Kalau mau makan, mesti bersabar sedikit.

Kemarin saya kurang sabar, jadinya lidah langsung meleleh kena panasnya kuah mie khodon hehehehe.

Begitu mencicipi kuahnya, langsung kerasa bener rasa ebinya kalau gak salah, salah satu bumbu khas dari Mie Khodon.

Gak terlalu manis, gak terlalu asin, pas di lidah.

Mienya besar-besar, sama seperti saat saya makan mie rebus di Warung Omki Bandar Lampung.

Overall, untuk rasa, enak juga, dan saya jadi tahu, wajar kalau pembeli di sini gak kapok makan di sini dan balik lagi buat makan di Warung Mie Khodon.

Rasanya memang enak, meskipun tempat makannya sederhana, tapi selalu ramai.

Jam Buka Warung Mie Khodon


Mie Khodon Lampung buka dari jam 1 siang sampai menjelang maghrib biasanya sudah tutup karena habis.

Mie khodon sendiri memang biasa habis terjual dalam hitungan jam saja.

Jam 5 sore biasanya sudah habis, paling telat sebelum maghrib sudah tutup.

So kalau kalian mau nyicip menu enaknya Mie Khodon, datang saja selepas dzuhur dan silakan makan sepuasnya di sini hehehe.

Transportasi Menuju Mie Khodon Lampung


Kalau mau naik angkutan umum, bisa naik angkot jurusan Pasar Bawah - Teluk Betung (Gudang Garam) warna ungu.

Turun saja di Chandra Teluk, lalu jalan sebentar ke Warung Mie Khodon.

Kalau mau gampang, naik saja gojek atau Grab di Lampung.

Lokasinya terbilang mudah dijangkau.

Penasaran pengin nyobain Mie Khodon Lampung yang Legendaris itu kan? Jangan lupa cicipi juga kuliner Lampung ini: DCamp Cafe Kuliner Lampung yang Unik Banget.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post