Tuesday, August 21, 2018

author photo
jumanto.com - Setelah naik damri dari Bandara ke Stasiun Gambir, nitip barang di loker room stasiun Gambir, lalu makan malam di tempat makan yang ada di Stasiun Gambir, kami pun kemudian cetak tiket kereta api di Stasiun Gambir. Tiket kereta api atau boarding pass ini harus kita cetak sendiri sebelum kita masuk ke ruang tunggu dan naik kereta api.

Pada perjalanan mudik Lampung - Purbalingga ini kami naik kereta api Taksaka Malam, dengan jam keberangkatan pukul 20.45 WIB dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Purwokerto Jawa Tengah.

Saat ini memang belum ada kereta api yang melintasi Purbalingga, jadi mau gak mau kami harus turun di Stasiun Purwokerto.

Dari Stasiun Purwokerto menuju Pelumutan Kemangkon Purbalingga, rumah orang tua saya, kami naik GoCar, taksi online yang ada di Purwokerto.

Dulu, ada kereta api melitasi Purbalingga, dan relnya sebenarnya sampai saat ini masih ada, melintasi irigasi di dekat SMP N 1 Kemangkon, SMP saya dulu.

Namun, sudah lama jalur kereta api ini gak dipakai.

Konon, ada wacana mau menghidupkan lagi kereta api tujuan Purwokerto Wonosobo via Purbalingga, apalagi sebentar lagi bakalan ada bandara komersial di Purbalingga, Bandara Jenderal Soedirman.

Nah, kalau sudah ada kereta api Purwokerto - Purbalingga - Banjarnegara - Wonsobo, tentunya makin mudah transportasi antar kota di wilayah ini.

Belum lama ini juga sudah beroperasi BRT atau Bus Rapid Transit Purwokerto Purbalingga dengan tarif yang terjangkau banget.

Cara Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun Gambir


Kembali lagi ke soal cetak tiket kereta api atau boarding pass kereta di Stasiun Gambir, sama seperti di Stasiun Senen, Stasiun Purwokerto, Stasiun Jogja, dan stasiun lainnya, ada sebuah mesin check in counter tempat kita bisa mencetak boarding pass secara mandiri.

Jadi tidak usah bingung saat mau cetak tiket kereta api dimana, cukup ke mesin check in counter dan bawa kode booking tiket kereta api, kita bisa cetak tiket di sini.

Saat kita membeli tiket kereta api di Indomaret maupun di Alfamart pun, kita mesti cetak boarding pas di stasiun keberangkatan.

Cara cetak tiket kereta api traveloka pun sama, masukkan kode booking di mesin ini, nanti akan keluar nama, dan tinggal kita cetak.

Stasiun penukaran tiket kereta online ada di tiap stasiun keberangkatan.

cetak tiket kereta api di stasiun gambir
lokasi mesin cetak tiket mandiri di stasiun Gambir

Lokasi cetak tiket mandiri di Stasiun Gambir ada di lantai 1


Saat masuk ke stasiun, kita akan melihat kerumunan orang yang sedang mengantri, lalu ada tulisan Check-In Counter, tepat di lantai 1 sebelum pintu masuk ruang tunggu.

Di sinilah lokasi tempat pencetakan tiket kereta api yang ada di stasiun Gambir.

Setelah mengambil barang di loker room, kami pun langsung menuju tempat cetak tiket kereta ini, lalu cetak boarding pass setelah mengantri sebentar.

Di Stasiun Gambir, ada mesin check in counter (CIC) umum dan juga prioritas


Saat mencetak boarding pas di CIC Stasiun Gambir, ada dua pilihan, yaitu CIC untuk umum dan CIC Prioritas.

CIC Prioritas diperuntukkan bagi kalian yang mau check in 30 menit sebelum keberangkatan atau kurang dari 30 menit.

Batas waktu cetak tiket kereta api adalah dari 7 x 24 jam sebelum keberangkatan. Cetak tiket kereta api paling lambat dilakukan 10 menit sebelum keberangkatan kereta api


Sebelum 7 hari dari waktu keberangkatan, kita tidak bisa cetak tiket atau boarding pass, namun untuk pemesanan tiket tetap berlaku ketentuan H-90.

Sementara itu, batas waktu terakhir cetak tiket kereta api adalah 10 menit sebelum keberangkatan, kurang dari 10 menit maka tiket kereta dianggap hangus.

So, jangan sampai telat check in di mesin check in counter ya.

Cetak boarding pass kereta di stasiun lain tidak bisa dilakukan


Cetak boarding pass kereta api hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan. Jika berangkat dari Stasiun Gambir, maka boarding pass hanya bisa dicetak di Stasiun Gambir.

Demikian juga jika berangkat dari Stasiun Jatinegara, boarding pass hanya bisa dicetak di Stasiun Jatinegara mengikuti batas waktu cetak tiket kereta api online di atas.

Langkah-langkah panduan cara cetak tiket kereta api Traveloka, Indomaret, Alfamart, dll di mesin check in mandiri


Cara cetak boarding pass di mesin CIC sangat mudah:

  1. kunjungi mesin CIC di stasiun keberangkatan.
  2. di layar akan tertera kolom untuk memsukkan kode booking.
  3. Masukkan kode booking di kolom tersebut, perhatikan besar kecil huruf dan penggunaan angka.
  4. Klik search atau cari.
  5. Akan muncul nama-nama penumpang. Centang yang mau dicetak.
  6. Cetak, boarding pass pun akan keluar dari mesin.
 
cara cetak boarding pas kereta mandiri
Boarding pass kereta cetakan dari mesin cic mandiri

Mudah banget bukan?


Simpan boarding pass tersebut dan gunakan saat mau masuk ke ruang tunggu, sambil membawa kartu identitas yang nomornya tertera di boarding pass.

Nah, itu dia pengalaman saya saat Cetak Tiket Kereta Api di Stasiun Gambir serta info lokasi mesin tiket mandiri, batas waktu terakhir, dan tutorial cetak boarding pass. Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Api di Alfamart.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post