Tuesday, May 1, 2018

Gaji Guru Honorer Swasta yang Bikin Nlongso

author photo
jumanto.com - Alhamdulillah saya merasa bersyukur banget dengan gaji PNS yang saya terima selama ini, tak peduli gaji PNS lain lebih besar dari saya. Apalagi saya punya gaji dari Google Adsense. Saya merasa lebih bersyukur lagi setelah melihat ada foto gaji guru honorer swasta yang besarannya bener-bener bikin hati miris. Bayangkan, gaji cuma 35 ribu rupiah per bulan? Dapat apa dengan uang segitu? Buat saya, sehari saja gak cukup.

Persoalan gaji guru honorer memang belum bisa terselesaikan sampai dengan saat ini.

Ketimpangan antara gaji gur honorer dengan gaji guru PNS, meskipun dengan beban kerja yang sama, menjadi persoalan tersendiri.

Persoalan persebaran guru PNS pun bener-bener akut. Guru PNS lebih banyak bertumpuk di kota, sementara di daerah terpencil, banyak guru PNS yang tidak mau menjangkau.

Saya sendiri punya istri yang pernah jadi guru honorer di sekolah swasta, dengan gaji yang memang terbilang kecil, tapi gak setragis gaji guru honorer yang beredar di facebook ini.

Entah benar atau entah cuma foto editan, yang jelas, seandainya benar-benar ada sekolah yang memberikan gaji cuma 35 ribu rupiah per bulan, sebenarnya itu menjadi PR kita bersama.

Ketimpangan gaji seorang guru memang kentara sekali, antara penghasilan seorang guru PNS dibandingkan dengan seorang guru swasta di madrasah-madrasah dan sekolah swasta yang keuangannya belum mapan.

Jangan bandingkan dengan sekolah modern, atau sekolah Islam Terpadu yang biasanya siswanya berasal dari orang berada, sekolah swasta di kampung-kampung biasanya memiliki kemampuan keuangan yang kurang.

Selain siswanya memang berasal dari masyarakat kampung dengan kemampuan ekonomi terbatas, yayasan sebagai pengelola sekolah juga belum bisa mencari sumber pembiayaan lain selain mengandalkan bantuan pemerintah.

Di saat gaji guru PNS berjuta-juta per bulannya, bahkan bagi guru PNS yang sudah bersertifikasi bisa mengantongi gaji yang sedemikian besar, gaji guru honorer swasta yayasan harus "nrimo" dengan gajinya yang hanya puluhan ribu hingga beberapa ratus ribu per bulannya.

Saya doakan mudah-mudahan gaji yang hanya puluhan ribu itu berkah, dan memicu rizki lain yang tidak disangka-sangka karena keikhlasan mereka mencerdaskan kehidupan bangsa. Merekalah sejatinya pahlawan tanpa tanda jasa.

Gaji Guru Honorer Swasta 35 Ribu Rupiah Per Bulan


Beberapa kali muncul di beranda facebook saya, foto gaji guru honorer swasta ini bener-bener bikin saya trenyuh dan bener-bener bikin saya bersyukur tiada tara atas rizki yang saya terima saat ini.

gaji guru honorer swasta

Honor guru ini selama satu bulan sama besarnya dengan Uang Makan PNS 2018/2019 satu hari, amat jauh dengan gaji yang diterima PNS per bulan.
Baca juga: Gaji PNS Lampung
Saya berharap foto di atas hanya foto hoax, bukan fakta, karena kalau bener-bener terjadi, duh, miris amat hati ini melihatnya.

Entah siapa yang pertama kali share foto ini, saya kurang tahu. Seandainya foto di atas riil benar-benar ada, mudah-mudahan bukan karena pelitnya sekolah memberikan honor kepada guru honorer.

Pemerintah yang melihat foto ini, mudah-mudahan lebih melek juga dan memantau SD, SMP, SMA, MI, MTS, atau MA dan SMK, apakah masih ada sekolah yang sedemikian tragisnya memberikan gaji kepada para gurunya.

Untuk menutup uang bensin saja selama satu bulan saya yakin tidak bakalan cukup.

Dan kepada guru yang menerima honor sebesar ini, Insya Allah surga menanti Anda selama Anda ikhlas memberikan ilmu, karena ilmu yang Anda ajarkan akan menjadi amal jariyah yang tak akan terputus meskipun Anda sudah meninggalkan dunia ini.

Buat pembaca jumanto.com, saya yakin kalian pun gak akan rela melihat guru menerima gaji sedemikian tragisnya.

Masih ada gaji guru honorer swasta yang setragis ini di daerah kalian?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post