Thursday, October 25, 2018

author photo
jumanto.com- Salah satu instansi pemerintah dengan gaji paling tinggi adalah BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan. So, jika ada lowongan CPNS, kalian bisa daftar menjadi Auditor BPK, atau sekedar petugas administrasi seperti verifikator keuangan dan sebagainya. Gaji Pegawai BPK yang terbilang tinggi menjadi salah satu alasan kenapa kalian harus memilih instansi ini, dibandingkan kalian menjadi auditor BPKP (tempat saya bekerja saat ini).

Kalian mungkin sering baca di forum Kaskus kalau gaji PNS BPK begitu menggiurkan dengan tunjangan kinerjanya yang tinggi, masih lebih tinggi dibandingkan Gaji PNS Kemendikbud, atau bahkan mungkin malah gaji Kemenkeu.

Meskipun besaran Tukin BPK tidak seheboh besaran tabel tabel TKD DKI, tapi jika kalian ingin menjadi PNS dengan gaji tertinggi, salah satunya adalah dengan menjadi PNS BPK di mana gaji, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja yang akan kalian dapatkan begitu menggiurkan.

Gaji PNS Golongan 3a + Tunjangan di BPK jauh lebih besar dibandingkan dengan gaji dan tunjangan yang diterima oleh pegawai macam saya.

Gaji pegawai BPK lebih tinggi dibandingkan dengan gaji PNS Kementerian Pertanian, gaji pegawai BMKG, gaji dinas perhubungan darat, gaji pegawai BNN, dan kementerian dengan gaji paling tinggi lainnya seperti Setneg atau MA.

besaran gaji auditor bpk yang menggiurkan

Salah Satu PNS dengan Gaji Tertinggi adalah Pegawai BPK


Tunjangan kinerja BPK lebih tinggi dibandingkan dengan tunjangan kinerja BPKP serta kementerian lembaga lain.

Tunjangan kinerja sendiri merupakan salah satu komponen penghasilan dari PNS selain gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, dan tunjangan beras.

Jika kalian mengamati besaran gaji auditor BPK, mereka menerima penghasilan per bulan lebih besar dibandingkan PNS lain pada umumnya.

Alasan kenapa digaji besar bisa dibaca pada peraturan yang mendasari terbitnya penghasilan bagi pegawai BPK.

Karena termasuk sebagai PNS dengan gaji tertinggi di Indonesia, wajar jika peminatnya banyak dan mungkin susah untuk masuk menjadi auditor atau PNS BPK.

Untuk kalian yang berminat menjadi pegawai BPK, silakan pantau terus tes CPNS BPK, guna mendapatkan pengalaman ikut tes CPNS BPK dan syukur-syukur diterima sehingga bisa cerita
pengalaman kerja di BPK.

Gaji Auditor BPK Dinaikkan Lagi Di Tahun 2018 Oleh Presiden Jokowi


Gimana gak bahagia jadi pegawai BPK, karena Jokowi sangat memperhatikan kesejahteraan pegawai BPK.

Selain diberikan tunjangan kinerja yang besar, uang pemeriksaan yang besar, auditor BPK juga kembali dimanjakan dengan kenaikan tunjangan jabatan di tahun 2018 ini.

Sebagaimana telah dirilis oleh situs resmi milik negara, Presiden Jokowi telah menerbitkan Perpres Nomor 84 Tahun 2018 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Tertentu yang Ditugaskan Pada Badan Pemeriksa Keuangan.

Berdasarkan perpres 84/2018 tersebut, disebutkan bahwa Pejabat tertentu yang dimaksud pada perpres ini terdiri atas:
  • pejabat pimpinan tinggi;
  • pejabat fungsional; dan
  • pejabatadministrasi.

So, dari level bawah sampai level atas, semuanya menerima kenaikan tunjangan jabatan BPK.

Kenaikan Tunjangan Jabatan Pegawai BPK ini diberikan terhitung mulai tanggal 1 Februari 2018.

Berikut ini besaran Tunjangan Jabatan Pegawai BPK Berdasarkan Kelas Jabatan yang ada:


tunjangan jabatan pegawai BPK

Sayangnya, Kelas Jabatan BPK Tidak Dipublikasikan oleh Pihak BPK


Penetapan kelas jabatan BPK ditetapkan oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuangan setelah mendapatkan persetujuan dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Sayangnya, sampai dengan saat ini, saat saya menjelajah situs resmi BPK, tidak ada satu pun peraturan di sana yang diupload terkait kelas jabatan BPK.

Mungkin biar masyarakat gak pada tahu, auditor BPK ada di kelas jabatan berapa atau sebagainya, sehingga dokumen ini terkesan rahasia.

Saya cari di google pun belum ada peraturan atau ketetapan dari Ketua BPK tentang kelas jabatan PNS BPK.

Jika kalian punya, boleh dong share ke saya hehehe.

Perkiraan Gaji Pegawai BPK Baik Auditor maupun Administrasi


Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan gambaran besaran Gaji Pegawai BPK dengan menggunakan 3 komponen penghasilan saja: Gaji Pokok + Tunjangan Jabatan + Tunjangan Kinerja.

Saya belum memasukkan unsur uang makan PNS (perbedaan gaji PNS daerah dan PNS pusat salah satunya adanya uang makan bagi PNS pusat).

Baca juga: Kenaikan Gaji TNI 2018.

Gaji Pokok PNS Tahun 2018 bisa kalian lihat tabel di bawah ini:


daftar gaji pokok pns 2018
Tabel Gaji Pokok PNS

Tunjangan Jabatan Pegawai BPK sudah saya tuliskan di atas.

Sementara Tunjangan Kinerja Pegawai BPK dapat kalian lihat pada tabel berikut ini:

tukin pegawai bpk
tukin pegawai bpk

Dengan menghitung komponen penghasilan di atas, misalkan seorang PNS BPK baru, lulusan S1, dengan golongan 3a masa kerja paling rendah, dan masuk ke kelas jabatan 6 (kelas jabatan auditor BPK belum saya dapat datanya), setidaknya akan menerima penghasilan per bulan sebagai berikut:


besaran gaji pegawai bpk

Gimana, bikin ngiler banget bukan? Di luar uang makan PNS yang besaran rata-ratanya 700.000 per bulan, penghasilan pegawai BPK golongan III a masa kerja 0 tahun dengan kelas jabatan 6 mencapai 13 jutaan per bulan lho.

Besaran gaji di atas belum termasuk uang pemeriksaan juga.

Berminat jadi PNS BPK? Mau menyaingi gaji menteri keuangan? hehehe.

Yah, itulah perkiraan besaran gaji pegawai BPK baik auditor maupun administrator. Baca juga: Gaji Polisi per bulan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post