Monday, May 14, 2018

author photo
jumanto.com - Bacaan doa sholat tarawih arab dan artinya dalam berbagai versi. Doa sholat tarawih ada yang panjang ada yang pendek, dan beberapa redaksi memang sudah disampaikan oleh para ulama, para habaib, para kyai, para ustadz. Doa sholat tarawih biasanya disampaikan lengkap dengan doa sholat witir. Namanya juga doa, jadi jangan terprovokasi jika ada saudara kita yang nanya doa setelah sholat tarawih dan witir sesuai sunnah, seolah-olah doa yang disampaikan para habaib itu akan menjerumuskan kita ke neraka, alasannya klasik, karena bid'ah, tidak dilakukan Rasul.

Buat kalian yang ingin mengamalkan doa sholat tarawih arab dan artinya ini, silakan, tapi bagi kalian yang berpendapat harus menggunakan doa sholat tarawih sesuai sunnah, sesuai dengan yang Nabi lakukan, harus sama persis, tidak boleh ditambah dan dikurangi, silakan amalkan yang yang kalian yakini.

Tidak ada paksaan dalam agama.

Saya yakin bahwa dengan mengikuti Ulama, itu adalah jalan terbaik dalam beragama, karena Ulama adalah pewaris para Nabi, sedangkan orang awam macam saya hanya bisa taklid, karena Bahasa Arab aja buta apalagi disuruh menafsirkan dalil.

Orang yang gak tahu jalan ya tinggal ikuti orang yang tahu jalan, selesai, slamet.

Bacaan Doa Sholat Tarawih Arab dan Artinya (Versi Latin tidak Saya Sertakan)


Doa sholat tarawih yang sudah diamalkan oleh ulama, habaib, kyai, dan ustadz di tanah air memang beragam dan menggunakan berbagai macam redaksi.

Bacaan doa sholat tarawih arab yang paling banyak diamalkan adalah doa kamilin, yang redaksinya pun terkadang beda sedikit antara satu guru dengan guru lain.

1. Doa Kamilin, doa sholat tarawih pendek yang biasa diamalkan


Doa sholat tarawih yang pertama adalah doa kamilin, yang saya yakin sudah sering kalian dengar tiap tahunnya saat bulan Ramadhan, selesai melaksanakan sholat tarawih.

Doa sesudah sholat tarawih ini memang banyak diamalkan masyarakat Indonesia.

Doa setelah sholat tarawih yang dikenal dengan doa Kamilin ini redaksinya disebutkan di dalam kitab Maslakul Akhyar karya dari Sayyid Utsman bin Yahya (Habib Utsman bin Yahya), ulama asal Betawi tahun 1800an yang sudah melahirkan banyak kitab.

Berikut ini doa shalat tarawih yang ada di kitab tersebut (Sebelum berdoa, jangan lupa baca hamdalah dan sholawat):

doa sholat tarawih arab dan artinya
gambar doa sholat tarawih

Arti dari doa setelah selesai sholat tarwih tersebut kurang lebih:
Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban- kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat , yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Doa sholat tarawih dan artinya di atas mudah-mudahan bisa dihafalkan oleh kita yang mau mengamalkan.

Bisa karena biasa. Kalau sering kita lafadzkan, insya Allah tidak susah untuk menghafalnya.

Oh ya, sedikit saja biografi dari pengarang kitab Maslakul Akhyar, Habib Usman bin Abdullah Bin Yahy.


Ulama yang berasal dari Betawai ini dilahirkan di daerah Pekojan, Jakarta, pada tanggal 17 Rabiul Awal 1238 H (1822 M).

Beliau merupakan putra dari Habib Abdullah bin Agil bin Umar Bin Yahya, dan dari seorang ibu bernama Asy-Syaikhah Aminah binti Abdurrahman Al-Mishri.

Di usia yag ketiga tahun, saat ayah beliau kembali ke kota Mekah, beliau diasuh oleh kakek beliau yang bernama Abdurrahman al-Misri.

Kakek beliau lah yang banyak mengajarkan dasar-dasar agama, ilmu bahasa Arab serta ilmu falak/perbintangan.

Sekitar tahun 1848 M beliau berangkat ke Hadramaut Yaman untuk menuntut ilmu agama lebih matang lagi, sebagaimana kebiasaan habaib di Indonesia saat ini.

Beberapa guru beliau di antaranya ada Habib Abdullah bin Umar Bin Yahya, Habib Abdullah bin Husin Bin Thahir, Habib Hasan bin Sholeh Al-Bahar, dan Habib Alwi bin Saggaf Al-Jufri.

Beliau tidak hanya belajar di Hadramaut, tapi juga ke Mesir, Tunisia, Aljazair, dan kota-kota ilmu lainnya untuk mendapatkan ilmu dari berbagai guru sehingga makin luas ilmu beliau.

Beberapa kitab karangan beliau di antaranya ada: Al Qawaninus Syar’iyah lil Mahkamah wal Iftaiyah, Iqazhuniyan fimaa yat ‘alqu bilahillah was Shiya, Zharul Basim fi Athwar Abil Qasim, I’anatut Mustarsyidin, Kitab Sifat Duapuluh, dan masih banyak lainnya.

2. Bacaan doa sholat tarawih arab yang disampaikan oleh Al Habib Zein Bin Sumaith



Selain doa kamilin, doa yang dibaca setelah sholat tarawih versi lainnya yaitu:

بسم الله الرحمن الرحيم ، الحمد لله رب العالمين ، اللـهم صلِّ وسلم في كل لحظة أبداً على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد وعلى سائر الأنبياء والمرسلين ، وتابعيهم بإحسان إلى يوم الدين . اللـهم فارقَ الفرقان ، ومُنـزِل القرآن ، بالحكمة والبيان ، بارك اللهم لنا في شهرنا هذا شهر رمضان ، وأعنا على صيامه وقيامه وقراءة القرآن ، واجعله عائِداً علينا وعلى جـميع المسلمين سنين بعد سنين ، وأعواماً بعد أعوام ، في عافيةٍ وألطافٍ وإحسانِ وإنعام على ما تُـحِب وترضى يا ذا الجلال والإكرام . اللـهم إن لك في هذه الليلة وكل ليلة من ليالي شهر رمضان عُتقاء وطُلقاء ونُقذاء وأسراء وأجراء من النار ، فاجعلنا اللـهم ووالدينا وذرياتنا وأحبابنا والمسلمين إلى يوم الدين من عُتقائك ومن طُلقائك ومن نُقذائك ومن أسرائك ومن أجرائك من النار ، وهب لنا اللـهم ولهم في كل حين ما وهبته في كل حين لعبادك الصالحين ، مع العافية التامة في الدارين . اللـهم افعل بنا وبِهم عاجلاً وآجلاً في الدين والدنيا والآخرة ما أنت له أهل إنك غفور حليم ، جواد كريم ، رؤوف رحيم

Artinya : Segala Puji Bagi Allah Tuhan semesta Alam, Ya Allah Limpahkan Solawat dan salam Dalam setiap waktu, selama-lamanya Atas Junjungan Kami Muhammad dan atas keluarga Muhammad dan kepada seluruh Para Nabi dan Rasul dan Para pengikutnya sampai Hari kiamat. Ya Allah! Yang membedakan batil dan hak, yang menurunkan Al-Quran dengan hikmah serta penjelasan, berkatilah kami ya Allah di dalam bulan Ramadan ini - dan bantulah kami untuk melaksanakan puasanya, melaksanakan ibadah di waktu malamnya, dan membaca Al-qur’an. Jadikanlah bulan ramadhan ini kembali kepada Kami dan kepada segenap kaum Muslimin, tahun demi tahun dalam keafiatan, kecintaan , kebaikan dan kenikmatan atas apa yang engkau kasihi dan ridhai, Wahai dzat Pemilik segala keagungan dan kemuliaan
Ya Allah! Sesungguhnya engkau pada malam ini dan pada setiap malam bulan Ramadan membebaskan ahli-ahli neraka. Maka jadikanlah kami Ya Allah, kedua ibu bapa kami, anak-anak kami, isteri-isteri kami, orang-orang tua kami, guru-guru kami, kaum kerabat kami, sahabat-sahabat kami, orang-orang yang masih hidup dan bapa-bapa kami dari kalangan mereka Dari orang-orang yang engkau bebaskan dari neraka. Karuniakanlah kepada Kami dan kepada mereka di setiap waktu, sebagaimana yang telah engkau karuniakan di setiap Waktu kepada Hamba-hamba-Mu yang solih , beserta keafiatan yang sempurna di dunia dan di akhirat, Ya Allah! Buatlah bagiku dan bagi mereka, dengan cepat dan lambat, mengenai agama, dunia dan akhirat, akan apa yang Engkau punyai baginya! sesunguhnya Engkau maha pengampun, mahapenyantun, maha pemurah mulia, mahapengasih, lagi maha penyayang"

3. Bacaan doa setelah sholat tarawih yang panjang oleh Sayyidina Al-imam Al-kabir Al-allamah Ahmad bin hasan Al-attas yang wafat di Huraidhah di Hadramaut.


الحمد لله رب العالمين حمداً كثيراً طيباً مباركاً فيه ، حمداً يُوافي نِعمه ويكافيءُ مزيده ، اللـهم صلِّ صلاةً كاملةً ، وسلِّم سلاماً تاماً ، على سيدنا محمد ، الذي ملأتَ عينه من جـمالك وقلبه من جـلالك ، ولسانه من لذيذ خِطابك ، فأصبح فرِحاً مسروراً ، مؤيداً منصوراً صلاة تُنجينا بِها من جـميع الأهوال والآفات ، وتقضي لنا بِها جـميع الحاجات ، وتُطهرنا بِها من جـميع السيئات ، وترفعنا بِها عندك أعلى الدرجات ، وتبلغنا بِها أقصى الغايات ، من جـميع الخيرات في الحياة وبعد الممات ، وعلى آله وصحبه والتابعين بإحسان إلى يوم الدين وعلى سائر الأنبياء والمرسلين والصالحين في كل حين أبداً ، عدد نِعمِ الله وأفضاله . اللـهم اغفر لنا وارحـمنا وأرضِنا وارض عنا وتقبل منا ، وأدخلنا الجنة ونَجنا من النار ، وأصلح لنا شأننا كله ، ولا تكِلنا إلى أنفسنا طرفة عين . اللـهم اغفر لنا ما أخطأنا وما تعمدنا وما أسررنا وما أعلنا ، وما أنت أعلم به منا أنت المقدم وأنت المؤخرِ لا إله إلا أنت . اللـهم اقسم لنا من خشيتك ما تَـحُول به بيننا وبين معاصيك ، ومن طاعتك ما تبلغنا به جنـتـك ، ومن اليقين ما تُهوِّن به علينا مصائب الدنيا ، ومتعنا بأسماعنا وأبصارنا وقوتنا أبداً ما أحييتنا ، وانصرنا على من عادانا ، ولا تـَجعل مُصيبتنا في ديننا ، ولا تَـجعل الدنيا أكبر همنا ، ولا مَبلغ عِلمنا ، ولا تُسلِّط علينا من لا يرحمنا . اللـهم زدنا ولا تَـنقُصنا ، وأكرمنا ولا تُهنَّا ، وأعطنا ولا تـَحرمنا ، وآثرنا ولا تُؤثر علينا ، وأرضنا وارض عنا . اللـهم ألِّف بين قلوبنا ، وأصلِح ذات بيننا ، واهدنا سُبل السلام ، ونَجنا من الظلمات إلى النور ، وجنبنا الفواحش ما ظهر منها وما بطن ، وبارك لنا في أسماعنا وأبصارنا وقلوبنا وأزواجنا وذرياتنا ، وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم ، واجعلنا شاكرين لنعمتك قابليها مُثنين عليها وأتـِمها علينا اللـهم احفظنا وأولادنا وأحبابنا وجـميع المسلمين من كل ما يوجب عقابك ، ويَـحرم ثوابك ، فإنه لا عاصم من أمرك إلا من رحـمته يا أرحم الراحمين . اللـهم إنا ضمَّناك أنفسنا وأموالنا وأولادنا وأهلنا وذوي أرحامنا ، ومن أحاطت به شفقة قلوبنا ، وجدران بيوتنا ، وما معنا ومن معنا ، وكلما أنعمت به علينا ، فكن لنا ولَهم حافظاً يا خير مُستودع . اللـهم اجعلنا وإياهم في حِـماك وحِـمى أنبيائك وأوليائك ومن في رضاك ، في الدين والدنيا والآخرة . اللـهم اهدنا بِهداك ، واجعلنا مِـمن يسارع في رضاك ، ولا توَّلِّنا ولياً سِواك ، ولا تَـجعلنا مِمن خالفَ أمرك وعصاك . اللـهم الطف بنا في جـميع قضائك ، وعافنا من بلائك ، وأوزِعنا شكر نعمائك ، وهب لنا ما وهبته لأوليائك ، وانصرنا على أعدائنا ، واجعل أحسن أيامنا وخيرها يوم لقائك . اللـهم اهدنا من عندك ، وأفض علينا من فضلك ، وانشر علينا من رحـمتك ، وأنزل علينا من بركاتك ، وألبِسنا لباس عفوك ، وعافنا وعلِّمنا من لدنك علماً نافعاً مُتـقبَّلاً يا ذا الجلال والإكرام . اللـهم يا من مقاليد الخير كلها بيده ، وإليه يرجـع الأمر كله ، يا فتاح يا عليم افتح لنا فتحاً قريباً ، وصلى الله على سيدنا محمد صلاةً تـُخرجنا بها من ظُلمات الوهم ، وتُكرمنا بنور الفهم ، يا ذا الجلال والإكرام . اللهم ارحم أمَّة سيدنا محمد ، اللـهم أصلح أمة سيدنا محمد ، اللـهم اغفر لأمة سيدنا محمد ، اللـهم اكشف كُروبَهم ، وفرج همومهم ، واقض ديونَهم وأغزر أمطارهم ، وأرخص أسعارهم ، ووَلِّ عليهم خيارهم ، ولا تُسلِّط عليهم شِرارهم ، ولا تأخذهم بسوء أعمالِهم ، واشف مرضاهم ، وعافِ مبتلاهم ، وارحم موتاهم وأصلح أحياهم ، والطف بنا وبِهم فيما جرت به المقادير ، وثبِّتنا وإياهم بالقول الثابت في الحياة الدنيا وفي الآخرة ، واجعلنا وإياهم مع الذين أنعمت عليهم من النبيـين والصِّديقين والشُّهداءِ والصالحين . ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيْمان ، ولا تـَجعل في قلوبنا غِلاً للذين آمنوا ، ربنا إنك رؤوف رحيم . ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة ، وقِنا عذاب النار . اللـهم بِحقِّ سيتدنا فاطمة وأبيها ، وبعلِها وبنيها ، اقبل دعائنا ، ولا تـُخيِّب رجاءنا ، وأحسن عاقبتنا في الأمور كلها ، وأجرنا من خِزي الدنيا وعذاب الآخرة . اللـهم صلِّ وسلم على سيدنا محمد ، وعلى جـميع الأنبياء والمرسلين والملائكة المقربين ، وعلى جبريل وميكائيل وإسرافيل وعزرائيل ، وعلى الملائكة أجـمعين ، وعلى أهل طاعتِك أجـمعين ، وعلى أزواجه الطاهرات أمهات المؤمنين ، وعلى أهل بيته الطاهرين ، وعلى الصحابة والتابعين ، وعلى الأولياء والصالحين ، وعلى المؤمنين والمسلمين وعلينا معهم وفيهم ، برحمتك يا أرحم الراحـمين ، سبحان ربك ربِّ العزة عما يصِفون ، وسلام على المرسلين ، والحمد لله رب العالمين ، وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم .

Artinya : Segala Puji Bagi Allah Tuhan semesta Alam, dengan sebanyak-banyak pujian yang baik lagi diberkati padanya, pujian yang melengkapi segala nikmatNya dan membalas limpah kurniaNya.

Ya Allah, Limpahkan shalawat yang sempurna, dan keselamatan yang sempurna kepada Junjungan Kami Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang Engkau penuhi matanya dengan keindahan Mu. Engkau penuhi hatinya dengan keagungan Mu. Engkau penuhi lidah nya dengan keindahan firman Mu. Sehingga ia menjadi Gembira, bahagia, menjadi pendukung dan pembela agamaMu. Dengan berkah shalawat itu Engkau lepaskan kami dari segala bencana dan musibah, Engkau tunaikan segala hajat kami, Engkau bersihkan kami dari segala keburukan dan Engkau tingkatkan derajat kami di sisiMu, Engkau sampaikan tujuan maksimal kami dari semua kebaikan kehidupan kami baik di dunia maupun sesudah wafat.

Dan juga limpahkanlah shalawat kepada keluarga dan para sahabat beliau, kepada para pengikut beliau dengan kebaikan sampai hari kiamat. Dan juga kepada seluruh para Nabi, Para Rasul, segenap orang-orang shalih di setiap masa selama nya. Sebanyak bilangan Nikmat-nikmat Allah dan karunia nya.

Ya Allah. Ampunilah kami, kasihanilah kami, ridhailah kami, dan terimalah amalan dari kami. Masukkan kami kedalam syurga dan selamatkan kami dari api neraka. Perbaikilah segala urusan kami, jangan engkau pasrahkan kami kepada diri kami,walau hanya sekedip mata.

Ya Allah ampuni kesalahan kami baik yang kami sengaja, yang kami lakukan secara sembunyi-sembunyi maupun yang kami lakukan secara terang-terangan. Dan segala perbuatan yang engkau lebih mengetahuinya, engkau adalah dzat yang paling awal dan engkaudzat yang terakhir, tiada tuhan yang berhak untuk di sembah melainkan engkau.

Ya Allah, berikanlah bagi kami dari rasa takut (kami) kepada-Mu sesuatu yang dapat menghalangi kami dari berbuat maksiat kepada-Mu, dan dari ketaatan (kami) kepada-Mu sesuatu yang dapat menyampaikan kami kepada surga-Mu, dan dari keyakinan (kami) sesuatu yang dapat meringankan musibah dunia atas kami, Ya Allah jadikanlah kami senantiasa dapat menikmati pendengaran kami, dan penglihatan kami, serta kekuatan kami selama Engkau hidupkan kami, dan jadikanlah itu pewaris dari kami, dan jadikan pembalasan kami atas orang-orang yang menzalimi kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang memusuhi kami, dan janganlah Engkau jadikan musibah yang menimpa kami terjadi pada agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia sebagai penyebab terbesar kesedihan kami, dan batas tertinggi pengetahuan kami, dan janganlah Engkau jadikan orang-orang yang tidak menyayangi kami berkuasa atas kami.

Ya Allah , tambahkanlah buat kami jangan Engkau kurangkan, Muliakankah kami, jangan dihina, berilah buat kami, jangan ditahannya, dan pilihlah kami jangan Engkau biarkan, dan redhailah kami dan redhailah pula semua usaha kami.

Ya Allah, jinakkanlah di antara hati-hati kami, perbaikilah di antara kami dan tunjukkanlah kami jalan-jalan kesejahteraan, selamatkanlah kami daripada kegelapan kepada cahaya, halangilah kami daripada melakukan dosa-dosa yang nyata dan tersembunyi, berkatikanlah pendengaran, penglihatan, hati-hati, isteri-isteri dan zuriat-zuriat kami. Terimalah taubat kami sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat Lagi Maha Penyayang. Jadikanlah kami tergolong daripada golongan orang-orang yang bersyukur dengan nikmatMu, golongan yang memuji dengannya, menerimanya dan menyempurnakannya ke atas kami.

Ya Allah peliharalah kami, anak-anak kami, orang-orang yang kami cintai dan segenap kaum muslimin, dari perkara yang engkau wajibkan siksaya, dan engkau halangai pahalanya, sesungguhnya tidak ada orang yang mampu terpelihara dari ketetapan mu melainkan dari belas kasihmu, wahai dzat yang maha pengasih.

Ya Allah sesungguhnya Kami titipkan diri kami, harta kami, anak-anak kami, keluarga kami, dan sanak kerabat kami kepada mu, orang-orang yang kami cintai, dinding rumah kami, apa saja yang berada bersama kami, setiap nikmat yang engkau berikan kepada kami, maka jadikanlah kami dan mereka orang yang menjaga nikmat-nikmat itu wahai dzat sebaik-baik yang di beri titipan.

Ya Allah jadikan kami dan mereka dalam perlindungan mu, perlindungan para nabi-nabi mu, para wali mu dan orang-orang yang berada dalam ridha mu. Di dunia maupun di akhirat.

Ya Allah, berikanlah kami petunjuk dengan Petunjuk mu, jadikan kami orang yang bersegera menuju Ridhamu. Jangan jadikan orang lain menjadi wali ku selain engkau. Jangan jadikan kami bagian dari orang yang menyelisih perintah mu dan bermaksiat kepada mu.

Ya Allah kasihanilah kami dalam setiap ketetapan mu, selamatkan kami dari bencana mu. Karuniakanlah kami untuk senantiasa bersyukur terhadap semua nikmat-nikmat mu. Karunikanlah kami apa yang engkau karunikan kepada para wali mu. Bantulah kami ke atas musuh-musuh kami. Jadikan sebaik-baik nya hari kami, adalah saat hari berjumpa dengan mu.

Ya Allah, berilah kami petunjuk disisi-Mu dan limpahkanlah kepada kami karunia-Mu dan sebarkanlah rahmat-Mu kepada kami serta turunkanlah berkah-Mu kepada-kami, pakaikan kepada kami dengan pakaian ampunan mu, berilah kami keafiatan, ajari kami Ilmu yang bermanfaat dan yang dapat di terima wahai dzat yang agung lagi mulia. Wahai dzat yang semua kebaikan berada di tangan nya, segala sesuatu pasti akan kembali kepa Wahai dzat yang maha pembuka, dan maha Tahu, bukakanlah untuk kami dengan waktu yang dekat. Semoga Allah limpahkan shalawat kepada junjungan kami, Muhammad, dengan berkat shalawat dapat mengeluarkan dari kegelapan, dan memuliakan kami dengan cahaya kefahaman.

Wahai dzat yang maha agung dan maha mulia. Ya Allah rahmatilah ummat Muhammad, perbaikilah Ummat Muhammad, ampunilah ummat Muhammad, angkat segala kegundahan dan kesedihan nya, Tunaikan segala hutan-piutang nya, sembuhkan penyakitnya, rahmati orang-orang matinya, dan perbaiki orang-orang hidupnya. Kasihanilah kami dan mereka dari apa yang telah di gariskan oleh takqirmu. Teguhkan kami dan mereka dengan jawaban yang yang tepat dalam kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Jadikan kami dan mereka bersama orang-orang yang engkau karunia nikmat yaitu dari para nabi, Orang-orang jujur, para syuhada’ dan orang-orang shalih.

Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayan, Ya tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia dan di akhirat dan selamatkan kami dari siksa api neraka.

Ya Allah berkat hak Sayyidah fathimah dan ayahanda nya, keturunan dan anak cucunya. Terimalah doa kami, jangan hampakan harapan kami, Ya Allah limpahkan shalawat dan salam kepada junjungan kami nabi muhammad, kepada segenap para nabi,dan para asul. Serta para malaikat muqarrabin. Dan ke atas jibril, mikail, israfil, Azra’il, dan keatas para malaikat seluruhnya, serta kepada semua orang-orang yang ahli Ta’at kepada mu, kepada isteri-isteri nabi yang suci, adalah ibu dari kaum beriman, dan juga ke atas keluarga nabi yang suci, ke atas para sahabat-sahabat dan tabi’in para wali dan orang-orang shalih. Dan juga keatas orang beriman dan orang islam, Birahmatika ya Ar-hamarrahimin. Walhamdulillahi Rabbil alamin.

Nah, itulah beberapa Doa Sholat Tarawih Arab dan Artinya lengkap yang bisa kita amalkan setelah selesai sholat tarwih. Baca Juga: Bacaan Lafadz Niat Puasa Ramadhan yang Benar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post