Saturday, May 26, 2018

Pengalaman: Penipuan Di Shopee, Jenis, Ciri-ciri, Modus Seller Nakal

author photo
jumanto.com - Ada beberapa jenis penipuan di shopee yang harus kita waspadai, meskipun belanja di shopee saya yakin aman, asal tahu cara belanja aman di Shopee. Pengalaman beberapa kali belanja di shopee, dapat juga seller penipu, dengan modus dan ciri-ciri yang akan saya tuliskan di artikel ini. Barang yang saya beli bukan black market, tapi barang non fisik, dan bukan pengalaman penipuan undian hadiah shopee yang biasanya banyak beredar lewat SMS.

Kasus penipuan di Shopee memang cukup beragam, dan tulisan saya kali ini ingin mengingatkan saja bahwa seaman apa pun toko online atau marketplace, tetap masih ada celah yang akan dimanfaatkan oleh penipu.

Termasuk pengalaman saya saat belanja membeli token listrik murah di Shopee, akhirnya saya dapat seller penipu juga akibat kekurang telitian saya saat memesan barang di shopee.
Baca: Cara Beli Token Listrik Murah di Shopee.
Akhirnya, saya pun kena penipuan, tapi alhamdulillah, berkat pengalaman selama belanja online di Shopee, uang saya aman dan sekarang sudah masuk ke akun Shopee Pay saya, belum saya tarik dananya ke rekening.

Jika ditanya, amankah belanja di Shopee? Jawaban saya, aman-aman saja kok, karena dana yang kita transfer masuk ke rekening Shopee dulu, setelah kita konfirmasi bahwa pesanan sudah diterima, barulah uang ditransfer dari rekening Shopee ke rekening seller.

Modus Penipuan di Shopee yang Saya Alami dari Pengalaman Saya


Apakah di shopee banyak penipuan? Nah, susah juga nih njawabnya, tapi pengalaman saya, saya sudah punya dua kali pengalaman penipuan selama berbelanja di Shopee.

Modus penipuan yang pertama, setelah keluar tagihan, lalu saya bayar tagihan pesanan barang saya, eh tiba-tiba seller minta ditransfer ke rekening dia biaya ongkos kirimnya.

Nah, mana saya mau lah, saya hanya mau bertransaksi sama shopee, tidak lewat rekening pribadi, dan tagihan yang terbit kan sudah final tidak ada biaya tambahan lagi, jadi jangan mau kalau ada seller yang nakal seperti ini, minta ongkos kirim dan transfer ke rekening seller.

Jika ada seller kayak gini, langsung saja ajukan pengembalian dana, dan laporkan penipuan kepada call center shopee.
Selengkapnya, baca pengalaman saya: Apakah Shopee Gratis Ongkir dan Aman?
Modus penipuan di shopee yang kedua, ini kejadian kemarin, belum lama, saat saya beli pulsa listrik murah di shopee,

Setelah pesanan token listrik saya bayar, lalu saya kirimkan nomor meteran/ID PLN lewat Chat ke seller, seperti biasanya, lalu si seller pun mengirimkan TOKEN LISTRIK PALSU.

Kenapa saya bilang token listrik palsu?


Setelah saya coba masukkan token listrik tersebut, ternyata token listrik GAGAL, tertulis di meteran, dan berkali-kali saya coba tetap GAGAL.

Nomor token yang saya masukkan sudah benar, tapi selalu GAGAL, berarti token listriknya salah, maka saya pun chat lagi sama si seller, dan seller pun menjawab:
Setelah ada konfirmasi nya baru bisa digunakan
penipuan di shopee
penipuan di shopee

Dari jawaban seller saya sudah tahu, kalau ini adalah penipuan. Mengapa?

Seperti telah saya sebutkan di atas, selama kita belum konfirmasi pesanan sudah diterima, maka dana masih ada di rekening shopee, sampai batas waktu yang telah ditentukan Shopee.

Saat kita klik "Konfirmasi Pesanan Diterima", maka dana pun akan ditransfer dari Shopee ke rekening Seller.

Nah, inilah kunci aman berbelanja di Shopee.


Jika kita menerima barang dalam kondisi cacat, atau tidak sesuai pesanan, atau barang palsu, black market, dan sebagainya, JANGAN PERNAH KONFIRMASI PESANAN SUDAH DITERIMA agar kita bisa menukar barang, mengembalikan barang, atau cancel pesanan dan mengajukan pengembalian dana.

Selama kita belum Konfirmasi Pesanan Sudah Diterima, maka kita masih bisa membatalkan pesanan dan mengajukan pengembalian dana, sehingga uang kita selama berbelanja di shopee tetap aman.

Setelah saya tahu kalau ini seller nakal, seller penipu di Shopee, saya pun langsung klik tombol Pembatalan Pesanan di Shopee, dan langsung saya Chat Call Center Shopee/Customer Service agar proses Pembatalan Pesanan Saya diproses dan melaporkan juga penipuan yang saya alami.

Tidak lama dari itu, akun Seller ternyata sudah diblokir oleh Shopee.

CS Shopee pun bilang, kalau langkah saya mengajukan cancel pesanan Shopee sudah benar, karena si seller memang penipu.

Lalu, karena seller sudah non aktif, proses pembatalan pesanan di shopee saya pun butuh waktu cukup lama, 3 hari dari waktu saya mengajukan pembatalan pesanan.

Nah, jika kalian membeli pulsa di Shopee dan mengalami jenis penipuan di Shopee seperti yang saya alami ini, langsung saja cancel pesanan jika berkali-kali memasukkan nomor token listrik tapi gagal.

Jangan pernah konfirmasi pesanan sudah diterima jika nomor token salah.

Ciri-ciri Penipuan di Shopee


Berdasarkan pengalaman penipuan di shopee ini, saya dapat pelajaran berharga, ada beberapa tanda-tanda seller penipu di shopee yang harus kita waspadai:
  • Harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan dengan seller lain. Saya lihat, harga token listrik yang ditawarkan indomaret.center (seller token listrik penipu yang menipu saya), jauh lebih murah dibandingkan seller lain. Token listrik 200 ribu harganya cuma 182.000. Biasanya paling murah 194.000 atau 195.000.
  • Seller baru beberapa jam/hari, belum ada rating, barang yang dijual sedikit. Tidak semua seller baru penipu, tapi untuk hati-hati, lihatlah dulu profil seller, sudah berapa lama dia berbelanja, apa saja yang dijual, lihat riwayat chat, dan ulasan review dari pembeli.
  • Isi chatnya menipu. Seperti pengalaman penipuan di shopee saya di atas, seller bilang Token akan otomatis diproses setelah saya konfirmasi pesanan diterima, nah ini sama sekali gak masuk di akal dan menipu.
Itulah beberapa ciri-ciri penipuan di shopee yang saya jumpai.

Oh ya, sampai saat ini saya lihat masih gentayangan juga token listrik dengan harga tidak wajar di shopee dari seller baru dan kecurigaan saya, seller shopee tersebut adalah penipu dan mungkin orang yang sama, jadi hati-hati, karena mereka bisa saja langsung membuat akun baru setelah akun lama diblokir.

Cara Melaporkan Penipuan di Shopee


Untuk melaporkan kasus penipuan di shopee, kita bisa menghubungi customer sevice atau chat dengan cs shopee lewat aplikasi Shopee di Android.

Chat dengan CS Shopee dilayani dari pagi sampai sore, di luar itu akan dibalas lewat email, dan gak masalah juga menghubungi call center shopee via email.

Selain melaporkan lewat CS, bisa juga klik nama seller, lalu klik laporkan pengguna untuk melaporkan penipuan di shopee yang dilakukan seller penipu.

Intinya, jangan pernah bertransaksi dengan seller shopee di luar prosedur shopee, atau transaksi transfer langsung ke rekening seller.

Termasuk jika kita mendapatkan penipuan di shopee black market, harus kita laporkan juga kepada Shopee.

Untuk penipuan undian shopee atau penipuan hadiah shopee yang biasanya dikirimkan lewat SMS, kita bisa melaporkan penipuan ini kepada operator masing-masing atau polisi online.

Untuk kartu 3, silakan baca cara melaporkan SMS penipuan dari kartu 3.

Call Center Shopee


Jika ingin melaporkan daftar seller online shop penipu di shopee lewat telepon, kita bisa menghubungi nomor telepon 1500702 dan 021-39500300, yang bisa dihubungi 24 jam dari Senin sampai Minggu.

Kita juga bisa berkirim email ke support@shopee.co.id

Kesimpulan


Tidak hanya penipuan online shop di instagram atau facebook, ada juga seller penipu di shopee. Oleh karena itu, penting untuk mengetuhi jenis penipuan di shopee, ciri-ciri penipuan di shopee, dan juga cara melaporkan penipuan di shopee.

Untuk keamanan belanja di shopee, jangan pernah Konfirmasi Pesanan sudah diterima jika barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan, atau barang palsu, atau barang black market.

Nah, kiranya itu saja sharing Pengalaman Penipuan di Shopee dari jumanto.com. Baca Juga: Cara Pengembalian Dana di Shopee yang Harus Kalian Tahu.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post