Friday, February 9, 2018

Cetak Tiket Kereta Api Dimana?

author photo
Jumanto.Com - Kalau saya beli tiket kereta api di Indomaret, cetak tiket kereta api dimana ya? Bagaimana cara menukar tiket kereta api dari Indomaret? Gimana cara menukar tiket kereta api dari Alfamart? Kapan batas waktu penukaran tiket kereta api online? Bisakah cetak boarding pass kereta di stasiun lain?

Buat kalian yang baru pertama kali beli tiket kereta api secara online atau beli tiket kereta api via Indomaret atau Alfamart, mungkin timbul pertanyaan-pertanyaan di atas.

Cara pesan tiket kereta api memang kini makin mudah, bisa dibeli di mana saja, kapan saja, tanpa terikat waktu dan tempat.

Dengan adanya layanan pemesanan tiket kereta api online, makin fleksibel saja saat mau booking tiket kereta api.

Tapi, bagi orang yang belum pernah beli tiket kereta online, pasti awalnya bingung. Atau orang yang belum pernah naik kereta api, pasti bingung juga cara naik kereta api dari beli tiket, cetek tiket kereta api, hingga cara menunggu kereta dan cara naik kereta.

Saat mau turun pun terkadang bingung, mau turun di mana, takut kelabasen, dan kekhawatiran lainnya.

Cetak Tiket Kereta Api Dimana?


cetak tiket kereta api dimana

Jika kita membeli tiket kereta api secara online, atau beli tiket kereta Api di Alfamarat dan Indomaret, kita harus mencetak tiket sebelum naik ke kereta.

Cara penukaran tiket kereta api dari indomaret atau penukaran tiket kereta api alfamart adalah dengan menggunakan kode booking yang tertera di struk pembelian.

So, informasi paling penting untuk cetak tiket kereta api di stasiun adalah menggunakan kode booking ini.

Cara cetak tiket kereta api: datang saja ke Stasiun keberangkatan, cari mesin cetak tiket kereta, masukkan kode booking, lalu cetak boarding pass/tiket kereta apinya.

Misalkan kita berangkat dari Stasiun Pasar Senen menuju Jogja, maka kita harus mencetak tiket kereta di Stasiun Pasar Senen.

Jika kesulitan, kita bisa minta bantuan ke bagian informasi di Stasiun.

Untuk stasiun yang belum memiliki mesin cetak tiket kereta api, bisa cetak tiket ke petugas stasiun.

Batas Waktu Cetak Tiket Kereta Api


Cetak boarding pass atau tiket kereta api online kini makin mudah, karena waktu cetaknya bisa lebih panjang.

Kita bisa mencetak tiket kereta api di Stasiun sejak H-7 keberangkatan. Jadi, 7 hari sebelum keberangkatan kereta api, kita bisa mencetak tiket terlebih dahulu.

Beda dengan dulu, kalau gak salah 12 jam sebelum keberangkatan baru bisa cetak tiket kereta api.

Kapan waktu cetak tiket kereta api paling lambat?

Pengalaman saya, 1 jam sebelum keberangkatan kereta, kita masih bisa cetak tiket di mesin yang ada di stasiun.

Bahkan kurang dari 1 jam pun, masih bisa cetak tiket. Tapi kalau tersisa 10 menit sebelum keberangkatan kereta, saya belum pernah mencoba apakah masih bisa cetak boarding pass atau tidak.

Stasiun Penukaran Tiket Kereta Online


Pencetakan tiket kereta api online di mesin penukaran tiket hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan.

Saya pernah mencoba cetak tiket kereta api Purwokerto ke Pasar Senen di Stasiun Kiaracondong Bandung, hasilnya ditolak dan di situ tertulis "Pencetakan Tiket Hanya Bisa Dilakukan Di Stasiun Keberangkatan".

Jadi, kalau kita berangkat dari Stasiun Purwokerto, penukaran tiket hanya bisa dilakukan di Stasiun Purwokerto.

Jika berangkat dari Stasiun Jatinegara, penukaran tiket kereta api online juga hanya bisa dilakukan di Stasiun Jatinegara.

Lokasi cetak tiket mandiri sekali lagi hanya bisa dilakukan di Stasiun Keberangkatan kereta sesuai yang kita pesan.

Kesimpulan


Dengan membaca artikel ini, mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan cetak tiket kereta api dimana, kapan batas waktu terakhir cetak tiket atau boarding pass, dan lokasi penukaran tiket kereta api dari Indomaret dan Alfamart.

Pemesanan tiket kereta api sudah makin fleksibel dan bisa dibooking di berbagai tempat secara online.

Demikian saja artikel Cetak Tiket Kereta Api Dimana dan info lainnya, mudah-mudahan membantu. Baca Juga: Harga Tiket dan Jadwal Damri Jakarta Lampung.

1 komentar:


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post