Wednesday, April 4, 2018

2 Cara Pengembalian Dana di Shopee yang Harus Kalian Tahu

author photo
jumanto.com - Berbelanja di Shopee memang enak, selain bisa COD atau bayar di tempat, dapat gratis ongkir juga mengikuti ketentuan yang berlaku tentunya. Sayangnya, gak semua belanja di shopee itu lancar. Terkadang ada juga seller yang nakal seperti pengalaman saya pertama belanja di Shopee dulu.

Setelah itu, pengalaman saya belanja di shopee tidak ada masalah dan dapat fasilitas free ongkir juga dengan belanja di atas nilai nominal yang telah disyaratkan pada toko yang ditentukan.

Untuk menghindari penipuan di Shopee, saat berbelanja, kita harus teliti benar, memilih seller atau toko yang terpercaya, dengan respons chat yang bagus, dan juga ratingnya bintang 5 atau 4.

Favorit saya saat berbelanja di shopee adalah saat isi ulang token listrik murah. Sejak mengenal pembelian pulsa listrik murah di shopee, saya selalu beli token listrik PLN prabayar di Shopee dengan harga yang selisih cukup jauh dibandingkan dengan beli pulsa listrik PLN di Indomaret, Alfamart, ATM, atau internet banking.

2 Cara Pengembalian Dana di Shopee yang Harus Kalian Tahu


Metode pembayaran Shopee cukup banyak, bisa lewat Indomaret, ATM, Internet Banking, Virtual Account, kartu kredit, kartu debit, dan cicilan tanpa kartu kredit menggunakan Kredivo.

Metode pembayaran Shopee yang dipilih akan mempengaruhi cara pengembalian dada di Shopee. Pengalaman saya, pengembalian dana di Shopee cukup mudah, gak ribet, dan dulu masih menggunakan dompet Shopee.

Sekarang Dompet Shopee sudah ganti nama jadi Shopee Pay.

Tanpa panjang lebar, berikut ini dua metode pengembalian dana di Shopee saat kalian mau mengajukan pengembalian uang ke rekening kalian:

Cara Pengembalian Dana di Shopee

1. Cara pengembalian dana di Shopee melalui Indomaret dan transfer bank.


Saat kita berbelanja online di Shopee dan pilih pembayaran lewat transfer atau lewat Indomaret, cara pengembalian uang di shopee cukup mudah dan waktu pengembalian uangnya pun terbilang cepat.
Baca Juga: Cara Pengembalian Dana di Shopee melalui Indomaret.
Sama seperti artikel saya sebelumnya: Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee Berdasarkan Pengalaman Pribadi, barang yang dibeli, sudah ditransfer, lalu ingin dibatalkan, maka setelah pembatalan pesanan disetujui, uang akan dikembalikan kepada pembeli Shopee.

Lalu, lewat mana uang dikembalikan kepada pembeli di Shopee?

Jika kita bayar pesanan di shopee lewat Indomaret dan Transfer bank, uang kita akan dimasukkan ke akun Shopee Pay/Dompet Shopee kita secara otomatis setelah pembatalan pesanan di shopee disetujui.

Untuk mengecek apakah dana sudah masuk ke akun Shopee Pay, tinggal masuk atau login ke akun shopee kita lalu pilih menu akun Shopee Pay.

Lama waktu pengembalian dana biasanya cuma 1-2 hari saja, cukup cepat dibandingkan bayar lewat kartu kredit atau kartu debit.

2. Pengembalian dana di Shopee untuk metode pembayaran kartu kredit dan kartu debit.


Selain bayar lewat transfer atau lewat ATM, kita juga bisa mencicil lewat kartu kredit atau mencicil tanpa kartu kredit lewat kredivo.

Saat kita sudah bayar menggunakan kartu kredit atau kartu debit, lalu tiba-tiba pesanan di shopee kita cancel atau dibatalkan karena satu dan lain hal, dana dari shopee akan masuk ke mana?

Nah, untuk pembayaran lewat kartu kredit/debit ini, uang tidak akan masuk ke saldo Shopee Pay.

Jadi, Shopee akan memproses pengembalian dana secara langsung ke rekening kita (jika menggunakan kartu debit online) atau langsung ke kartu kredit kita (jika menggunakan kartu kredit).

Lama waktu pengembalian dana dari Shopee ke kartu debit/kredit sekitar 7-14 hari kerja, tergantung ketetentuan dari bank tempat kita punya kartu kredit/debit.

Jika pengembalian dana belum juga masuk ke kartu kredit, maka dana dari Shopee tersebut akan masuk dikreditkan ke tagihan bulan berikutnya.

Jika ada permasalahan, bisa menghubungi pihak bank, siapa tahu nyangkut, seperti kasus belanja saya di Blibli.com.

Kesimpulan


Jika bayar menggunakan transfer atau Indomaret, uang akan dikembalikan ke Dompet Shopee/Shopee Pay. Dari Shopee Pay barulah kita tarik ke rekening bank kita. Cara penarikan dana di shopee sudah saya bahas di artikel sebelumnya, termasuk cara mengambil uang di dompet shopee.

Cara membatalkan pesanan di shopee tapi sudah transfer juga sudah saya bahas.

Jika barang sudah diterima, lalu ingin mengembalikan barang, bisa juga kok. Insya Allah akan kita bahas lain kali mengenai cara mendapatkan label pengembalian barang di shopee untuk proses pengembalian barang.

Selanjutnya, untuk bayar menggunakan kartu kredit/kartu debit, pengembalian dana dari shopee akan langsung masuk ke kartu kredit/debit tersebut.

Demikian informasi singkat 2 Cara Pengembalian Dana di Shopee yang Harus Kalian Tahu. Baca Juga: Cara Beli Pulsa Listrik Murah di Shopee.

This post have 2 komentar

avatar
Destiani Dhesthy delete April 4, 2018 at 1:45 PM

Mas mau tanya.. Saya ini kan mau narik dana dari shopeepay ke rekening bca saya.. Tapi saya ini salah nulisin no rekening saya sendiri.. Jadi penyelesaiannya gimana mas? Mohon pencerahannha

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete April 5, 2018 at 8:04 AM

kalau belum ditransfer, diedit aja nomor rekeningnya mba. Kalau sudah ditransfer, coba telpon customer service shopee atau bisa tanya lewat email/media sosial mereka, biar di follow up

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post