Tuesday, May 15, 2018

author photo
jumanto.com - Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan. Membaca kata kata mutiara Islam bergambar, bisa membuat kita lebih bijak, sabar, dan bisa jadi kata indah tersebut lebih berkesan dibandingkan kata mutiara Mario Teguh. Banyak kata bijak yang menyentuh hati wanita, pria, tua, dan muda, sehingga menjadi obat penyejuk hati, meskipun kata-kata tersebut singkat, tapi cukup mengena.

Untuk kita yang sudah punya pasangan sah, bisa juga nih mengungkapkan kata mutiara cinta islami untuk kekasih halal kita, sehingga hubungan suami istri bisa lebih harmonis.

Wanita biasanya lebih sensitif, sehingga banyak artikel kata kata menyentuh hati wanita, sekali baca aja langsung mewek atau langsung merasa tersanjung :D

Kata bijak sabar banyak banget kita temukan dalam hadis Nabi dan kitab-kitab tasawuf para ulama salaf. Salah satu kitab bagus yang dipakai hingga sekarang adalah Kitab Al Hikam karangan Ibnu Athoillah.

Banyak hadis juga yang menyebutkan kata mutiara Islam tentang wanita, karena Islam memang sangat memuliakan wanita.

Alhasil, tak ada salahnya kita membaca berbagai kata mutiara islami tentang kehidupan, wanita, cinta, dan hal baik lainnya, karena itu bisa saja menjadi lantaran kita berpikir untuk berbuat lebih baik lagi ke depannya.

Kata-kata Mutiara Islami tentang Kehidupan, Hidup Ini Akan Lebih Indah Jika Kita Terapkan


gambar Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan
gambar Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan

Membaca kalimat bijak, kata-kata mutiara, bisa membawa perubahan baik pada diri kita, apalagi jika disertai penjelasan dari orang yang berilmu.

Itulah mengapa kitab Al Hikam banyak dipelajari dan disampaikan oleh ulama, karena isinya memang akan menjadikan orang yang mempelajari jadi introspeksi diri, lalu bertekad agar hidup ini jadi lebih baik dan lebih zuhud.

Kata-kata mutiara islami tentang kehidupan pun bisa menjadi salah satu wahana kita untuk merenung, bahwa kita ini masih banyak kekurangan dan perlu banyak memperbaiki diri.

Berikut ini beberapa kata mutiara islami tentang kehidupan yang cukup bagus untuk direnungkan

1. Kata kata bijak Islami tentang kehidupan: keselamatan manusia terletak pada penjagaan lisan ( سَلاَمَةُ الإِنْسَانِ فيِ حِفْظِ اللِّسَانِ )


Lisan adalah salah satu anggota tubuh yang paling harus dijaga, karena begitu salah sedikit saja, bisa jutaan manusia bisa menjadi korbannya.

Karena lisan seseorang, peperangan bisa terjadi.

Karena lisan seseorang, keributan antar kampung bahkan antar negara bisa terjadi.

Lidah seseorang sangat berbahaya, apalagi lidah seorang pemimpin atau lidah para tokoh. Satu kata salah, bisa membuat geger dan bisa membuat keributan.

Oleh karena itu hendaknya, orang yang menduduki suatu jabatan, bisa menjaga lisannya.

Kita pun demikian, sudah semestinya kita menjaga lisan, agar kita selamat, tidak dimusuhi orang, tidak membuat sakit hati orang.
Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Kiamat, Hendaklah ia berkata baik, atau diamlah
Tidak perlu kita mengumpat, mencela, menghina siapa pun, yang tidak kita suka, termasuk pemimpin yang ada sekarang.

Menghina dan mengumpat adalah perbuatan tercela.
Kecelakaan bagi setiap orang yang mengumpat dan menghina (QS Al Humazah Ayat 1)
Berkatalah yang baik, jika kita tidak bisa berkata baik, maka diam itu lebih baik.

Lidah ini tidak bertulang, sudah sewajarnya kita lebih kencang dalam menjaga lisan.

Mudah-mudahan kita terhindar menjadi orang yang senang terpeleset lidahnya, aamiin.

2. Kata kata bijak Islami untuk wanita: siapa yang mencintai sesuatu pastilah ia banyak menyebutnya ( من أحب شيأ اكثر ذكره )


Nah, ini berguna banget buat kalian para wanita yang sudah punya suami, cara ngetes apakah suami masih cinta sama kalian apa gak hehehe.

Kalau suami masih cinta, pasti sering menyebut nama kalian hehehe. Kalau yang disebut wanita lain, itu sinyal bahaya :D

Tapi sebenarnya gak hanya itu sih. Intinya, jika seseorang cinta sama sesuatu, pasti dia bakal suka menceritakan, diobrolin, menyebutnya sama siapa saja yang dia ajak ngobrol.

Misalkan seseorang cinta bola, kalau ketemu orang pasti suka ngobrolin bola.

Demikian juga seharusnya jika kita mengaku cinta sama Allah, sudah seharusnya kita banyak menyebut Allah dalah setiap hembusan nafas kita, tidak meninggalkan dzikir, habis sholat gak langsung kabur, dan banyak beribadah dan berkata baik.

Jika kita mengaku cinta Nabi, sudah selayaknya kita perbanyak baca sholawat, mendoakan keselamatan Nabi dan keluarga beliau, meskipun Nabi sudah dijamin selamat, tapi itu adalah perintah Allah dan Rasul agar kita bersholawat.
Jika kita cinta Allah dan RasulNya, sudah sepantasnya kita perbanyak "menyebut" Allah dan RasulNya

3. Kata mutiara islami penyejuk hati: lihat apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang berkata ( اُنْظُرْ مَا قَالَ وَلاَ تَنْظُرْ مَنْ قَالَ )


Terkadang, karena kebencian kita kepada seseorang, kita tidak bisa menerima ucapan dari orang tersebut, meskipun kata-katanya mungkin baik, dan menasihati kebaikan kepada kita.

Kebencian seseorang bisa menutup hati seseorang.

Oleh karena itu, biar hati ini lebih sejuk, renungkanlah kata mutiara islami tentang kehidupan tersebut. lihat apa yang dikatakan, jangan lihat siapa yang berkata.

Saat kita mencintai seseorang, jangan percaya bahwa setiap yang keluar darinya pasti baik. Begitu juga sebaliknya, saat kita tidak suka sama seseorang, jangan beranggapan bahwa setiap yang keluar darinya itu jelek sehingga kita tidak mau mendengarkan.

Bertindaklah secara obyektif terhadap perkataan seseorang, biar hati ini makin adem, gak suudzon terus.

4.  Kata kata bijak Islami singkat: Siapa yang sedikit jujurnya, sedikit juga temannya ( مَنْ قَلَّ صِدْقُهُ قَلَّ صَدِيْقُهُ )


Kata bijak motivasi Islam ini perlu direnungkan benar, bahwa kejujuran dalam bertindak itu sangat penting, demi kehidupan yang lebih sukses.

Kejujuran adalah salah satu ladang pembuka rejeki. Orang yang tidak jujur, rizkinya akan tertutup akibat tindakannya sendiri.

Kejujuran ini melingkupi semua aspek.

Mengapa Indonesia tidak bisa maju? Karena Indonesia miskin kejujuran, hasil dari penjajahan ratusan tahun yang belum bisa hilang hingga sekarang.

Kotak amal di masjid saja dicuri orang, apalagi uang di rumah, uang negara di kantor, dan harta lainnya.

Banyak umat Muslim di Indonesia yang kalau sudah hutang, tidak mau melunasi. Ini adalah krisis kejujuran yang sudah kronis.

Ketidakjujuran adalah pondasi kehancuran.

5. Kata mutiara kehidupan: siapa yang mencari teman tanpa cela, maka ia tidak akan pernah mendapatkan teman ( مَنْ طَلَبَ أَخًا بِلاَ عَيْبٍ بَقِيَ بِلاَ أَخٍ  )


Manusia ini adalah tempatnya salah dan lupa, sehingga setiap manusia pasti punya aib, punya kekurangan, punya masa lalu kelam, punya hal-hal yang memalukan jika dibuka aibnya.

Teman yang paling baik adalah yang bisa menjaga aib temannya, bukan yang pergi meninggalkannya saat mengetahui aibnya.

Mustahil manusia macam kita ini tidak punya dosa, tidak punya aib.

Oleh karena itu, hendaknya kita bisa merahasiakan aib teman/saudara kita, dan menjaga perasaannya. Kita pun juga punya aib, yang kalau orang tahu mungkin orang-orang tidak akan lagi mendekat sama kita jika mereka tahu.

Tapi, seandainya masing-masing orang merenungi, bahwa siapa yang mencari teman tanpa cela maka gak mungkin dia akan mendapatkan teman, karena tiap orang punya aib, saya yakin kita akan hidup tenang bersama teman kita, saling melengkapi, dan saling menasihati dalam hal kebaikan.

Nah, itulah 5 Kata Mutiara Islami tentang Kehidupan yang Bagus Banget Buat Direnungkan. Mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga: Cara Niat Puasa Ramadhan yang Benar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post