Thursday, March 1, 2018

Taman Gajah Lampung yang Asyik Banget Buat Tempat Nongkrong dan Olah Raga

author photo
jumanto.com - Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota yang saya bilang miskin ruang terbuka hijau. Jarang ada taman di Kota Bandar Lampung, apalagi alun-alun kota. Nah, baru-baru ini, Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo meresmikan Taman Terbuka Hijau di Lampung yang bernama Taman Gajah atau Lampung Elephant Park.

Kemunculan Taman Gajah Lampung sendiri disambut cukup antusias oleh warga Lampung. Pasalnya, masyarakat lampung kini punya tempat nongkrong baru, bisa sekalian olah raga, dan kumpul bareng komunitas.

Taman Gajah Lampung dibangun menggunakan dana APBD Provinsi. Pembangunan tahap pertama, tahun 2017 lalu, menurut informasi dari tribunnews, telah menghabiskan dana sekitar 7 milar dan tahun 2018 ini dianggarkan kurang lebih sebanyak 5 milyar.

Total, 12 milyar digunakan untuk membangun Taman Gajah Enggal Lampung dan diharapkan pembangunan ini benar-benar memberikan manfaat lebih untuk masyarakat Lampung.


Lokasi Taman Gajah Lampung


Belum tahu letak Taman Gajah Lampung berada?

Yap, Taman Gajah terletak di daerah Enggal, Kota Bandar Lampung. Sebelumnya, lokasi ini dikenal dengan Lapangan Saburai Enggal atau Pasar Seni.

Tahun 2017 lalu, lapangan Enggal dirombak oleh Gubernur Lampung dan dijadikan ruang terbuka hijau dengan nama taman gajah.

Dinamakan Taman Gajah bukan tanpa alasan. Selain Provinsi Lampung ini dikenal dengan gajahnya, penampakan sebagaian Taman Gajah yang telah selesai dibangun, jika dilihat dari atas pun sudah kelihatan menyerupai kepala gajah.

Nah, buat kalian yang mau olah raga atau mau sekedar nongkrong, silakan mampir ke Taman Gajah Lampung.

Taman atau alun-alun kota Lampung ini kian ramai di akhir pekan, di hari Sabtu dan Minggu.

Biaya Masuk Gratis, Tapi Bayar Parkir


foto taman gajah lampung

Masyarakat Kota Bandar Lampung bebas untuk menikmati fasilitas dan wahana yang ada di Lampung Elephant Park.

Tidak ada tiket masuk alias gratis.

Namun, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tiket parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Tarif parkir motor sebenarnya kemahalan, tidak sesuai dengan tarif parkir resmi di Kota Bandar Lampung.

Sangat disayangkan memang beberapa titik di Kota Bandar Lampung memungut tarif parkir terlalu mahal, seperti Taman Gajah Lampung dan Kawasan Lungsir di depan Masjid Agung Al Furqon Bandar Lampung.

Fasilitas yang ada di Taman Gajah Lampung


Fasilitas dan wahana wisata yang ada di Taman Gajah yang sudah selesai dibangun diantaranya ada lapangan, yang bisa digunakan untuk bermain futsal atau bermain basket.

Saat saya mampir ke sini kemarin, ramai banget anak-anak sedang bermain basket, meskipun malam hari.

Selain lapangan basket, fasilitas olah raga lainnya yang telah selesai dibangun ada lapangan skate board.

gambar taman gajah lampung

Di tempat ini, ramai juga anak-anak muda yang bermain skateboard, sepatu roda, dan atraksi sepeda, menghibur pengunjung yang kebetulan sedang main ke Taman Gajah Lampung.

Alya yang ngelihat atraksi skateboard, sepatu roda, dan sepeda, kebetahen nonton di situ.

Taman manula juga dibangun di tahun 2017 lalu beserta bioskop mini untuk hiburan pengunjung. Dan yang paling bikin pencinta foto betah, adanya lukisan di dinding buat foto-foto selfie. Ada gambar gajah dan segala macam yang sudah banyak diunggah di akun instagram.

Untuk fasilitas beribadah, ada satu buah mushola di bagian barat yang bisa kalian singgahi untuk menenangkan hati memenuhi panggilan Ilahi.

Tidak jauh dari mushola, ada taman air mancur bertema warna-warni yang menarik untuk dinikmati di malam hari.

foto air mancur taman gajah lampung

Keberadaan air mancur unik ini sangat menarik bagi pengunjung macam kami, apalagi Alya, riang banget saat melihat pertunjukan air mancur di taman gajah.

Selain fasilitas dan wahana di atas, di tahun 2018 ini, direncanakan akan dibangun fasilitas lainnya berupa taman bermain anak, biar RTH di Lampung ini makin friendly buat wisata keluarga.

Selain itu, direncanakan juga untuk dibangun Daycare serta PAUD sebagai sarana bermain dan belajar anak.

Kondisi Taman Gajah Lampung saat ini memang masih gersang karena tanaman yang ada belum tumbuh optimal, baru ditanam.

Harapan saya, tempat ini bisa menjadi taman hijau yang sejuk dan makin asyik buat bermain anak.

Selamat berkunjung ke Taman Gajah Lampung, selamat berolah raga, jangan lupa bahagia ya hehehe. Baca Juga Tulisan Ini: Nostalgia Main Ke Pantai Klara Lampung.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post