Thursday, March 29, 2018

author photo
jumanto.com - Sudah pernah dengar nama Pantai Kemala di Balikpapan? Pantai ini ternyata cantik juga, hamparan pasir putih lembut dapat saya rasakan, meskipun saya berkunjung di malam hari dengan suasana gelap, kecuali di bagian resto di Kemala Beach serta tempat kuliner di pinggiran pantai.

Jika kalian sedang jalan-jalan ke kota Balikpapan, salah satu pantai yang harus kalian kunjungi adalah Pantai Kemala ini. Lokasinya tidak jauh dari Taman Bekapai, Pantai Monpera, Tugu Australia, Taman Merdeka, dan Pantai Melawai.

Tidak terlalu banyak memang tempat wisata di Balikpapan yang bisa kita kunjungi, namun ada beberapa destinasi yang harus kalian kunjungi saat liburan ke Balikpapan, dan Pantai Kemala ini adalah salah satu rekomendasinya.

Pantai Kemala Balikpapan memiliki keistimewaan tersendiri, selain pasir putihnya yang halus, di kawasan pantai ini juga berdiri beberapa kafe dan resto serta tempat kuliner di pinggiran pantainya, makanya orang biasanya menyebutnya sebagai "Jimbarannya Kota Balikpapan".

foto pantai kemala balikpapan
foto pantai kemala balikpapan by akun instagram @nufus_smith

Apalagi gapura masuk ke tempat kulinernya menggunakan gapura ala-ala Bali gitu, jadi suasananya memang dibikin seperti berada di Pulau Dewata.

Pengunjung yang datang ke Pantai Kemala di sore hingga malam hari, bisa duduk-duduk di kursi-kursi yang telah disediakan untuk nongkrong, memesan makanan atau sekedar minuman, kopi misalnya, sambil ditemani live music.

Ah, cakep banget deh suasana Pantai Kemala ini buat nongkrong di kota Balikpapan, apalagi tiket masuknya murah banget.

Lokasi Pantai Kemala Balikpapan


gambar pantai kemala balikpapan
Gapura masuk cafe & resto

Alamat Pantai Kemala Balikpapan berada di Jalan Jenderal Sudirman, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Sangat mudah untuk menemukan lokasi Pantai Kemala di Balikpapan ini, karena lokasinya memang tidak jauh dari jalan raya.

Dari Jalan Jenderal Sudirman, cuma jalan kaki beberapa meter saja sudah masuk ke kawasan Pantai Kemala.

Rute jalan menuju Pantai Kemala juga dapat dengan mudah kalian temukan di peta Google Maps. Karena letaknya ada di pusat kota Balikpapan, kalian gak perlu pergi jauh-jauh saat berwisata ke pantai cantik di Balikpapan ini.

Saat main-main ke Pantai Kemala kemarin, saya naik Gojek dari Swissbell Hotel Balikpapan, ongkosnya cuma 5 ribu rupiah bayar pakai Go-Pay.



Selain naik ojek online atau taksi online, kalian juga bisa naik angkutan umum atau angkot dari terminal menuju ke Pelabuhan Semayang Balikpapan.

Turun saja di Rumah Sakit Bhayangkara. Persis di samping RS Bhayangkara Balikpapan, ada jalan masuk menuju Pantai Kemala.

Cuma jalan paling berapa meter, kalian sudah masuk ke kompleks Pantai Kemala dan lokasinya memang deket banget sama RS Bhayangkara.

Arah menuju pantai Kemala memang satu arah dengan Pelabuhan Semayang dari Plaza Balikpapan/Taman Bekapai.

Harga Masuk Pantai Kemala


Harga tiket masuk Pantai Kemala cukup murah, cuma 5 ribu rupiah saja per orang, dan ini masih lebih murah dibandingkan tiket masuk pantai-pantai yang ada di Lampung.

Biaya masuk Pantai Kemala Balikpapan tersebut belum termasuk biaya parkir bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Kendaraan pribadi menurut tulisan yang ada di pos masuk, dikenakan lagi biaya parkir.

Sebelum masuk ke kawasan Pantai Kemala, ada pos untuk membeli tiket masuk. Di pos inilah kita harus membayar biaya tiket masuk Pantai Kemala Balikpapan.

Setelah masuk ke pantai, kalian bisa berenang di pantainya, menikmati kelembutan pasir putihnya, atau naik banana boat dengan tarif sekitar 25 ribu rupiah per orang.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di sore hari, sekalian mandi, sekalian juga menikmati sensasi melihat matahari sunset lanjut malam harinya makan malam di Kemala Beach &Resto.

Harga makanan di Kemala Beach Balikpapan masih terbilang wajar, dan masih ramah banget di kantong pengunjung.

Fasilitas yang disediakan


Pantai di Balikpapan ini merupakan salah satu tempat nongkrong di Balikpapan yang paling asyik buat dikunjungi, apalagi kalau akhir pekan, ramai-ramai ke sini bareng kawan, asyik banget deh.

Di D'Jimbaran Resto yang ada di Kemala Beach, kita bisa memesan makanan nusantara dan juga masakan eropa.

suasana pantai kemala balikpapan di malam hari

Lampu-lampu berwarna kuning menjadi sumber cahaya penerang yang membuat suasana makan di pinggiran pantai jadi kian romantis.

Deburan ombak terdengar dari tempat kita menikmati kuliner, meskipun ombaknya memang tidak terlalu besar.

Selain aktivitas bermain banana boat, mengajak anak bermain pasir di Pantai Kemala asyik banget lho.

Beneran deh, kalau lagi liburan di Kota Balikpapan, kalian mesti dateng ke Kemala Beach Kalimantan Timur ini di waktu sore hingga malam hari, terutama di akhir pekan.

Untuk hari-hari biasa, suasana malam harinya memang cukup sepi. Awal-awal dibuka dulu mungkin ramai juga kali ya.

Oh ya, di dekat pantai juga ada Wisma Kemala lho. Jadi, buat kalian yang mau nyari penginapan atau hotel di Balikpapan, bisa mencoba menginap di sini kalau gak pengin jauh-jauh dari Pantai.

Kesimpulan


Salah satu tempat wisata di Balikpapan di Kalimantan Timur yang lokasinya ada di pusat kota dan mudah banget dijangkau adalah Pantai Kemala Balikpapan.

Lokasi ada di Jalan Jenderal Sudirman, persis di samping RS Bhayangkara.

Harga tiket masuk murah banget, cuma 5 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu, terutama saat liburan di bulan Juni Juli, lebaran, akhir tahun Desember dan Januari).

Rute jalan mudah, bisa naik angkot atau transportasi online.

Ada cafe & resto untuk tempat nongkrong dan menikmati kuliner.

Nah, itu saja cerita singkat berdasarkan pengalaman saya jalan-jalan ke Pantai Kemala Balikpapan. Baca juga: Wisata Lampung yang Harus Kalian Kunjungi.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post