Friday, February 1, 2019

author photo
Jumanto.Com - Tarif paket pos biasa lebih murah dibandingkan dengan tarif pos kilat khusus dan express. Jadi gak heran kalau lama pengiriman paket pos biasa tentunya lebih panjang dibandingkan dengan lama pengiriman paket pos kilat khusus dan express.

Seperti telah kita ketahui bersama, setidaknya ada 3 jenis layanan pengiriman paket dari Kantor Pos Indonesia yaitu Paket Pos Biasa (PaketPos), Paket Pos Kilat Khusus, dan Paket Pos Express.

Untuk lama pengiriman pos express, menurut penuturan dari pihak Pos Indonesia sendiri, katanya cuma satu hari saja barang sudah sampai di alamat penerima. Mereka mengusung moto Pos Express Next Day Service.

Realisasinya apakah benar satu hari atau lebih, bisa kalian baca di pengalaman para pengguna Pos Express.

Kemudian, lama pengiriman melalui pos kilat khusus dari Pos Indonesia lebih lama dibandingkan dengan Pos Express. Butuh waktu 2 s.d. 9 hari agar barang sampai ke alamat penerima.

Ada perbedaan antara pos kilat khusus dan express, terutama terkait tarif dan waktu barang sampai ke tujuan.

Lalu, Berapa Lama Pengiriman Paket Pos Biasa untuk Sampai ke Rumah Tujuan/Alamat si Penerima?


Lama pengiriman paket pos standar atau biasa tentu lebih lama dibandingkan dengan paket kilat khusus dan ekspress.

Sayangnya, belum saya temukan data resmi lama pengiriman paket pos biasa yang dijelaskan oleh PT Pos Indonesia. Saat saya cek di aplikasi Pos pun, tidak muncul Paket Pos Biasa ini.

Yang jelas, waktu pengiriman Paket Pos Biasa atau Standar pasti lebih lama dibandingkan dengan Pos Kilat Khusus.

Jika pos kilat khusus saja bisa sampai 9 hari, maka paket pos biasa pun bakalan lebih dari 9 hari apalagi daerah terpencil yang susah dijangkau.

Kelebihan dari Pos Indonesia, menurut klaim dari PT Pos Indonesia, adalah mereka mampu menjangkau ke seluruh pelosok tanah air.

lama pengiriman paket pos biasa

Lama pengiriman paket pos standar memang dipengaruhi oleh berbagai faktor, sehingga lama pengiriman tidak akan sama antara daerah satu dengan daerah lain.

Faktor utama yang membedakan waktu pengirimannya adalah soal jarak tempuh dan kemudahan akses.

Makin jauh lokasi pengiriman, makin lama waktu pengiriman paket melalui pos biasa, makin susah akses, makin lama juga barang sampai ke tujuan.

Namun, Pos Indonesia kini sudah punya layanan Pos Trecking sehingga kalian bisa melacak barang kiriman sudah sampai di mana, Dengan menggunakan resi, kalian bisa cek paket bos biasa posisinya ada di mana.
Jika tertulis lama pengiriman barang adalah 10 hari, yang dimaksud adalah 10 hari kerja bukan 10 hari kalender. Hari kerja kantor pos silakan lihat: Jam kerja kantor pos terbaru.

Berat minimal paket pos biasa


Kalian bisa menggunakan layanan paket bos biasa untuk barang kiriman dengan berat minimal di atas 2 kg dan berat maksimal 50 kg.

Selain menggunakan ukuran berat, Paket juga dihitung menggunakan ukuran dimensi. Untuk paket berupa kotak/gulungan ukuran maksimal sebagai berikut:
Panjang + 2 (Lebar + Tinggi) = 400 cm, dimensi terpanjang maksimal 150 cm.

Tarif paket pos biasa


Tarif paket pos biasa ditentukan antara lain dari jarak pengiriman, ukuran paket, dan nilai barang yang dikirimkan.

Untuk barang-barang yang memiliki nilai atau barang-barang berbahaya, ada tarif khusus, biasanya lebih mahal terkait risiko yang ditanggung oleh PT Pos Indonesia.

Untuk informasi Lama Pengiriman Paket Pos Biasa beserta Tarif Paket pastinya, silakan tanyakan ke petugas pos saat kalian mengirim barang di kantor pos. Baca Juga: Cara menulis alamat yang benar di surat/paket.

This post have 11 komentar

avatar
Taufan Alfany delete July 14, 2018 at 10:17 PM

Sangat kecewa dgn pengiriman lewat pos...udah lebih dari 3 hari kiriman gak nyampek dari Leces Probolinggo ke Sampang Madura..padahal dah pakek yg expres ..kata pegawainya sehari nyampek

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 19, 2018 at 2:59 PM

Layanan kantor pos memang masih meragukan ya hehehe. Masih kalah bersaing dengan swasta macam JNE, J&T, atau jasa ekspedisi lainnya

Reply
avatar
Megy Febrianisyah delete September 20, 2018 at 6:33 PM

Punyaku nggak bisa ditreking mas. Dari bandung ke sumatera utara, bukan yang terpencil banget kok. Gimana ya kok Gak bisa ditreking? Udh lebih dr seminggu padahal

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete September 21, 2018 at 9:02 AM

minta sama yang nerima di sumut, supaya datang langsung ke kantor pos kecamatan di sana gan. Siapa tahu barang sudah sampai di sana tapi kurir pos males nganter.

Reply
avatar
Evi Rahmaniah delete November 27, 2018 at 2:36 PM

paket pos biasa udah 10 hari tapi ga nyampe-nyampe, kecewa banget sama pos indonesia

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete November 28, 2018 at 7:55 AM

ternyata banyak keluhan dari para pengguna pos indonesia ya

Reply
avatar
Lkomariah delete December 9, 2018 at 9:45 PM

Paket punya ku gak datang-datang pengiriman dari cirebon ke ternate dah hampir 2minggu lbh dan di cek yang muncul cm on proses gk tau dh nyampe mana, aku kecewa

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 10, 2018 at 5:06 AM

mudah-mudahan segera sampai mba,

Reply
avatar
Rahmacollection delete December 14, 2018 at 11:56 AM

Yogyakarta ke kabupaten ketapang berapa hari ya gan ko udah 10 hari belom sampai

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 14, 2018 at 9:32 PM

wah lama banget harusnya sih sudah sampai, coba cek di tracking pos barang sudah sampai di mana

Reply
avatar
Wahyu Achmad s delete December 17, 2018 at 12:27 PM

Nyesel banget 3 kali pakek pelayanan pos, lemot semua. Kalah jauh dengan swasta seperti jnt,JNE dll. Kemaren kirim dari jabar-jember,hari jumat tgl 14 pakek pos next day. Katanya sehari nyampe. Sampe tgl 17 pun paket masih baru sampe Surabaya. Ini next day atau next week. Pdhl paket penting,tgl 16 dipakai buat acara/kerjaan.bahkan saya sampai dikomplain orng,seumur idup gabakal gua pakek pos lagi. -_-

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post