Tuesday, September 11, 2018

10 Tips Berbelanja di Shopee Bagi Pemula Gratis Ongkir atau Bayar Ditempat

author photo
jumanto.com - Bagi pemula, mungkin merasa ragu saat akan berbelanja di Shopee, apakah shopee aman, ada penipuan, atau malah belum tahu cara belanja di shopee baik biar gratis ongkir, bayar ditempat, bayar lewat Indomaret, lebih dari 1 barang, memilih warna, memberikan keterangan di kolom catatan, chat dengan seller, menyatukan pesanan, dan ketentuan lainnya.

Sebagai salah satu toko online yang menyediakan metode pembayaran COD atau bayar ditempat, dan sebagai salah satu situs belanja online gratis ongkir, shopee tentu mempunyai kelebihan tersendiri, selain fitur chat dan tawar harganya.

Berbagai promo shopee pun cukup menarik minat pengguna aplikasi Shopee, seperti mendapatkan koin shopee dengan cara goyang shopee, goyang emas, check in, dan cara mendapatkan koin shopee gratis lainnya.

Pelanggan shopee pun bisa mendapatkan cashback dengan menggunakan kode promo referral, sehingga setelah belanja, pelanggan shopee baru bisa mendapatkan cashback senilai 30.000 rupiah dengan menggunakan kode voucher tertentu.

Cashback sebesar 30 ribu rupiah diberikan dalam bentuk koin shopee yang kegunaannya bisa digunakan sebagai diskon belanja berikutnya.

Baca selengkpanya: Kode Promo Shopee 2018.

Cara belanja di shopee bagi pemula sebenarnya gak ribet, yang penting sudah membuat akun, membuat username dan password, maka pelanggan baru shopee pun bisa berbelanja dengan cepat.

Jangan lupa juga memasukkan alamat pengiriman dengan jelas serta cantumkan nomor HP yang masih aktif agar pengiriman barang lebih cepat.

10 Tips Berbelanja di Shopee Agar Aman, Murah, Tidak Tertipu


tips berbelanja di shopee
tips berbelanja di shopee

Untuk kalian yang sudah terbiasa belanja di shopee mungkin artikel tips belanja di Shopee ini bisa menjadi tambahan wawasan.

Sedangkan buat kalian para pemula yang belum pernah berbelanja di shopee, mudah-mudahan tips yang saya bagikan ini bisa menjadi pedoman agar kalian gak bingung gimana sih cara pesan barang di shopee biar murah, aman, dan juga pastinya barang sampai ke alamat dengan cepat.

Berikut ini beberapa tips berbelanja online di shopee versi jumanto.com:

1. Gunakan kode promo shopee agar dapat cashback atau harga lebih murah


Kode promo shopee berguna banget buat kita yang mau berbelanja di shopee, agar mendapatkan harga yang murah atau dapat cashback.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada momen agustusan, saya juga memanfaatkan kode promo shopee untuk mendapatkan pulsa listrik murah dan paket internet murah di shopee.

Dari pembelian token listrik di shopee,saya dapat cashback 17%, lumayan kan bisa buat beli token listrik di shopee lagi.

Buat kalian yang mau dapat cashback 50% dari nilai belanja (maksimal cashback 30.000) kalian dapat menggunakan kode voucher "JUMAN248".

Masukkan kode tersbut saat mau bayar, nanti setelah transkasi selesai, kalian akan dapat cashback. Ketentuan ini hanya berlaku bagi pelanggan baru shopee.

2. Perhatikan batas waktu pembayaran Shopee


Sebelum membayar pesanan barang di shopee, pastikan dulu batas waktu pembayaran belum habis. Karena kalau batas waktu sudah habis, pesanan akan otomatis dibatalkan oleh shopee, dan pembayaran kalian pun akan gagal.

So, sekali lagi, pastikan batas pembayaran shopee jangan sampai terlewati. Kalau sudah lewat, pesan ulang barang.

3. Hati-hati dengan berbagai jenis penipuan di shopee


Pernah punya pengalaman buruk belanja di shopee? Saya pernah, saat dapat seller penipu.

Salah satu ciri seller penipu adalah seller ini masih baru, tapi gak semua seller baru itu penipu. Kebanyakan seller yang mau menipu adalah seller yang baru membuka akun seller di shopee.

Jenis penipuan di shopee tentu ada banyak: ada yang menjual barang black market, barang palsu, memberikan nomor token palsu seperti pengalaman saya, dan ada juga seller yang minta foto bukti transfer padahal bukti itu mau disalahgunakan.

Saran saya, jangan pernah mengirimkan bukti transfer kepada seller, karena seller penipu bisa memanfaatkan bukti transfer kalian buat menipu.

Baca: Pengalaman dapat penipuan di shopee.
 

4. Bisa tambahkan info tambahan pada kolom catatan di shopee


Setelah check out dan sebelum menyelesaikan pesanan, ada kolom catatan yang bisa diisi oleh pembeli sebagai perhatian khusus buat penjual.

Nah, selain lewat chatting dengan seller, kalian juga bisa menambahkan kolom catatan di sini sebagai pengingat sebelum barang dikirim.

Kolom catatan ini juga bisa digunakan sebagai bukti kalau di kemudian hari barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan kalian.

Dengan adanya bukti ini, kalian bisa mengembalikan pesanan di shopee dengan lebih mudah.

5. Pilih cara pembayaran shopee di tempat atau COD


Salah satu cara aman belanja di Shopee adalah dengan memilih metode pembayaran COD atau bayar pesanan setelah barang sampai ditempat.

Shopee kini sudah mendukung COD.

Jadi, pembeli di shopee tidak perlu transfer uang dulu saat berbelanja, tapi cukup bayar kepada kurir saat barang sampai di tempat.

Info selengkapnya, silakan baca: Cara Belanja di Shopee dengan COD.

6. Pilih cara belanja di shopee via Indomaret bagi yang gak punya rekening bank


Selain memilih cara bayar COD bagi yang gak punya rekening, pengguna shopee pun bisa memilih cara bayar di Indomaret.

Cara bayar shopee lewat Indomaret ini cocok banget buat pelanggan shopee yang gak punya rekening bank.

Untuk urusan pengembalian dana, gak perlu khawatir, karena jika pesanan barang di shopee dibatalkan, uang akan tetap kembali dan masuk ke akun shopee pay.

Kelemahannya, ada biaya admin atau biaya tambahan saat bayar shopee via Indomaret, beda dengan COD. 

7. Manfaatkan fitur cara belanja di shopee agar gratis ongkir


Agar belanja di shopee lebih murah, selain menggunakan kode voucher, kalian juga bisa memanfaatkan fitur gratis ongkir atau subsidi ongkos kirim.

Silakan baca syarat dan ketentuan gratis ongkir shopee, termasuk kuota gratis ongkir shopee sebelum berbelanja di shopee.

Tiap bulan, persyaratan free ongkir shopee selalu berubah, dengan batasan nilai belanja dan kuota maksimalnya.

Lumayan juga lho hemat ongkos kirim itu, ke Bandar Lampung saja dari Jakarta bisa menghemat 19ribuan :D

8. Belanja di shopee lebih dari 1 barang pada toko yang sama


Belanja online lebih dari 1 barang bisa dilakukan di shopee. Namun, jika berbelanja beda toko, maka pengirimannya pun akan menggunakan dua lokasi yang berbeda sehingga bisa jadi kuota gratis ongkir kalian terlewati, sehingga salah satunya akan dikenakan biaya ongkir.

Oleh karena itu, usahakan agar belanja barang lebih dari 1, pada 1 toko saja, agar hemat ongkos kirim, kecuali barangnya memang gak ada di toko tersebut, mau gak mau harus belanja di toko lain.

Untuk mengakali kuota gratis ogkir yang habis, kalian bisa beli 1 barang hari ini, dan barang satunya besok lagi, karena kuota gratis ongkir biasanya berlaku harian juga.

9. Jangan lupa pilih warna barang di shopee yang diinginkan 


Untuk mendapatkan barang yang benar-benar diinginkan, jangan sampai teledor juga saat memesan barang.

Termasuk pilihan warna yang ada.

Oleh karena itu, pastikan dulu sebelum membeli, bahwa warna barang yang kalian pilih, benar-benar tersedia, dengan cara chat si seller.

Setelah barang tersedia, silakan pilih warna barang sebelum check out.

10. Belanja lebih dari 1 toko, perhatikan biaya ongkos kirimnya


Jika terpaksa harus berbelanja di lebih dari 1 toko, pertimbangkan biaya ongkos kirimnya. Jika masih memungkinkan mendapatkan subsidi ongkos kirim dengan cara berbelanja di beda hari seperti telah saya sebutkan di atas, maka usahakan berbelanja di beda hari.

Misalkan kuota gratis ongkir per hari dari shopee adalah 30 ribu.

Sementara kalau belanja di dua toko, ongkos kirim total 40 ribu, maka akan ada biaya ongkir yang harus kalian tanggung sebesar 10 ribu.

Untuk mengakalinya, belanjalah satu barang di hari ini dan satu lagi esoknya, sehingga dua-duanya dapat kuota gratis ongkir 30 ribu.

Kesimpulan


Selain 10 tips cara belanja di shopee bagi pemula di atas, tentu masih banyak tips lainnya yang bisa kalian tambahkan di kolom komentar.

Cara belanja online di shopee cukup mudah, tapi jangan sampai anda tertipu seller nakal di shopee seperti pengalaman saya.

Kenali ciri-ciri seller penipu agar kalian bisa membedakan mana yang terpercaya dan mana yang menipu.

Dan tentunya, namanya juga aplikasi buatan manusia, adakalanya server error pada shopee. So, saat server error, cobalah berbelanja saat server sudah pulih.

Kiranya, itu saja Tips Berbelanja di Shopee versi jumanto.com mudah-mudahan bermanfaat. Baca juga: Cara beli token listrik murah di Shopee.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post