Saturday, March 31, 2018

Review: Pengalaman Menginap di Swiss Belhotel Balikpapan, Bagus Gak?

author photo
jumanto.com - Pernah punya pengalaman menginap di Swiss Belhotel Balikpapan? Pada tulisan ini saya akan memberikan review setelah menginap di hotel ini selama dua malam. Jangan tertukar sama Swiss Belinn Balikpapan ya, karena dua hotel di Balikpapan ini merupakan hotel yang berbeda dan kelasnya pun beda.

Swiss Belhotel International merupakan sebuah jaringan hotel yang telah mengelola lebih dari 145 hotel, resort, dan proyek lain di China, Indonesia, Malaysia, Bahrain, Mesin, Oman, Irak, Filipina, Vietnam, Saudi Arabia, Qatar, Uni Emirat Arab, Australia, Selandia Baru, Tanzania, Georgia, dan Bulgaria.

Karena merupakan jaringan internasional dan sudah tersebar di berbagai negara, seharusnya pengelolaannya tentu lebih profesional dan lebih bagus.

Kita dapat menemukan lokasi Swiss Belhotel ini di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Lampung dan Jambi pun saya lihat sudah ada.

Di Jambi, lokasi Swiss Belhotel dekat dengan Hotel Luminor, tempat saya menginap selama diklat 3 minggu.

Sedangkan di Lampung, Swiss Belhotel terletak di Jalan Rasuna Said, menggantikan hotel yang sebelumnya bernama The 7th.

review swiss belhotel balikpapan
foto kamar swiss belhotel malam hari

Review Pengalaman Menginap di Swiss Belhotel Balikpapan


Karena pantia sudah menyiapkan tempat di Swiss Belhotel Balikpapan, maka saya pun menginap di Hotel ini.

Saya tidak memesan hotel lewat Traveloka, Pegi pegi, atau Tiket.Com. Kamar sudah dibooking oleh panitia, saat sampai di resepsionis, saya langsung check in sekalian  bayar.

Oh ya, Swiss-Belhotel Balikpapan merupakan salah satu hotel bintang 4 yang ada di kota Balikpapan. Hotel di Balikpapan ini katanya memiliki 200 kamar termasuk Presidential Suite, Business Suites, Executive Club Suite, Superior Deluxe dan Deluxe.

Swiss Belhotel Balikpapan juga memiliki ruangan pertemuan ballroom yang diklaim sebagai ballroom terbesar di Kalimantan Timur dengan kapasitas sampai 2.000 orang berdiri atau 1.500 orang dengan tata ruang teathre.

Nah, tanpa panjang lebar, berikut ini review saya mengenai Swiss Belhotel Balikpapan.

Lokasi Swiss Hotel Balikpapan berada di Balikpapan Ocean Square, Tempat Wisata Belanja dan Kuliner


Alamat Swiss Belhotel Balikpapan terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ilir, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, berada di dalam kompleks Balikpapan Square, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di kota Balikpapan.

Lokasinya cukup strategis, mudah dijangkau, tidak jauh dari Hotel Aston Balikpapan, dan beberapa meter dari lokasi ini berdiri juga Plaza Balikpapan.

Persis di belakang/samping hotel adalah laut lepas, tapi tidak ada pasir pantainya sehingga cuma bisa dipandang saja, tidak buat mandi atau berenang.

Dari Bandara Sepinggan Balikpapan, lokasi Swiss Belhotel juga cukup dekat, dengan perjalanan sekitar 15-20 menit saja menggunakan taksi, dengan tarif taksi bandara 70 ribu rupiah.

Overall, untuk lokasi, enak banget buat dijangkau dan mudah buat ditemukan, hanya saja lokasinya memang tidak berada di pinggir jalan raya persis, melainkan harus masuk ke kompleks Balikpapan Ocean Square.

Customer Service/Front Office


Layanan customer service cukup baik, mereka menyapa dan memberikan senyum kepada pelanggan, dan mau membantu saat diperlukan.

Bisa menitipkan barang di customer service.

Tarif kamar Swiss Belhotel Balikpapan


Saat saya menginap di hotel Balikpapan ini, saya dan Kasubag saya dapat tarif yang murah banget, lebih murah dari tarif di Traveloka.

Mungkin karena yang memesan orang kantor, jadi dapat diskon atau promo dari Swiss Belhotel Balikpapan.

Kalau tarif resmi yang tertulis di website Swiss Belhotel sih segini besarannya:

  • Deluxe Twin dengan Luas 32 meter persegi, Twin Size Bed, tarifnya dari 648.000 IDR / Malam
  • Deluxe Queen dengan luas sekitar 32 meter persegi, Queen Size Bed tarif mulai dari 768.000 IDR / Malam Termasuk Pajak & Biaya.
  • Superior Deluxe dengan luas 38 meter persegi, Queen Size Bed, tarif mulai dari 1.018.000 IDR / Malam Termasuk Pajak & Biaya.
  • Executive Suite dengan luas 47 meter persegi, Ranjang ukuran Queen, tarif mulai dari 1.408.500 IDR / Malam Termasuk Pajak & Biaya.
  • Business Suite dengan luas sekitar 66 meter persegi, Queen Size Bed, tarif mulai dari 1.908.500 IDR / Malam Termasuk Pajak & Biaya.

Saat menginap di sini, saya dipesankan kamar deluxe queen dengan tarif per malam 550 ribu rupiah sudah termasuk pajak, biaya, dan sarapan pagi gratis.

pengalaman menginap di swiss belhotel balikpapan

Enak ya bisa dapat tarif hotel murah segitu.

Sedangkan Kasubag saya, untuk kamar Superior Deluxe, tarif per malamnya cuma 700 ribu rupiah, lebih murah dibandingkan pesan di Traveloka, silakan dicek.

Fasilitas Kamar Swiss Belhotel Balikpapan


Fasilitas yang disediakan oleh Swiss Belhotel Balikpapan:
  • tempat tidur yang bersih dengan 4 buah bantal, tidak ada bantal guling.
  • lampu semuanya warna kuning, tidak terlalu terang.
  • tv.
  • AC.
  • meja kursi.
  • lemari.
  • tempat sampah.
  • karpet.
  • peralatan mandi.

Sayangnya, handuk tidak disediakan di kamar mandi. Setelah saya telpon housekeeping, barulah diantarkan handuk dan itu pun menunggu agak lama.

Kasubag saya dan tamu lainnya pun harus minta handuk baru disediakan.

Oh ya, ada juga kopi, gula, teh, dan pemanas air bagi yang ingin minum kopi atau teh.

fasilitas swiss belhotel balikpapan

Disediakan juga dua botol air mineral.

Untuk fasilitas wifi, disediakan gratis, password menggunakan nomor kamar, tapi saya belum mencobanya.

Jadi kurang tahu kenceng atau gaknya.

Di hotel ini juga katanya ada kolam renang tapi saya belum sempat berkeliling.

Kondisi kamar bersih, kamar mandi juga bersih, gak bau, pakai shower permanen, bukan shower yang bisa dipindah dipegang pakai tangan.

Sarapan


sarapan swiss belhotel balikpapan

Sarapan cukup variatif, ada nasi putih, nasi goreng, bubur ayam, soto, mie rebus, buahnya juga komplit, aneka jajanan, roti, kue, cukup lengkap dan banyak banget pilihannya deh.

Untuk sarapan, saya cukup puas, terutama buah-buahannya yang variatif banget, sayangnya tidak disediakan pisau untuk mengupas buah.

Ruangan Pertemuan


Saat saya menginap di sini, kondisi Balikpapan Ocean Square sedang direnovasi, jadi hampir tidak ada pengunjung yang datang ke tempat perbelanjaan ini.

Nah, ruangan pertemuan kami berada di seberang hotel, masih satu kompleks sih, naik ke lantai 3.

Ruangan pertemuannya OK, tapi saat menggunakan toilet, sepi banget, bikin takut juga, gak ada orang soalnya heheh.

Mungkin karena sedang direnov sih.

Kesimpulan


Overall, dari segi lokasi, fasilitas kamar, sarapan, dan layanan customer service, cukup memuaskan. Tidak ada yang mengecewakan menurut saya, kecuali handuk yang mesti request dan menunggu agak lama.

Jika saya nilai, saya kasih 8 saja dari 10.

Nah, itu saja Review Pengalaman Menginap di Swiss Belhotel Balikpapan dari saya, mudah-mudahan bisa menjadi referensi menginap bagi kalian. Kunjungi Juga: Pantai Kemala Balikpapan dengan Pasir Putihnya yang Mempesona.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post