Friday, March 30, 2018

Taman Bekapai, Tempat Nongkrong di Balikpapan dan Wisata Malam di Pusat Kota

author photo
jumanto.com - Jika kalian sedang mencari tempat wisata malam di Kota Balikpapan, Taman Bekapai ini adalah salah satu rekomendasinya. Selain lokasinya yang berada di pusat kota, tempat wisata di Balikpapan Kaltim ini juga tidak kalah menarik dengan Kemala Beach, Pantai Melawai, Monumen Perjuangan Rakyat Monpera Balikpapan, Caribbean Island Waterpark, Kampung Warna Warni Teluk Seribu, dan Pasar Inpres Kebun Sayur.

Taman Bekapai Kota Balikpapan Kalimantan Timur adalah salah satu fasilitas publik yang layak diapresiasi, dengan fasilitas yang cukup memanjakan para pengunjungnya, dan tentu saja harga tiket masuknya gratis.

Tiap orang bebas mau nongkrong di taman di Balikpapan ini, karena taman ini merupakan milik bersama.

Tidak ada larangan, siapa pun boleh berkunjung, dan yang paling penting sebenarnya sama-sama menjaga keberadaan taman ini.

Sejarah Taman Bekapai Balikpapan


foto taman bekapai balikpapan

Berdasarkan artikel yang saya dapat dari balikpapanguide.wordpress.com, bahwa sejarah pembangunan Taman Bekapai Balikpapan ini dimulai pada tahun 1997 dan selesai tahun 1998.

Adapun pemrakarsa dan sponsor dari pembentukan dari Taman Bekapai ini adalah Pertamina dan Total indonesie.

Taman Bekapai di Kota Balikpapan Kaltim diresmikan pada tanggal 28 oktober 1998 oleh walikota Balikpapan saat itu yaitu H. Tjutjup Suparna, seorang walikota yang cinta dengan dunia taman.

Selain Taman Bekapai, ada juga Golf&Resort Karang Joang Balikpapan, yang menjadi persembahan dari Bapak H. Tjutjup Suparna.

Nama Bekapai sendiri diambil dari salahs atu area platform offshore milik Total Indonesie, di Selat Makassar, yang sudah memproduksi minyak sejak tahun 1972.

Lokasi Taman Bekapai Balikpapan Kaltim


Alamat Taman Bekapai Balikpapan berada di Jalan Jenderal Sudirman, atau Jalan Protokol, dan terletak persis di sebelah kanan jalan dari tempat saya menginap, Swiss Belhotel Balikpapan.

Dari hotel cuma berjarak kurang lebih 800 meter, sehingga pulang dari Taman Bekapai saya jalan kaki saja sekalian olah raga.

Akses menuju Taman Bekapai sangat mudah karena berada di pinggir jalan raya utama, bisa naik angkot atau naik transportasi online.

Saat berwisata malam di Taman Bekapai, dari Pantai Kemala Balikpapan, saya naik Gojek dengan ongkos 4 ribu rupiah saja.

Cukup dekat memang lokasi Taman Bekapai dari tempat wisata di Balikpapan lainnya, seperti Tugu Australia, salah satu tugu di Balikpapan yang cukup terkenal selain Monpera.

Fasilitas Taman Bekapai Kota Balikpapan Kalimantan Timur


gambar tempat nongkrong taman bekapai

Tempat wisata di Balikpapan Kaltim memang tidak seterkenal tempat-tempat wisata lain di Indonesia. Kota ini memang bukanlah kota wisata, tapi kota minyak.

Tapi bukan berarti di Balikpapan tidak ada tempat wisata.

Taman Bekapai adalah salah satu tempat wisata recommended yang harus kalian kunjungi saat liburan ke Balikpapan, terutama saat liburan bareng keluarga.

Taman di Balikpapan ini asyik banget but wisata keluarga, mengajak anak bermain di ruang terbuka hijau, dan bisa juga sekaligus refleksi.

Selain fasilitas berupa bangku-bangku tempat duduk dan tempat nongkrong kawula muda Balikpapan, disediakan juga fasilitas wifi bagi para pengunjung.

Sayangnya, saya belum sempat mencoba wifi yang ada di sana.

Di tengah-tengah taman, ada sebuah patung lambang minyak dengan air mancur warna-warni, katanya. Tapi, saat saya nongkrong di sana, tidak ada lampu warna-warni yang menghiasi patung minyak, mungkin sudah rusak kali ya.

Meskipun saya datang bukan di malam minggu, tapi keadaan taman cukup ramai, banyak pengunjung yang membawa serta anak-anak mereka, dan mereka terlihat ceria banget bermain di Taman Bekapai.

Tempatnya rindang, asyik banget buat nongkrong dan duduk-duduk santai, sekaligus menikmati wisata kuliner yang ada di sana.

Di sisi seberang kantor PLN, berjejer-jejer penjual makanan dan minuman dengan berbagai jenisnya, sebagai salah satu tempat kuliner favorit di Balikpapan.

Namun, karena saya sudah kekenyangan saat makan di hotel, jadinya malam itu saya sama sekali tidak makan malam, hanya memesan segelas kopi seharga 5 ribu rupiah.

Sempat juga didatangi tante-tante mucikari yang menawarkan cewek PSK, tapi saya tolak dengan halus.

Finally, harus saya bilang, Taman Bekapai Balikpapan ini wajib banget buat dikunjungi saat berada di Balikpapan Kalimantan Timur. Serius. Jangan lupa berkunjung ya. Kunjungi juga tempat wisata di Balikpapan yang ini: Pantai Kemala Balikpapan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post