Monday, September 3, 2018

Rute Lokasi dan Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangtritis Jogja, Wisata Cantik Dekat Parangkusumo

author photo
jumanto.com - Rute Lokasi dan Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangtritis Jogja. Liburan di kota Jogja merupakan salah satu pilihan terbaik buat kalian yang ingin menikmati indahnya pantai dan juga wisata alam. Jogja punya banyak sekali tempat wisata, dari wisata pantai, kolam renang, waterpark, pegunungan, bukit, belanja, dan satu tempat wisata yang cantik banget yang membuat saya tercengang, yaitu saat foto-foto di Gumuk Pasir Jogja.

Gumuk pasir ini langsung menarik perhatian saya saat saya melewatinya.

Niat awalnya, kami pagi itu langsung mau ke Pantai Parangkusumo, lalu ke Pantai Parangtritis, dan sorenya baru mau ke Gumuk Pasir.

Tahunya, saat di perjalanan hampir sampai Pantai Parangkusumo, di sebelah kanan jalan, kami lihat ada sebuah Gumuk Pasir menggunung yang cantik dan langsung menarik perhatian saya.

Gumuk pasir sendiri adalah sekumpulan pasir yang menggunung yang membuat daerah di sini jadi terlihat seperti "gurun pasir mini".

Setelah melihat keberadaan gumuk pasir ini yang pernah saya baca juga sebelumnya di internet, saya pun langsung bertanya sama istri, dan kami pun kemudian memutuskan untuk mampir.
Baca juga: Jalan-jalan ke Malioboro Jogja.

Keistimewaan Pemandangan Alam Gumuk Pasir Parangtritis Jogja


foto gumuk pasir parangrtitis jogja
Alya foto di gumuk pasir parangrtitis jogja

Kami datang berkunjung ke Gumuk Pasir Parangtritis Jogja saat musim kemarau, jadi pasir-pasir di sini terlihat benar kehalusannya karena gak ada air sama sekali.

Kalau pasir kena air kan biasanya memadat.

Nah, saat terbaik buat berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini memang saat musim kemarau di mana pasir terlihat lebih natural, seperti gurun pasir, tidak memadat.

Pasir di tempat wisata ini sangat halus, lembut banget di kaki, bersih dari sampah, dan mudah-mudahan siapa pun yang berkunjung ke sini selalu memperhatikan kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Bentuk Gumuk Pasir Jogja ini menyerupai bukit gurun pasir, di mana kita bisa naik ke atas, foto-foto cantik sambil menikmati semilirnya angin yang bertiup, dan matahari yang terik pun tidak terlalu teras karena hembusan anginnya yang sejuk.

Dari atas kita bisa menikmati pemandangan alam di sekitar Pantai Parangtritis dan sekitarnya, lalu bisa melihat juga Gumuk Pasir lainnya, yang kalau gak salah namanya Gumuk Pasir Barchan, yang lebih dekat dengan Pantai Parangkusumo.

Gumuk Pasir Jogja ini menurut ceritanya, terbentuk dari pasir-pasir pantai yang kemudian terbawa angin dan menumpuk di daerah ini, hingga kemudian membentuk gumuk pasir.

Adapun tipe gumuk pasir di sini disebutkan sebagai tipe barchan, dan digolongkan sebagai gumuk pasir pesisir atau coastal dunes.

Alamat dan Lokasi Gumuk Pasir Parangrtitis Jogja


lokasi gumuk pasir jogja
Gambar lokasi gumuk pasir jogja dari pingir Jalan Raya Parangtritis

Ada dua Gumuk Pasir yang ada di sini, dan untuk memudahkan memberikan namanya, saya ambil nama yang ada di Google Maps saja.

Gumuk Pasir Jogja yang pertama adalah Gumuk Pasir Sandboarding Dunes. Alamat Gumuk Pasir Parangtritis Jogja ini berada di  Jl. Parangtritis, Depok, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia  55772.

Gumuk pasir ini lah yang kami kunjungi, dari Jalan Utama menuju Pantai Parangtritis, sekitar 1-2 km sebelum sampai ke pantai, di sebelah kanan jalan, pinggir jalan persis, ada gundukan pasir yang menggunung.

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis yang kami kunjungi tepatnya bisa kalian lihat lewat peta rute dari Malioboro Jogja sebagai berikut:




Gumuk Pasir Jogja yang kedua adalah San Dunes in Parangkusumo atau Taman Gumuk Pasir.

Gumuk pasir yang kedua ini jauh lebih lebar, dengan hamparan pasir seperti gurun pasir namun ada beberapa tumbuhannya, dan kami cuma lewat sebentar saat mau ke Pantai Parangkusumo.

Karena waktu itu hari sudah panas, dan kami lihat hamparan pasir gersang, maka kami agak malas mau mampir ke sini.

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir Jogja


Salah satu kenapa tempat wisata di Jogja begitu favorit adalah karena harga tiket masuknya yang murah, jauh jika dibandingkan dengan tempat wisata di Lampung.

Biaya tiket masuk Gumuk Pasir Parangtritis Jogja gratis gaes, jadi gak perlu bayar deh kalau mau main ke sini.

Pengunjung macam kami cuma dikenakan biaya parkir kendaraan saja, dengan biaya parkir 3 ribu rupiah per motor.

Jika kita ingin melakukan aktivitas sandboarding, kita bisa menyewa alat sandboarding di sini dengan biaya sewa tergantung tawar menawar dengan si penyewa.

Fasilitas Dan Wahana


fasilitas gumuk pasir parangtritis jogja
fasilitas gumuk pasir parangtritis jogja

Aktivitas utama di sini tentu saja foto-foto, lari-lari, menikmati hamparan pasir halus yang langka, dan kalau mau bisa sandboarding.

Fasilitas utama berupa tempat parkir, warung tempat makan, dan toilet.

Kami membeli beberapa minuman di sini, termasuk beli dugan satu buah seharga 15 ribu rupiah. Cukup mahal ya hehehe.

Kalau di Lampung, harga dugan cuma 7-8 ribu rupiah per buah.

Transportasi Menuju Gumuk Pasir Jogja


Kami memilih sewa motor di Jogja untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis dan sekitarnya, biar lebih fleksibel.

Namun, buat kalian yang tidak membawa kendaraan pribadi dan gak mau sewa kendaraan di sini, pengin naik angkutan umum saja, ada kok bis jurusan Terminal Giwangan ke Gumuk Pasir Jojga hingga Pantai Parangtritis.

So, gak perlu khawatir kalau mau liburan ke Parangtritis tapi gak bawa kendaraan pribadi, angkutan umum dari Terminal Jogja siap mengantar kalian sampai ke Terminal Pantai Parangtritis.

Tinggal jalan sebentar, sampai deh ke pantai, atau mampir dulu ke Gumuk Pasir.

Penginapan di sekitar Gumuk Pasir Jogja


Banyak banget kamar yang disewakan berupa losmen di kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya, termasuk di sekitar Gumuk Pasir Parangtritis Jogja.

Tarif penginapan pun terbilang murah, dari harga 30 ribuan sampai 100 ribuan ada, tentu terjangkau banget buat para backpacker.

Sebelum main ke Parangtritis, saya belum tahu kalau di sini banyak losmen.

Begitu lewat daerah sini, barulah saya tahu ternyata di pinggir jalan pun berjejer tulisan Losmen dan Kamar Disewakan buat para wisatawan.

Untuk urusan hotel dan penginapan, gak perlu khawatir deh kalau ke sini.

Waktu Terbaik Mengunjungi Gumuk Pasir Jogja


gambar hamparan pasir gumuk pasir jogja
gambar hamparan pasir gumuk pasir jogja

Jika ingin ke sini, sore hari adalah waktu paling pas atau pagi hari sekalian sebelum panas terik.

Pasir yang terkena sinar matahari kurang ramah di kaki, karena panas, saat ke sini saat matahari sedang terik-teriknya.

Berkunjung ke sini sore hari tentu lebih asyik, bisa sekalian menikmati sunset di Pantai Parangkusumo atau di Pantai Parangtritis.

Tempat Wisata Lain di Sekitar Gumuk Pasir Jogja


Di kawasan wisata ini masih banyak tempat wisata cantik lain yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Pantai Parangtritis Jogja.
  2. Pantai Parangkusumo Jogja.
  3. Pantai Barchan.
  4. Pantai Cemara Sewu.
  5. Pantai Pelangi.
  6. Pantai Depok.
  7. Air Terjun Parangtritis.
  8. Pantai Parangendog.
  9. Bukit Paralayang Watugupit.
  10. Goa Branjang.
  11. dan masih banyak lagi.

Jangan lewatkan juga untuk berkunjung ke kebun buah mangunan dan sekitarnya, termasuk Puncak Becici yang kami kunjungi selepas dari Pantai Parangtritis.

Nah, demikian informasi mengenai Rute Lokasi dan Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangtritis Jogja, Wisata Cantik Dekat Parangkusumo.

Lihat juga: Foto-foto di Gumuk Pasir Jogja.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post