Thursday, August 9, 2018

Taman Merdeka, Tempat Wisata di Metro Lampung Buat Nongkrong Bareng Keluarga

author photo
jumanto.com - Kedua kalinya mampir ke Taman Merdeka Metro Lampung, dan kali ini sudah banyak perubahan yang saya jumpai dari tempat wisata di pusat kota yang dekat Masjid At Taqwa ini. Dengan lokasi yang sangat strategis, tidak jauh juga dari Taman Palem Indah, tempat ini asyik banget buat dijadikan tempat nongkrong karena lokasinya memang persis ada di pinggir jalan raya.

Meskipun ada di pusat kota, suasana rindang dan hijau tetap nampak dari Taman Merdeka Kota Metro Lampung ini.

Siapa pun yang berkunjung ke taman ini saya yakin akan betah berlama-lama duduk-duduk sambil menggelar tikar, apalagi ngobrol sama pacar #eaaaaaaa

Gak cuma asyik buat dijadikan tempat nongkrong, tempat ini juga cocok banget dijadikan obyek wisata keluarga di Metro Lampung.

Dengan segala fasilitas yang ada, yang menurut saya "anak-anak" banget, suatu keharusan banget deh buat mampir ke sini kalau kalian lagi jalan-jalan ke Kota Metro membawa anak kecil.

Begitu sampai ke lokasi taman, kalian akan menyaksikan si kecil bakalan langsung riang melihat rumput hijau dan bangku-bangku taman serta aneka mainan yang ada.

Tak cuma itu, Taman Merdeka Metro Lampung juga pas buat kalian yang mau nyari tempat wisata kuliner di Metro sekalian nongkrong, meskipun kuliner di sini tentu terbilang standar, bukan kuliner ngehits ala-ala anak muda yang hobi makan di cafe atau resto unik.

foto taman merdeka metro lampung

Alamat dan Lokasi Taman Merdeka Metro Lampung


Alamat Taman Merdeka Kota Metro berada di Jalan AH Nasution, Imopuro, Metro Pusat, Kota Metro, Provinsi Lampung, Indonesia.

Lokasi Taman Merdeka Metro Lampung persis ada di depan rumah dinas Walikota Metro, rumah dinas Wakil Walikota Metro, dan kantor Inspektorat Kota Metro.

Di sebelah taman juga berdiri dengan megah Masjid Taqwa Metro sehingga memudahkan pengunjung taman yang mau beribadah saat adzan berkumandang.

Sayangnya, toilet di Masjid Taqwa saya lihat kurang bersih, kurang terawat.

Oh ya, soal lokasi Taman Merdeka Metro, lokasinya berada di jalur utama jalan kota metro atau jalan protokol dan kalau lewat kota Metro pasti kalian bakal melewatinya.

Jika masih kesulitan juga menemukan dimana Taman Merdeka Metro berada, bisa buka peta Google Maps dan cari rute terbaik dari lokasi kalian.

Harga Tiket Masuk Taman Merdeka Metro


Sebagai salah satu ruang terbuka hijau dan "alun-alun" kota Metro, tempat wisata yang satu ini saya bilang sangat murah, kalau cuma mau nongkrong doang untuk menikmati suasana malam mingguan atau olah raga di hari Minggu pagi.

Biaya masuk Taman Merdeka Metro gratis.

Masyarakat bebas untuk datang ke Taman Merdeka tanpa harus membayar harga masuk atau HTM.

Yang penting jaga kebersihan saja ya.

Karena kalau saya perhatikan, banyak pengunjung Taman Merdeka yang kurang peduli dengan kebersihan dengan membuang plastik sisa makanan sembarangan, tidak di tong sampah.

Plastik banyak berserakan di areal taman dan ini bener-bener bikin miris.

Meskipun biaya tiket masuk gratis, untuk kalian yang membawa kendaraan, ada biaya parkir yang harus kalian bayar


Entah parkir resmi atau parkir liar, seperti kebanyakan parkir liar yang ada di Lampung, yang jelas tiap saya ke Taman Merdeka Kota Metro, saya selalu ditarik biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk motor.

Saya gak tahu apakah uang parkir ini masuk ke kas Pemda atau masuk ke kantong pribadi tukang parkir dan mungkin juga setor ke kantong pribadi pejabat kota Metro.

Soalnya gak ada tiket retribusi, jadi gak jelas pengelolaannya.

gambar taman merdeka metro lampung

Wahana dan Fasilitas Taman Kota Metro: Tempat Bermain Anak


Taman Merdeka Kota Metro Lampung makin menarik buat dikunjungi terutama bagi anak-anak kecil.

Saat mengajak Alya bermain ke taman di Metro ini, Alya langsung tertarik sama odong-odong yang dulu pernah dinaiki saat main ke sini juga.

tempat bermain anak kota metro lampung
main motor aki di taman merdeka

Gak cuma itu, di Taman Merdeka Metro juga ada sepeda motor mini dengan bahan bakar aki, mobil-mobilan aki, dan motor trail aki, yang disewakan dengan tarif 20 ribu untuk 5 kali putaran.

Alya pun langsung minta naik ini dan terlihat bener senengnya dia main motor mini ini. Cukup aman kok buat anak kecil, karena motornya jalan cuma kalau diinjak pedal gasnya saja, jalannya juga pelan.

Taman Merdeka Kota Metro memang pas banget buat tempat bermain anak, terutama saat sore hari.

Selain beberapa permainan anak, kita juga bakalan menjumpai bangku-bangku taman disediakan di sini, asyik buat ngobrol-ngobrol, dengan suasana rindangnya.

fasilitas taman merdeka kota metro

Untuk toilet, selain toilet di Masjid Taqwa, di kompleks taman juga tersedia toilet bawah tanah dengan pintu masuk berupa gajah.

Kuliner di Taman Merdeka Kota Metro


Dan asyiknya nongkrong di Taman Merdeka, banyak penjual makanan yang ada di taman ini.

Di pinggiran taman, berjejer penjual makanan dan minuman, tinggal pilih deh mau makan apa.

Mau makan bakso, ada. Mau makan mie ayam, ada. Nasi goreng, mie goreng, siomay, dan menu makanan lainnya, ada.

kuliner taman merdeka metro

Secara umum, menu kuliner yang ada di Taman Merdeka adalah menu makananan ala kaki lima.

Selain makanan, dijajakan juga aneka minuman seperti es dawet favorit saya, teh Thai yang lagi ngehits, es kepal milo, atau sekedar air mineral saja.

Alhasil, salah satu tempat nongkrong di kota Metro yang bisa kalian pilih adalah Taman Merdeka ini.

Untuk jam bukanya, sepertinya tempat ini buka selama 24 jam.

Nah, gimana, tertarik mengajak anak ke Taman Merdeka Kota Metro Lampung? Jangan lupa, mampir juga ke: Bengkel Perut D'Sawah Metro Lampung.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post