Tuesday, May 15, 2018

Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Bisa Saja, Jika ....

author photo
jumanto.com - Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Pertanyaan ini sering muncul memasuki bulan Ramadhan karena dulu sering dibilang sama orang tua, jangan nangis, nanti puasanya batal, atau dibilang sama temen gitu. Beberapa perkataan orang-orang masa kecil dulu yang masih saya inget: jangan marah, ngupil, kentut atau BAB di dalam air, nanti membatalkan puasa.

Namanya juga anak kecil, karena dibilang kayak gitu, dulu ya gak berani ngelakuin apa yang dilarang padahal mah kalau sudah tahu ilmunya, bisa njawab kali ya sama yang ngomong hehehe.

Kalau sekarang dibilangin gitu sih mungkin sudah bisa jawab.

Nah, beberapa di antara kalian juga mungkin sering dengar kata-kata ini, bahwa menangis membatalkan puasa, menangis karena sedih membatalkan puasa, dan isu-isu lain seputar hal yang membatalkan puasa, termasuk ngupil dan sebagainya.

So, pada kesempatan ini, saya cuma ingin berbagi ilmu mengenai berbagai perkara yang dapat membatalkan puasa kita.

Apakah Menangis Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya


Apakah Menangis Membatalkan Puasa

Apakah menangis karena sedih membatalkan puasa? Apakah menangis karena sakit hati membatalkan puasa? Atau apakah menangis karena nonton drama korea bisa membuat puasa batal? hehehe.

Perkara yang membatalkan puasa sebenarnya sudah banyak disebutkan oleh para ulama kita, termasuk juga disebutkan oleh Buya Yahya dalam bukunya Fiqih Praktis Buya Yahya.

Perkara yang membatalkan puasa baik itu puasa Ramadhan maupun pusa sunnah senin kamis, asyura, syawal, dan sebagainya, ada 9 perkara yang disebutkan di buku tersebut.

Dari sembilan 9 perkara yang membatalkan puasa tersebut, tidak ada satupun yang menyebutkan bahwa menangis itu membatalkan puasa.

So, kesimpulannya, menangis tidak membatalkan puasa, dengan sebab apa pun, baik karena sedih, sakit hati, kesel, atau cuma gara-gara nonton sinetron atau film melow :D

Penjelasan bahwa menangis tidak membatalkan puasa juga sudah disampaikan pada ceramah agama para kyai, ustdadz, termasuk Ketua Lembaga Dakwah PBNU, Bapak KH Maman Imanul Haq.

Menangis karena sedih sendiri merupakan kodrat manusia yang diberikan perasaan, sehingga manusia bisa merasakan sedih dan menangis.

Tapi, Menangis Bisa Membatalkan Puasa Jika .....


Meskipun disebutkan bahwa menangis tidak membatalkan puasa Ramadhan, tetapi sebenarnya ada kemungkinan menangis itu membatalkan puasa.

Kemungkinan pertama, menangis membatalkan puasa, jika air mata tangisannya masuk ke mulut lalu ditelan, maka batallah puasanya, lumayan kan, meskipun asin, bisa ngurangi rasa haus hehehe.

Atau air mata masuk ke hidung lalu kesedot ke bagian hidung bagian dalam yang kalau kemasukan sesuatu terasa perih, maka batallah puasanya.

Kemungkinan kedua, menangis bisa membatalkan puasa, jika nangisnya sambil ngemil, makan coklat, wafer, taro, dan cemilan lainnya :D

Ya iya lah, itu mah batal bukan karena menangis, tapi karena makan hehehe.

So, kesimpulannya, apakah menangis membatalkan puasa? Jawabannya tidak, kecuali kalau air matanya ditelan. Baca juga: Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post