Tuesday, May 22, 2018

author photo
jumanto.com - Cara Menahan Lapar Saat Puasa Agar Kuat Seharian dan Tidak Haus. Saat sahur, hendaknya kita memakan makanan yang bikin tahan lapar dan mampu menjaga kadar air dalam tubuh tidak cepat berkurang, sehingga kuat puasa seharian tanpa haus dan lapar yang berlebihan. Berdoa agar kuat menahan lapar saat puasa juga bisa kita lakukan, selain ikhtiar dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sahur yang pas untuk menghindari cepat lapar saat puasa.

Puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah wajib bagi umat Islam, di mana di dalam dalil hadis disebutkan bahwa puasa Ramadhan ini termasuk salah satu dari pondasi Agama Islam, atau biasa kita kenal dengan rukun Islam.

Berpuasa ini bagi sebagian orang dianggap berat, atau memang karena malas untuk menjalankannya, sebagaimana seperti ibadah sholat yang banyak ditinggal oleh umat Islam sendiri.

Beratnya berpuasa karena di dalam ibadah ini, kita harus menahan lapar dan haus seharian dari terbit fajar sampai tenggelam matahari.

Padahal, kalau sudah terbiasa berpuasa, ibadah ini sebenarnya tidak berat, kecuali bagi pekerja kasar yang membutuhkan banyak tenaga, dan para ulama pun sudah membahasnya apakah tukang bangunan, buruh tani, dan sebagainya boleh tidak berpuasa atau tidak.

Cara Menahan Lapar Saat Puasa

Tips Cara Menahan Lapar Saat Puasa Agar Kuat Seharian dan Tidak Haus Berlebihan


Tanpa mengurangi kekuatan doa menahan lapar dan haus saat puasa, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips cara menahan lapar saat berpuasa.

Namanya juga tidak makan dari pagi sampai sore, tentunya perut bakalan keroncongan. Namun, kalau sudah rutin berpuasa tentunya bakalan terasa ringan saat kita berpuasa.

Tanpa panjang lebar, berikut ini tips cara menahan lapar saat berpuasa baik wajib maupun sunnah:

1. Makan sahur: cara agar kuat puasa seharian


Rasul tidak memberatkan umatnya dalam berpuasa, oleh karena itu sangat dianjurkan bagi umat Islam yang berpuasa agar makan sahur di pagi hari sebelum waktu subuh tiba.

Makan sahur ini hukumnya sunnah, dan bersahurlah karena di dalam sahur itu ada barokah.

Makan sahur pun disunnahkan untuk diakhirkan, tujuannya agar puasanya tidak berat. Betapa indah ajaran Nabi, tidak memberatkan ummatnya.

2. Sibukkan pada hal positif: cara agar tahan puasa


Di siang hari saat berpuasa, waktu bisa jadi bakalan terasa lebih lama karena menahan lapar dan haus. Nah, untuk membunuh waktu, kita bisa melakukan berbagai kegiatan positif yang menyibukkan kita pada kegiatan tersebut.

Bisa dengan cara mengikuti pengajian, membaca Al Quran, bekerja, atau ngeblog seperti saya. Beneran deh, kalau lagi nulis artikel di blog, waktu itu terasa cepet banget dan malah rasanya terlalu cepat berlalu :D

Dengan melakukan kegiatan positif, waktu akan berjalan serasa lebih cepat dan akhirnya rasa lapar pun gak kerasa karena disibukkan dengan pikiran yang lain.

3. Tidur: cara agar tidak lapar saat puasa


Pengin gak laper pas puasa? Tidur. Hehehe. Yap, tidur di siang hari selain bagus untuk kesehatan, juga bisa untuk mengurangi rasa lapar, dan tentunya bisa membunuh waktu juga, asal jangan tidur seharian hehehe.

Tidur secukupnya saja, jangan mentang-mentang puasa, eh tidur terus :D

4. Kurangi aktivitas fisik: cara menghilangkan haus saat puasa


Kalau lagi puasa, jangan main bola, basket atau futsal di siang hari ya, atau malah pagi hari :D Bisa-bisa batal malah puasanya gara-gara gak kuat nahan haus hehehe.

Kalau mau melakukan aktivitas yang butuh tenaga fisik banyak dan berkeringat, lakukan mendekati berbuka puasa sehingga selepas aktivitas bisa langsung minum sepuasnya :D

Terkecuali pekerjaan kalian memang butuh aktivitas fisik, itu gak bisa ditawar, solusinya saurlah dengan makanan yang banyak mengandung air, yaitu mengkonsumsi sayuran dan buah.

5. Konsumsi sumber karbohidrat kompleks: mengurangi cepat lapar saat puasa


Karbohidrat kompleks sendiri disebutkan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

Karena dicerna lebih lama, maka tubuh kita pun bakalan merasa kenyang lebih lama, berbeda jika kita makan indomie atau bubur ayam yang mudah dicerna.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya ada kentang, ubi, nasi merah, dan oatmeal.

6. Makan sahur sayuran dan buah: makanan yang bikin tahan lapar


Selain membuat kita tahan haus lebih lama, sayuran dan buah juga membuat kita tahan lapar lebih lama saat berpuasa.

Kita bisa mengkonsumsi timun, semangka, salada, atau tomat saat sahur agar pasokan air di dalam tubuh tetap terjaga sampai sore hari.

Jangan lupa juga mengkonsumsi air putih cukup saat berbuka puasa, menjelang tidur, dan saat sahur. Kita bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih antara makan malam dengan waktu tidur, dan 2 gelas air putih saat sahur, atau lebih dari itu.

7. Minum madu: puasa kuat seharian dengan pasokan energi cukup


Salah satu kandungan madu adalah glukosa. Glukosa ini bakalan diproses oleh tubuh kita menjadi energi yang berguna banget saat berpuasa di siang hari.

Meskipun makan sahur tidak banyak, dengan asupan madu, energi tubuh pun bakalan tercukupi.

Selain itu, kelebihan madu juga adalah kandungan gulanya yang rendah, jadi cocok buat kita yang lagi mengurangi gula dalam tubuh.

Nah, kurang lebih itulah 7 Tips Cara Menahan Lapar Saat Puasa Agar Kuat Seharian dan Tidak Haus. Baca juga: 10 Perkara yang Membatalkan Puasa Kita.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post