Tuesday, April 3, 2018

Toko Oleh-oleh Khas Balikpapan: Pasar Inpres Kebun Sayur

author photo
pasar inpres kebun sayur balikpapan kalimantan timur
jumanto.com - Saat jalan-jalan ke Kota Balikpapan, pastinya kalian bakalan mencari souvenir khas Balikpapan atau cinderamata (kaos, tas, makanan, dll). Meskipun bisa beli secara online, tapi kalau beli di toko oleh-oleh Balikpapan lalu dibawa pulang, tentu lebih berkesan dibandingkan beli dari rumah lewat online.

Tiap daerah pasti punya oleh-oleh khas, misalkan oleh-oleh Khas Lampung ada keripik pisang, pempek, kain tapis, bakso sony, dan beberapa souvenir lainnya.

Balikpapan pun punya oleh-oleh khas yang harus kalian bawa saat jalan-jalan liburan ke kota Balikpapan Kalimantan Timur.

Salah satu tempat beli oleh-oleh khas kota Balikpapan adalah Pasar Inpres Kebun Sayur, atau orang biasa menyebutnya dengan Pasar Kebun Sayur saja.

Pertama kali denger kata Pasar Kebun Sayur, saya pikir pasar ini sama seperti pasar tradisional pada umumnya, menjual sayuran dan berbagai bahan kebutuhan pokok lainnya.

Ternyata, Pasar Kebun Sayur jauh banget dari semua itu. Di sini adalah salah satu pusatnya oleh-oleh Balikpapan yang harus kalian kunjungi.

Baca Juga: Nikmatnya kuliner Balikpapan di Rumah Makan Torani.

Alamat Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan Kaltim, Tempat Beli Souvenir Khas Balikpapan


Lokasi Pasar Inpres Kebun Sayur terletak di Jalan Letjen Suprapto, Kebun Sayur, Marga Sari, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia 76132.

Dari hotel tempat saya menginap, Swiss Belhotel Balikpapan, lokasinya cukup jauh, tapi bisa naik angkot satu kali saja (kalau gak salah angkot nomor 5) langsung turun di depan Pasar Inpres Kebun Sayur dengan ongkos cuma 5 ribu rupiah.

Saya kemarin naik angkot dan tukang angkotnya cukup ramah. Naik angkot di Balikpapan ternyata enak juga, dan sampai di Plaza Kebun Sayur Balikpapan pun lancar tanpa macet.

Untuk rute jalan menuju Pasar Inpres Kebun Sayur selengkapnya silakan buka saja Google Maps atau Waze dan kalian gak bakalan nyasar sampai ke tempat penjualan souvenir khas Balikpapan ini (tapi mungkin bukan souvenir khas dayak).

toko souvenir khas balikpapan

Beli Oleh-oleh Khas Balikpapan Kaltim


Pasar Kebun Sayur adalah pasar tempat sekumpulan toko souvenir di Balikpapan berkumpul. Di pasar ini, kalian akan menemukan juga kaos khas Balikpapan,

Salah satu pusat cinderamata terlengkap di Balikpapan adalah Pasar Inpres Kebun Sayur ini, makanya setiap wisatawan yang ke Balikpapan pasti mampir ke Pasar Kebun Sayur, bukan ke Pasar Modern di Balikpapan, Pasar Sepinggan Balikpapan, atau Pasar Loak Balikpapan.

Tidak usah bingung-bingung mencari toko oleh oleh Balikpapan, karena di Pasar Inpres Kebun Sayur kita akan mendapatkan aneka cindera mata dan juga snack jajanan khas kota Balikpapan untuk kita beli dan bawa pulang.

Harga oleh-oleh Balikpapan di pasar ini juga terbilang murah, baju daster untuk ibu-ibu cuma 50 ribu rupiah, kaos-kaos dan souvenir lainnya pun masih dijual di bawah 50 ribu rupiah per potongnya.

Harga kaos di Pasar Kebun Inpres biasanya dijual 100 ribu dapat 3 potong (harga dapat naik kapan saja).

Oh ya, apa saja sih yang dijual di Pasar Kebun Sayur Balikpapan Kalimantan Timur?


toko oleh oleh khas balikpapan

Secara umum, barang-barang yang dijual di pasar ini adalah souvenir khas Balikpapan, cinderamata khas Balikpapan,  kaos khas Balikpapan, tas khas Balikpapan, kain songket Balikpapan, dan jajanan khas kota Balikpapan.

Di Pasar Inpres Kebun Sayur Kota Balikpapan Kalimantan Timur, kita akan menemukan
barang-barang dan bebatuan berupa cincin, gelang, kalung, dan anting. Pencinta seni mungkin bakalan tertarik beli barang-barang di sini.

Banyak juga terseida manik-manik yang ditempelkan ke dalam dompet, tas, tempat tisu, penutup kepala, tempat pensil, gantungan kunci, dan barang-barang cantik lainnya sebagai oleh-oleh buat ibu-ibu di rumah.

Buat laki-laki kayak saya, bingung juga sih mau beli apa di Pasar Kebun Sayur. Rasa-rasanya lebih cocok untuk tempat belanja ibu-ibu hehehe.

Untuk kain khas Balikpapan, ada kain tenun, lalu sarung, dan ada juga batik khas dari Kota Balikpapan.

Obat-obatan tradisional dari tanah Dayak juga banyak dijual di Pasar Kebun Sayur Balikpapan.

Untuk harganya, namanya juga di pasar, tentu kita harus pintar-pintar menawar, dan sebenarnya harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal.

Saya sendiri memutuskan untuk membeli makanan khas Balikpapan saja saat ke Pasar Inpres Kebun Sayur.

Saya beli amplang 22 bungkus, satu bungkus harganya 10 ribu rupiah, ada rasa kepiting, ikan bandeng, dan rasa lainnya.

Beli 10, bonus satu bungkus, beli 20 bonus dua bungkus, sehingga saya beli 200 ribu rupiah dapat 22 bungkus amplang.

Jam buka Pasar Kebun Sayur Balikpapan mulai dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore, jadi jangan kesorean ya kalau mau belanja oleh-oleh khas Balikpapan di sini.

Untuk fasilitasnya, pasar ini dilengkapi juga dengan lahan parkir, toilet dan mushola.

Nah, jika kalian sedang mencari toko oleh-oleh khas Balikpapan, datanglah ke Pasar Inpres Kebun Sayur dan kalian pun akan mendapatkan banyak souvenir dan cinderamata di sana, termasuk batu permata. Kunjungi Juga: Pantai Kemala Beach Balikpapan dengan Hamparan Pasir Putihnya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post