Friday, May 11, 2018

Keren Banget! Pasar 1000 Batoe, Wisata Baru di Lampung yang Kekinian Abissss

author photo
jumanto.com -  Eh, sudah pada denger nama Pasar 1000 Batoe belum? Beneran ada 1000 biji batu ya? Hehehe. Kalau dihitung satu-satu ada kali ya :D. BTW, lokasi Pasar 1000 Batoe Lampung di mana sih? Tiket masuknya berapa? Jalan menuju ke sana rutenya lewat mana? Ada apa aja di sana? Ada tempat kuliner atau tempat makannya gak? Foto-foto selfie di situ bagus gak?

Eits, satu-satu nanyanya ya gaes hehehe.

Buat kalian yang belum tahu keberadaan Pasar 1000 Batoe, pada kesempatan kali ini akan saya kasih tahu cerita piknik kami kemarin ke tempat wisata baru di Lampung ini sehabis mampir sejenak ke Rumah Strawberry dan Taman Kelinci Lampung.

Apa itu Pasar 1000 Batoe Lampung?


foto pasar 1000 batoe lampung

Pasar 1000 Batoe adalah destinasi wisata digital hasil kolaborasi apik antara Genpi Lampung dengan masyarakat di sekitar Taman Rusa Tahura Wan Abdul Rahman.

Bahkan, menurut Om Yopie, salah satu pengurus Genpi Lampung dan admin instagram @kelilinglampung_, masyarakat setempat malah sukarela menyumbangkan tenaga dan material untuk membangun Pasar 1000 Batoe, tanpa mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Kolaborasi apik Genpi Lampung dengan masyarakat lokal terbukti telah menghasilkan salah satu tempat wisata kekinian yang keberadannya patut untuk dipuji.

Pasar 1000 Batoe sendiri merupakan destinasi digital kedua yang dihasilkan oleh Genpi Lampung setelah Pasar Tahura yang sampai kini masih buka setiap hari Minggu.

Buat kalian yang penasaran seperti apa itu Pasar Tahura, silakan baca tulisan saya: Santap siang sejuk di Pasar Tahura Lampung.

Alamat dan Lokasi Pasar 1000 Batoe Lampung


gambar pasar 1000 batoe lampung

Salah satu kelebihan Pasar 1000 Batu dibandingkan dengan Pasar Tahura adalah lokasinya yang deket dengan pusat kota Bandar Lampung dan deket juga dengan tempat wisata lainnya macam Penangkaran Rusa Tahura WAR, Taman Kupu-kupu Lampung, Camp 91 Kedaung, dan Taman Kelinci Lampung.

Alamat Pasar 1000 Batoe Bandar Lampung sendiri berada di Jalan Wan Abdurrahman, Kelurahan Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia.

Lokasi Pasar 1000 Batoe berada persis di depan tempat wisata Penangkaran Rusa Tahura Wan Abdul Rahman.

Jadi, sekalian menikmati kuliner di pasar 1000Batoe, kalian juga bisa mengajak anak atau keluarga/temen ke taman rusa yang insatgramabel banget.

foto selfie di pasar 1000 batoe

Peta rute jalan menuju Pasar 1000 Batoe bisa kalian lihat lewat Google Maps, lokasinya sudah terdeteksi di sana.

Namun, buat panduan jalan, dari arah Kemiling, arahkan jalan menuju SMA 7 Bandar Lampung, sampai jalur dua habis, lalu ada jalan ke kanan, ikuti jalan raya ini, lalu ambil arah yang ke kiri, dan ambil jalan yang ke kiri, ikuti saja jalan raya, sampai ketemu tulisan Penangkaran Rusa di sebelah kiri dan sebelah kanan ada tulisan penunjuk arah menuju tempat parkir Pasar 1000 Batoe.

pintu masuk pasar 1000 batoe
pintu masuk pasar 1000 batoe

Gampang banget menemukan lokasi tempat wisata terbaru di Lampung ini.

Oh ya, belum ada angkutan umum menuju tempat wisata ini, jadi harus membawa kendaraan pribadi atau naik ojek/taksi online macam Gojek dan Grab.

Harga Tiket Masuk Pasar 1000 Batoe Bandar Lampung


Saat rekreasi jalan-jalan ke sini kemarin, kami belum dipungut biaya tiket masuk, alias masih gratis. Tapi, menurut penuturan Om Yopie, harga tiket masuk Pasar 1000 Batoe Lampung sebesar 3 ribu rupiah per orang, murah banget kan?

Selepas lebaran nanti, wacananya, harga tiket masuknya bakalan dijadikan satu dengan tiket masuk Penangkaran Rusa Tahura WAR, biar sekalian, habis dari Penangkaran Rusa, bisa main ke Pasar 1000 Batu.

Harga masuk tersebut belum termasuk biaya makan kalau menikmati kuliner di sini.

Hari dan Jam Buka Pasar 1000 Batoe Lampung


Minggu ini, Pasar 1000 Batu buka dari hari Kamis 10 Mei 2018 sampai hari Minggu 13 Mei 2018. dari pukul 9 pagi sampai 16.00 sore.

Nah, nanti, selepas lebaran, atau pas puasa, jam bukanya mungkin bakal ditentukan lagi.

Silakan pantengin terus instagram Pasar 1000 Batoe untuk menemukan update informasi hari dan jam bukanya.

Mau Makan? Tukar Dulu Dengan Uang Khusus di Pasar 1000 Batu


Jika di Little Seoul Bandung bayar makanan pakai kartu dan bayarnya pakai mata uang WON, di Floating market bayarnya pakai koin, di Pasar 1000 Batu Lampung ini bayarnya pakai uang khusus berbentuk pipih memanjang yang terbuat dari kayu.

uang pasar 1000 batoe
uang pasar 1000 batoe

Nominal uang khusus pasar digital di Lampung ini mulai dari 2.500, 5.000, dan 10.000.

Pertama kali masuk, kami nukar dulu uang 50.000 buat beli makanan di sini, dan ternyata masih kurang hehehe.

Nah, kalau kalian penasaran seperti apa rasanya beli makanan pakai uang dari kayu, silakan dateng ke Pasar 1000 Batoe ya selepas lebaran nanti atau besok Sabtu dan Minggu.

Fasilitas dan Wahana Pasar 1000 Batoe


Pasar 1000 Batoe berdiri di atas tanah seluas sekitar 1 hektar milik Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

Lokasinya sudah mendapat ijin dari pihak terkait sehingga tidak ada kendala soal penggunaan lahan dan tidak menyalahi aturan.

waroeng pasar 1000 batu
waroeng pasar 1000 batu

Fasilitas dan wahana yang ada di Pasar 1000 Batoe di antaranya:

  • tempat parkir luas.
  • mushola.
  • toilet.
  • tempat kuliner.
  • live music.
  • tempat foto-foto selfie.
  • tempat nongkrong.
  • menikmati suasana alam yang teduh dengan gemericik air di sisi tempat wisata.



Ke depan, tempat wisata ini bakalan rencananya bakalan dilengkapi dengan taman kelinci, taman organik, dan taman edukasi.

Menikmati Kuliner Pasar 1000 Batoe


Dari rumah, kami sengaja gak sarapan, biar pas bias makan siang di Pasar 1000 Batoe.

Karena belum sarapan, Alya minta pulang terus saat kami main ke Rumah Strawberry Lampung, akhirnya langsung saya ajak Alya main ke Pasar 1000 Batoe.

Begitu sampai di lokasi parkiran, kami langsung masuk ke dalam, membeli uang kayu, kemudian beli gorengan, teh botol, cilok, jus mangga, air mineral, soto, dan pecel.

Gorengan harganya 5 k dapat 3 biji, ini dia gorengan dan kue tradisional di Pasar 1000 Batoe yang saya beli:

jajanan pasar di pasar 1000 batu

Teh botol harganya 7,5 k. Jus mangga harganya 10 k. Air mineral harganya 5 k. Sedangkan cilok isi 3 tusuk, harganya 5 k saja.

Untuk makan beratnya, saya pesen pecel, dan rasanya enak. Cocok banget. Saingan deh sama pecel paling enak di Lampung langganan saya.

Harga pecelnya cuma 10 k sudah ada lontongnya, kenyang, dan pedasnya beneran. hahaha. Mantep deh pokoknya rasanya.

pecel pasar 1000 batoe
pecel pasar 1000 batoe

Sedangkan mama pesen soto ayam, rasanya juga enak, ada taburan kacang gorengnya yang membuat rasanya tambah gurih. Harganya juga cuma 10 k, lumayan murah kan?

Kue jajanan tradisional dan gorengan yang kami beli juga enak, worth it dengan harganya yang gak mahal.

menu pasar 1000 batoe
menu pasar 1000 batoe

Overall, selain harga makanan yang cukup murah, rasa makanannya pun enak, dan gak kapok deh kalau main ke sini.

Kapan-kapan jadi pengin main ke sini lagi, makan pecel dan sotonya yang enak dan jajanannya yang sehat, menggunakan gula aren asli bikinan penduduk setempat.

Di situ memang banyak pohon aren, beda dengan di seberangnya yang banyak pohon duren :D

Daya Tarik Pasar Digital 1000 Batu Lampung


Pemilihan lokasi pasar digital Lampung ini pas banget, suasananya benar-benar alami, di sisinya ada kali yang bersih, karena di atasnya gak ada perumahan, jadi airnya bener-bener alami.

Kalaupun warna airnya kecoklatan, itu coklat karena tanah habis hujan, daerah ini memang terkenal dengan curah hujan yang tinggi.

Tempat duduknya enak buat nongkrong, dilengkapi beberapa spot selfie, dan tentunya pohon bambu serta bebatuan besar yang ada di mana-mana membuat suasana Pasar 1000 Batoe asri banget, alami, gak berasa ada di dalam kota Bandar Lampung.

destinasi digital lampung
destinasi digital lampung

Beneran, tempat ini keren abis, asyik buat ngajakin keluarga menyepi sejenak dari hiruk pikuk kota.

Fasilitas standar dan penting banget menurut saya, toilet dan mushola, sudah tersedia dan cukup bersih, jadi nyaman buat muslim yang mau beribadah di sini saat waktu sholat tiba.

Pengelolanya juga baik banget. Saat kami ke sini, jaket kami tinggal di motor, dan tiba-tiba hujan deres sekitar 15 menit.

Kami sudah bilang, jaket pasti basah. Ternyata, sama petugas yang jaga di tempat parkir, jaket dan helm kami diamankan di gedung dekat parkir, sehingga aman, gak basah.

Nah, buat kalian yang belum mampir ke obyek wisata baru di Lampung ini, sempatkan sejenak rekreasi bersama keluarga ke Pasar 1000 Batoe ini, dan nikmati kuliner tradisional yang ada di sana. Selamat berkunjung ke Pasar 1000 Batoe Lampung, pasar digital persembahan dari Genpi dan penduduk lokal. Kunjungi juga: Bukit Sakura Kemiling.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post