Wednesday, May 16, 2018

author photo
jumanto.com - Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab dan Artinya. Beberapa masyarakat Indonesia tentu sudah sering denger adanya niat puasa ramadhan 1 bulan yang dilakukan pada saat mengawali puasa Ramadhan (di malam pertama Ramadhan). Tata cara ini merupakan tata cara niat puasa Imam Malik, di mana Beliau membolehkan seseorang untuk berniat puasa secara jama' selama sebulan penuh di awal Ramadhan.

Doa niat puasa Ramadhan sama seperti tata cara ibadah lainnya tentu sudah dibahas panjang lebar oleh para ulama, termasuk apakah boleh melafadzkan niat puasa Ramadhan dan tata cara niat puasa Ramadhan yang benar apakah harus tiap hari atau boleh dijama' di awal bulan.

Terkait dengan menjama' niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh, memang ada pendapat yang mengatakan bahwa hal ini boleh dan sah dilakukan, yaitu pendapat dari Imam Malik.

Dalam Madzhab Imam Malik, diperbolehkan berniat puasa Ramadhan sebulan penuh, yang dilakukan di awal bulan Ramadhan, dengan catatan, apabila di tengah-tengah Ramadhan ada puasa yang batal, maka dia wajib mengulangi niat lagi.
Baca Juga: Tata Cara Niat Puasa Ramadhan yang benar.
Pendapat Imam Malik ini diqiyaskan kepada ibadah Sholat. Hukum niat puasa sebulan penuh boleh dilakukan menurut Imam Malik karena disamakan hukumnya dengan niat sholat.

Sholat sendiri terdiri dari beberapa roka'at dan niatnya cukup sekali, tidak niat di setiap roka'at sholat.

Sama halnya dengan niat puasa Ramadhan, berniat di awal bulan Ramadhan pun boleh dan sah hukumnya menurut Imam Malik.

Berbeda dengan Imam Malik, Madzhab lainnya justru mensyaratkan niat harus dilakukan tiap malam, karena ibadah puasa masing-masing hari merupakan ibadah terpisah sehingga butuh niat sendiri-sendiri.

Bacaan Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab dan Artinya dari Serambi Lirboyo


Meskipun ulama Indonesia mayoritas bermadzhab Syafi'i yang berpendapat niat puasa Ramadhan harus dilakukan setiap malam, namun para ulama Indonesia banyak yang menganjurkan agar kita pun berniat juga puasa Ramadhan sebulan penuh di awal bulan, seperti disampaikan oleh Buya Yahya dan dari Fans Page Serambi Lirboyo.

Tujuan dari niat puasa Ramadhan sebulan penuh mengikuti imam Malik adalah, barang kali kita lupa niat puasa di salah satu hari, puasa kita tetap dianggap sah berdasarkan pendapat Imam Malik.

Berikut ini tanbihun dari Serambi Lirboyo mengenai niat puasa 1 bulan penuh di awal Ramadhan:


Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh Arab

Untuk berjaga-jaga agar puasa tetap sah ketika suatu saat lupa niat, sebaiknya pada hari pertama bulan ramadhan berniat taqlid (mengikuti) pada imam Malik yang memperbolehkan niat puasa Ramadhan hanya pada permulaan saja.

Lafadz niatnya sebagai berikut:

نويت صوم جميع شهر رمضان هذه السنة تقليدا للامام مالك فرضا لله تعالى

Dengan adanya cara tersebut bukan berarti membuat kita tidak perlu lagi niat di setiap hari, tapi cukup hanya sebagai jalan keluar ketika benar-benar lupa.

-KH.Ahmad Idris Marzuqi-
-Kitab Sabilul Huda:51-

Arti dari doa niat puasa Ramadhan 1 bulan penuh di atas kurang lebih:
aku niat puasa sebulan Ramadhan penuh tahun ini, taqlid (mengikuti) pendapat Imam Malik, fardhu karena Allah Ta'ala.
Lafadz niat puasa Ramadhan sebulan penuh selain redaksi di atas, masih juga ada redaksi lainnya, hanya ada sedikit perbedaan saja.

Namun, sekali lagi, perlu ditegaskan, bahwa niat itu letaknya di dalam hati, sedangkan melafalkan niat hukumnya sunnah.

Jika melafalkan niat tapi di hati tidak ada niat, maka niatnya tidak sah.

Jadi, niat doa mengawali puasa Ramadhan sunnah dilafalkan, tapi wajib diniatkan di dalam hati jika ingin mengikuti pendapat Imam Malik.

Anjuran niat di atas juga berarti bahwa kita niat dua, yaitu niat puasa satu bulan penuh dan niat puasa setiap hari di bulan Ramadhan.

Demikianlah informasi lafadz doa niat puasa Ramadhan sebulan penuh arab dan artinya yang saya ambil dari Serambi Lirboyo. Baca Juga: Apakah Menangis Membatalkan Puasa?.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post