Saturday, March 3, 2018

Lengkap: Cara Cek Saldo BRI Online Maupun Offline Beserta Info Biaya

author photo
jumanto.com - Sebagai nasabah bank BRI baik Simpedes, Britama, maupun jenis tabungan BRI lainnya, sudah semestinya kita tahu cara cek saldo BRI baik secara online maupun offline. Mengecek saldo rekening tabungan BRI secara rutin berguna untuk memastikan tidak ada transaksi yang tidak kita kenal.

Karena saya punya cerita kasus teman saya yang setelah mengecek transaksi yang ada di rekening tabungannya ternyata tidak dikenal.

Jadi dia merasa aneh, uangnya di rekening tabungan BRI tiba-tiba berkurang berkali-kali padahal dia merasa gak pernah mengambil.

Setelah ditelusuri dan diamati, ternyata pengambilan uang tersebut dilakukan oleh keluarga sendiri tanpa diketahui oleh si pemilik rekening.

Nah, untuk memastikan bahwa rekening BRI kita tidak ada transaksi aneh, atau uang di rekening dicuri, maka kita harus rutin mengecek transaksi rekening kita termasuk cek saldo rekening BRI sebelum ambil duit di ATM.

Panduan Berbagai Cara Cek Saldo BRI baik Online Maupun Offline


Cara cek saldo ATM BRI bisa dilakukan dengan banyak cara, tinggal kita pilih saja mana yang paling praktis atau yang paling mudah menurut kita.

Di jaman serba online dan smartphone yang makin canggih, cara cek saldo ATM BRI lewat hp android adalah pilihan paling praktis dan paling mudah menurut saya.

Tidak usah jauh-jauh keluar rumah, cukup pegang hp, dan informasi transaksi perbankan dari Bank BRI pun dapat kita peroleh secara akurat, cepat, dan real time.

Cara cek saldo ATM BRI di HP ini yang paling saya rekomendasikan untuk kalian gunakan jika ingin menghemat waktu, tapi risiko keamanan juga makin tinggi.

Tanpa panjang lebar, berikut ini cara cek saldo rekening BRI yang bisa kalian coba, silakan pilih sesuai dengan yang paling enak buat kalian.

1. Cara cek saldo BRI dengan cetak buku tabungan


cara cek saldo bri
gambar buku tabungan BRI Britama

Sebelum kenal dengan internet banking BRI dan SMS/Mobile Banking BRI, saya biasanya cetak buku tabungan di Bank BRI Tanjung Karang untuk mengecek saldo rekening dan rincian transaksi perbankan dalam suatu periode.

Nah, cara cek saldo BRI secara offline ini sampai sekarang pun masih pastinya tetap bisa digunakan karena buku tabungan merupakan salah satu dokumen yang gak boleh hilang.

Untuk keperluan perbankan, buku tabungan ini selalu dipersyaratkan untuk dibawa, misal mau lapor kehilangan ATM dan lain-lain.

Jika kehilangan buku tabungan BRI segera lapor kehilangan ke Kepolisian dan urus ke Cabang BRI terdekat.

Kalian akan dikenakan biaya penggantian buku tabungan BRI yang hilang.

2. Cara cek saldo rekening BRI lewat ATM


Cara cek saldo BRI selanjutnya adalah dengan mengecek saldo BRI di mesin ATM yang tersebar di berbagai tempat.

Cara cek saldo BRI lewat ATM ini tanpa pulsa, sehingga hemat biaya pulsa, tapi mungkin kena biaya parkir, apalagi di Lampung, yang gak ada tempat tanpa pungutan parkir hehehe.

Cara cek saldo bank BRI di ATM: masukkan kartu ATM ke mesin ATM, masukkan PIN, lalu pilih menu transaksi cek saldo.

Setahu saya, untuk cek saldo BRI di ATM BRI gratis. Tapi jika cek saldo rekening tabungan BRI di ATM Bersama, atau ATM Bank Lain, akan dikenakan biaya 4.000 rupiah per transaksi.

Cek saldo BRI di mesin ATM sebelum ambil tunai juga dianjurkan. Tujuannya, untuk memastikan apakah saldo rekening = saldo sebelum ambil uang dikurangi nominal pengambilan uang.

Takutnya mesin ATM error atau diakalin sama orang, sehingga saldonya tidak cocok.

3. Cara cek saldo tabungan BRI lewat SMS Banking BRI


Untuk mengaktifkan SMS Banking BRI, kalian harus mendaftar dulu. Cara daftar SMS Banking BRI bisa dilakukan lewat mesin ATM atau dengan datang langsung ke kantor Cabang BRI terdekat.

Setelah mendaftar SMS Banking BRI, kalian pun bisa mengecek saldo tabungan BRI lewat HP dengan mengetikkan SMS.

Format SMS untuk cek saldo tabungan BRI adalah: SALDO Spasi PIN SMS Banking BRI. Contoh SALDO 123456. Lalu kirim sms tersebut ke 3300.

cara cek saldo bri lewat sms

Setelah itu kalian akan dapat SMS berisi informasi saldo BRI kalian.

Setiap SMS yang dikirim dan diterima akan dikenakan biaya. Kalau menggunakan Telkomsel biayanya sekitar 660 rupiah per sms.

4. Cara cek saldo BRI lewat Mobile Banking BRI


Selain menggunakan layanan SMS Banking BRI, kalian juga bisa menggunakan layanan mobile banking BRI.

Syaratnya, harus terdaftar dulu di  SMS Banking BRI dan download aplikasi Mobile Banking BRI di Playstore atau Appstore.

Setelah Download Aplikasi, tinggal buka saja Mobile Banking BRI dan pilih menu cek saldo BRI, maka cek saldo ATM BRI melalui hp pun semudah membalikkan telapak tangan.

cara cek saldo bri via mobile banking

Informasi saldo akan kalian terima lewat SMS dan akan dikenakan biaya sms.

5. Cara mengecek saldo BRI secara online lewat Internet Banking BRI


Untuk bisa mengecek saldo BRI online via internet banking BRI, kalian mesti daftar internet banking BRI dulu baik lewat mesin ATM maupun lewat CS Bank BRI.

Setelah terdaftar pada layanan internet banking BRI, kalian bisa cek saldo dan transaksi rekening BRI lewat internet banking BRI.

cara cek saldo simpedes online

Layanan internet banking BRI ini bisa diakses di ib.bri.co.id baik lewat HP maupun PC Komputer/Laptop.

Selain itu, bisa juga mengakses layanan Internet Banking BRI lewat Aplikasi BRI Mobile dan pilih menu Internet Banking BRI, bukan Mobile Banking.

Lewat internet banking BRI, kita juga bisa cek no rekening BRI kita, mengecek transfer BRI apakah sudah masuk, dari siapa, dan sebagainya.

Biaya cek saldo BRI lewat internet banking BRI gratis.

Kesimpulan


Saya sangat merekomendasikan untuk cek saldo bri simpedes online atau Britama online. Makanya segera daftar internet banking BRI dan SMS banking BRI jika belum terdaftar.

Lebih praktis, hemat waktu, dan mudah banget tanpa ribet.

Nah, kiranya itu saja 5 Cara Cek Saldo BRI baik online maupun offline dari jumanto.com.  Baca Juga: Cara Cek Saldo Tabungan BRI lewat HP Android.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post