Tuesday, September 11, 2018

Perbedaan Isim Tasniyah dan Jamak Mudzakkar Salim Ketika Nashob dan Jer

author photo
jumanto.com - Pada tulisan sebelumnya kita sudah mengenal contoh isim mufrad baik dalam Al Quran maupun dalam kehidupan keseharian kita. Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar bersama mengenal perbedaan isim tasniyah dan Jamak Mudzakkar Salim ketika nashob dan jer. Sebelumnya juga kita sudah belajar contoh-contoh jamak mudzakkar salim.

Bahas Arab sendiri merupakan salah satu bahasa yang terbilang sulit dan rumit untuk dipelajari. Banyak ilmu yang membahas mengenai bahasa Arab.

Salah satu kesulitan bahasa Arab, terutama tulisan arab gundul atau tulisan arab tanpa harakat, adalah karena tulisan tersebut dapat dibaca dengan beberapa cara dan beda cara baca beda juga artinya.

Seperti sering disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Bidayah Jember, tulisan من saja bisa dibaca bermacam-macam.

Tulisan من bisa dibaca مِنْ، مَنْ   مَنَّ. Ketiga kalimah tersebut memiliki makna yang berbeda, padahal tulisan arabnya sama.

Makanya, belajar bahasa Arab memang butuh ketelitian dan mesti tahu makna yang diharapkan dari suatu kalimat dengan mengaitkan antara satu kalimah dengan kalimah lainnya.

Salah satu bentuk tulisan arab yang sama tapi cara bacanya berbeda dan maknanya berbeda adalah terkait perbedaan isim tasniyah dan jamak mudzakkar salim ketika nashob dan jer.

Seperti apa penjelasannya? Simak uraiannya berikut ini.

Perbedaan Isim Tasniyah dan Jamak Mudzakkar Salim Ketika Nashob dan Jer


Coba kalian perhatikan tulisan di bawah ini, harus dibaca apa tulisan المسلمين.

Perbedaan Isim Tasniyah dan Jamak Mudzakkar Salim Ketika Nashob dan Jer


Kata المسلمين dapat dibaca dengan harakat: الْمُسْلِمَيْنِ dan الْمُسْلِمِيْنَ. Nah, dua kalimah ini merupakan isim tasniyah dan jamak mudzakkar salim.

Jika belum paham mengenani keduanya, silakan baca dulu:


Kalimah المسلمين  dalam susunan jumlah di atas berada dalam posisi nashab, karena termasuk manshubatul asma, yaitu menjadi isimnya inna.

Jika kalimah tersebut merupakan isim tasniyah, maka cara bacanya adalah  اِنَّ الْمُسْلِمَيْنِ. Huruf sebelum ya berharokat fathah (ma) dan huruf nun akhirnya berharokat kasroh (ni).

Sementara jika kalimah tersebut merupakan jamak mudzakkar salim, maka cara bacanya adalah اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ . Huruf sebelum ya berharakat kasroh (mi) dan huruf nun akhirnya berharakat fathah (na).

Dalam posisi jer, cara baca keduanya sama.

Jadi, Perbedaan Isim Tasniyah dan Jamak Mudzakkar Salim Dalam Posisi Nashob dan Jer adalah harakat sebelum huruf ya dan harakat huruf akhirnya.

  • Pada isim tasniyah, harakat huruf sebelum ya adalah fathah dan harakat huruf akhirnya adalah kasroh.
  • Pada jama' mudzakkar salim, harakat huruf sebelum ya adalah kasroh dan harakat huruf akhirnya adalah fathah.

Artikel Pelajaran Bahasa Arab Dasar Lainnya yang Harus Dibaca:


Selain itu, kita juga tentunya bakal belajar lebih lanjut mengenai contoh jamak taksir, i'rab jamak muannats salim, contoh jamak mudzakkar salim dalam Al Quran, pengertian jamak muannats salim dan contohnya dan pelajaran bahasa arab dasar lainnya.

Demikian artikel singkat mengenai Perbedaan Isim Tasniyah dan Jamak Mudzakkar Salim Ketika Nashob dan Jer. Baca juga: Kitab Ala La Tanalul 'Ilma beserta Artinya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post