Thursday, March 1, 2018

Kehujanan di Kebun Raya Baturaden: Wisata yang Gagal Hahaha

author photo
jumanto.com - Pernah jalan-jalan ke Kebun Raya Baturaden? Tempat wisata di Purwokerto Banyumas yang satu ini merupakan satu-satunya kebun raya yang dimiliki oleh Jawa Tengah lho. Menurut sejarahnya, pendirian Tempat Wisata Kebun Raya Baturaden ini diinisiasi oleh Mantan Presiden RI,  Ibu Megawati Soekarno Putri.

Kebun Raya Baturaden sendiri (bukan Kebun Binatang Baturaden ya), belum terlalu lama diresmikan. Baru pada akhir tahun 2015 lalu Kebun Raya Baturaden resmi dibuka sebagai salah satu tempat wisata pendidikan yang ada di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Karena waktu itu wisata kebun raya di Purwokerto ini lagi ngehits-ngehitsnya, termasuk salah satu tempat wisata baru di Baturaden, makanya saat mudik ke Purbalingga, kami pun berangkat sekeluarga menuju tempat wisata di Baturaden ini.

Penasaran saja sih dengan ramainya berita Kebun Raya Banyumas setelah mendengar berita tanaman bunganya rusak oleh sekelompok anak alay yang foto-foto di sana :D

foto kebun raya baturaden
wahana wisata kebun raya baturraden

Lokasi Kebun Raya Baturaden, Purwokerto, Banyumas


Alamat Kebun Raya Baturaden terletak di Jalan Pancuran Tujuh, Wana Wisata Baturraden, Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Lokasi kebun raya tidak jauh dari kota Purwokerto, sekitar 14 km atau sekitar 30 menit perjalanan saja dari pusat kota.

Kalau dari rumah orang tua saya di Pelumutan, Kemangkon, Purbalingga, butuh waktu 1 jam lebih untuk sampai di Kebun Raya Baturraden.

Arah menuju Kebun Raya Baturaden cukup mudah dengan adanya peta rute yang bisa kalian lihat di Google Maps.

Rute jalan menuju Kebun Raya Baturaden bisa ditempuh lewat beberapa alternatif, dan waktu itu kami menempuhnya lewat Purbalingga - Padamara - lalu menuju Wana Wisata Baturaden.

Kawasan Wana Wisata Baturaden sendiri gak terlalu asing buat saya, karena dulu saya pernah camping di Bumi Perkemahan Baturaden ini.

Lokasi kebun raya masih satu kompleks dengan Bumi Perkemahan Baturaden. Dari Buper, jalan lurus lagi melewati sejuknya pepohonan pinus yang sangat rindang sampai ketemu Gapura bertuliskan "Kebun Raya Baturaden".

gambar kebun raya baturaden

Parkir kendaraan di sini, dan jangan lupa, meskipun sudah bayar tiket masuk, di lokasi ini masih tetap dikenakan biaya parkir kendaraan.

Kalau mau jalan-jalan ke sini, enakan bawa kendaraan sendiri sih. Transportasi atau angkutan umum ke Wana Wisata Baturaden agak ribet sepertinya.

Bayar Harga Tiket Masuk Kebun Raya Baturaden


Kami liburan ke Kebun Raya di Baturaden di bulan Februari 2016 lalu, jadi sudah dua tahun yang lalu :D.

Tepatnya, pada tanggal 21 Februari 2016 kami jalan-jalan piknik ke Kebun Raya Purwokerto.

Setelah sampai di depan gerbang pintu masuk Wana Wisata, kami antri sebentar untuk membeli tiket masuk.

Waktu itu, kami membeli tiket masuk terusan dari Kebun Raya, Air Terjun/Curug Telaga Sunyi, hingga pancuran tujuh dengan biaya tiket masuk 20 ribu rupiah per orang.

Pertimbangannya, daripada mesti beli tiket masuk per tempat wisata, mending sekalian aja beli tiket terusan biar lebih murah.

Ternyata, gagal rencana kami jalan-jalan ke Telaga Sunyi dan Pancuran Tujuh karena kehujanan di Kebun Raya Batur Raden :D

Menikmati Wahana Wisata Kebun Raya Batur Raden


Sesampai di lokasi kebun raya, kami langsung parkir kendaraan, kemudian jalan menanjak menuju lokasi wahana wisata kebun raya Baturaden.

naik tangga ke kebun raya baturaden

Sayangnya saya gak sempat ambil banyak gambar kebun raya. Saya cuma punya koleksi beberapa foto yang gambarnya kurang bagus.

Kami berkeliling lokasi kebun raya, foto-foto di taman bunga kebun raya baturaden, bermain ayunan, jalan di "jembatan gantung", dan berbagai wahana permainan anak yang ada di sana.

taman bunga kebun raya baturaden

Kami juga sempat jalan-jalan ke kebun yang berisi aneka tanaman obat dan koleksi flora lainnya.

Di sela-sela keasyikan kami menikmati kawasan wisata Baturaden, hujan tiba-tiba turun dengan lebatnya.

Jadilah kami berteduh di bangunan (entah lupa apa namanya, kayak kantornya gitu) menunggu hujan reda, yang ternyata hujannya deras banget.

Berharap hujan reda dan kami bisa melanjutkan jalan-jalan ke Pancuran 7, eh sampai lama banget hujan tak kunjung reda.

Sampai menjelang sore, hujan masih turun dengan derasnya.

Kami pun akhirnya memutuskan pulang dan menyisakan kekecewaan karena gagal wisata ke Pancuran 7 dan Curug Telaga Sunyi.

Dua kali jalan-jalan ke Baturaden, dan dua kali pula kami kehujanan.

Fasilitas Yang Ada di Kebun Raya Baturaden


Kebun Raya Baturaden Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sudah dilengkapi dengan areal parkir yang cukup luas baik untuk kendaraan roda dua, mobil, maupun bus pariwisata.

Buat kalian yang mau jalan-jalan ke kebun raya, gak perlu khawatir kelaparan, banyak juga yang jualan makanan di sana.

Tak lupa pula, penjual oleh-oleh pun cukup banyak, jadi bisa bawa oleh-oleh pulang.

Mushola ada di belakang kantor, tempat kami berteduh selama hujan turun.

Keberadaan Kebun Raya Baturaden tentunya makin lengkap saat ini dibandingkan dengan kunjungan saya tahun 2016 lalu.

Yah, itulah cerita pengalaman kami saat jalan-jalan ke Kebun Raya Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Baca Juga: 16 Destinasi Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Harus Kalian Kunjungi.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post