Friday, January 19, 2018

Kampung Daun, Tempat Makan Romantis di Lembang Bandung (Review)

author photo
Jumanto.Com - Sudah pernah mencoba menikmati kuliner di Kampung Daun Bandung? Urusan tempat makan enak dan romantis, Bandung memang gak ada matinya. Jika di hari sebelumnya kami memesan makanan di Boemi Jawa Bandung lewat Gojek, kali ini kami sengaja nyari tempat makan romantis di Bandung, dan jatuhlah pilihan kami ke Kampung Daun Lembang ini.

Setelah gagal mengunjungi Kampung Daun di hari pertama, yang akhrinya malah nyasar ke Floating Market Bandung, akhirnya di hari ketiga, kami bisa kesampaian juga makan malam di Kampung Daun Sersan Bajuri.

Alhamdulillah, selama berkunjung ke salah satu tempat wisata menarik di Bandung ini, tidak ada yang mengecewakan. Review Kampung Daun selengkapnya dapat kalian baca berikut ini.

Tempat Wisata Kampung Daun buat Kuliner Romantis


foto kampung daun bandung
gerbang Selamat Datang di Kampung Daun Bandung

Kampung Daun memang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan, sama tenarnya dengan restoran Sapu Lidi Bandung yang kece itu.

Kampung Daun Parongpong ini merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib kalian kunjungi saat berlibur di Bandung.

foto kampung daun lembang
main main di Kampung Daun Lembang

Liburan keluarga di Bandung bakalan lebih seru jika menikmati makan bersama di Resto Kampung Daun Kota Bandung.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan review mengenai Kampung Daun Bandung setelah di hari ketiga liburan di Bandung, kami makan sore di sini sehabis jalan-jalan dari Dusun Bambu Bandung.

Baca Juga: Foto-foto Seru di Farmhouse Lembang Bandung.

Lokasi Kampung Daun Culture And Gallery Lembang Bandung


gambar kampung daun
pintu masuk Kampung Daun

Kampung Daun menggunakan nama resmi Kampung Daun Culture & Gallery. Suasana Kampung Daun sesuai banget dengan nama ini.

Lokasi Kampung Daun Bandung berada satu arah dengan Kampung Gajah dan Jendela Alam.

Hanya saja untuk sampai ke Kampung Daun Restaurant Bandung, kita harus mengarahkan kendaraan agak ke dalam, masuk ke dalam kompleks Villa Triniti Kampung Daun Lembang dan villa-villa lainnya yang ada di sana.

Alamat Kampung Daun Bandung persisnya berada di Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia.

Tidak ada kendaraan umum yang langsung sampai ke Kampung Daun Lembang, namun jika sampai depan pintu gerbangnya saja ada angkot dari Terminal Ledeng menuju Parongpong lalu turun di depan gerbang masuk ke kompleks Kampung Daun.


Dari Gerbang menuju lokasi Kampung Daun Restaurant jaraknya masih cukup jauh. Jadi, kalau mau menikmati suasana makan di Resto Kampung Daun Bandung, disarankan untuk bawa kendaraan pribadi atau sewa motor/sewa mobil di Bandung.

Harga Tiket Masuk Kampung Daun Lembang Bandung


Biaya tiket masuk Kampung Daun Bandung gratis, gak perlu bayar. Jadi saat kita mau masuk ke kawasan wisata Kampung Daun, kita gak akan disuruh bayar harga masuk ke sana.

Namun, ada biaya parkir kendaraan yang dikenakan kepada pengunjung, dan tarifnya murah banget.

Saya kesana naik motor, tarif parkirnya seribu rupiah, sedangkan tarif parkir mobil cuma 2 ribu rupiah, nanti pengunjung bakalan dikasih selembar tiket bukti bayar parkir setelah membayar biaya parkir.

Tiket masuk Kampung Daun mungkin berbeda dengan Tiket Masuk Sapu Lidi Lembang.

Harga Makanan Di Kampung Daun Bandung


Tujuan kami dateng ke Kampung Daun Lembang Bandung adalah untuk menikmati suasana romantis makan di objek wisata ini.

So, setelah was was juga kalau nyasar dan gak menemukan lokasi Resto Kampung Daun, akhirnya ketemu juga tempat makannya.

Lokasi kuliner Resto Kampung Daun memang masuk ke dalam, melewati beberapa rumah-rumah yang belakangan saya ketahui kalau itu adalah villa-villa yang disewakan.

Awalnya, saya pikir, itu adalah kompleks perumahan di Bandung. Ternyata, itu semua adalah villa-villa Kampung Daun yang disewakan kepada wisatawan.

Setelah bayar parkir kendaraan, lalu memarkir motor di tempat yang telah disediakan, kami berjalan melewati Gerbang Selamat Datang, dan langsung terkesima dengan pemandangan tempat kulinernya.

Ternyata, suasana makan di Kampung Daun memang bener-bener kece dan gak bakalan kita temukan di tempat lain.

foto kampung daun

Pohon-pohon “berlumut”, dihiasi dengan batu-batu yang “berlumut” juga, seolah-olah membawa kita ke suasana hutan yang masih alami, seperti di hutan hujan tropis.

Jalan dengan alas batu yang berkelak-kelok, dengan di kanan kiri berdiri saung-saung dengan berbagai ukuran dinaungi rindangnya pohon, membuat suasana tempat makan benar-benar istimewa, tak ada kata yang bisa menggambarkan suasananya, kecuali kalian datang sendiri ke sini.

Singkat kata: Suasananya kece banget dan keren abis.

Reservasi Saung Dulu sebelum makan di Kampung Daun


Sebelum kami sampai ke dalam, tidak jauh dari Gerbang, kami ditanya sama mbak-mbak yang ada di sana.

Ternyata di sinilah kami harus reservasi saung dulu.

Setelah kami bilang kami mau makan di sini, dikasihlah kami saung nomor 10. Makin besar nomor saung, makin jauh tempatnya, sampai menyeberangi air terjun mini.

Saung nomor 10 letaknya tak terlalu jauh dari pintu masuk, agak dekat air terjun juga. Karena kami cuma bertiga sama mama dan Alya, anak kami, kami pun dikasih saung yang kecil.

saung kampung daun bandung
milih menu makanan di kampung daun

Setelah foto-foto singkat, kami kemudian masuk ke saung nomor 10, lalu memesan makanan.
Oh ya, untuk memanggil waitress, di Kampung Daun ini kalian cukup pukul kentongan yang ada di saung dan waitress pun akan menghampiri kalian dan mencatat apa yang kalian pesan.

Menu makanan Kampung Daun yang kami pesan plus harganya


Banyak sekali menu makanan yang disediakan oleh Kampung Daun Bandung dari makanan khas Jawa Barat atau makanan khas Sunda, makanan nusantara, hingga makanan western dan makanan luar.

Kalau saya sih, seperti biasa, di manapun makan, saya pesan nasi, meskipun makan di pizzahut hehehe.

Nah, setelah melihat-lihat menu yang ada di daftar menu Makanan Kampung Daun, kami pun kemudian memanggil waitress dan memesan menu makanan yang kami pesan di Resto Kampung Daun Bandung.

Berikut ini menu makanan yang kami pesan di Kampung Daun:

  • Saya pesan makan nasi liwet parahyangan, harganya 62,5 k
    makanan pesanan saya di kampung daun
  • Saya dan mama pesan minuman bandrek dua, masing-masing harganya 12 k, total 24 k.
    menu makanan kampung daun
  • Mama juga pesan menu banana split, es krim pisang deh bahasa Jawanya hehehe, harganya 22 k
    makanan di kampung daun bandung
  • Alya pesan home made ice cream, harganya 20 k
    menu makanan kampung daun bandung
  • Mama pesan makanan spaghetti spicy tuna, harganya 39 k
  • Setelah ditotal, lalu ditambah Pajak 10%, kami harus bayar 194.250 saat makan di Resto Kampung Daun Bandung. Gak mahal-mahal amat kok harganya, gak jauh beda dengan harga makanan di Grafika Cikole Lembang Bandung.
Untuk rasa makanan, lumayan enak. Spicy tunanya enak, nasi liwet pesanan saya juga lumayan, masih lebih enak dibandingkan menikmati makanan di Grafika Cikole Bandung.

Menu di Kampung Daun Lainnya Plus Harga


Menu-menu makanan dan minuman di Kampung Daun Lembang lainnya di antaranya:
  • Various Cake terdiri dari Lemon Cheese (Cheese cake rasa Lemon), Blueberry Cheese (Cheese cake dengan topping buah blueberry) dll dengan harga sekitar 30 ribuan belum termask pajak.
  • Warung Kopi Kampung Daun dengan menu Moca Jelly Frappuccino, Green Tea Frappuccino, dan lain-lain dengan harga sekitar 20-30 ribuan belum termasuk pajak.
  • Coffee: aneka macam kopi dengan harga 20-30 ribuan kecuali kelas premium dengan harga 90 ribuan.
  • Cold Beverage seperti es teh 8 k, es kopyor 40 ribuan, es kelapa muda 25 ribuan, susu cola 20 ribuan, sprite, coca cola, fanta 15 ribuan belum termasuk pajak. Aqua botol 6 ribuan.
  • Dessert dengan harga 10-40 ribuan ada banana split, es krim goreng, aneka olahan pisang lain, surabi, keju, home made ice cream, dll.
  • Fritters: bakwan, tempe medoan, tahu, dll dengan harga 10-30 ribuan.
  • Indonesian Favourites: udang bakar jimbaran 85 k, tongseng kambilng 63 k, empal gentong 73 k, sop buntut 98 k, dll dengan harga 50-100 k tergantung menu yang dipesan termasuk nasi liwet parahyangan yang saya pesan.
  • Dan masih ada ratusan menu makanan dan minuman lainnya di Kampung Daun Lembang Bandung, gak kalah deh dengan Pascal Foodmarket.
harga makanan di kampung daun bandung

Kalian juga bisa pesan gado-gado, karedok, mie, batagor, dan menu Indonesia lainnya. Cukup lengkap deh pilihan menunya, banyak banget kalau saya tulis di sini satu per satu :D

Untuk menu baratnya ada aneka pasta, pizza, dan steak yang bisa kalian coba. Pasta dan pizza sekitar 40 ribuan sementara steak memang cukup lumayan harganya, 60 k untuk ayam dan 130 k untuk beef.

Secara umum, saya rasa gak beda jauh dengan harga makanan di Restoran Sapu Lidi Bandung.
Baca Juga: Tempat Makan Enak dan Murah di Bandung.

Kampung Daun Villa, Resort, Dan Hotel


Jika kalian datang ke Bandung ramai-ramai, gak ada salahnya menyewa Villa, resort, atau hotel di sekitaran Kampung Daun Bandung.

Untuk Villa Kampung Daun Bandung sendiri, seperti telah saya sebutkan di atas, ada banyak sekali villa yang disewakan di sekitaran Resto Kampung Daun Lembang Bandung.

Beberapa penginapan yang ada di Kampung Daun Jalan Sersan Bajuri (Villa Triniti Kampung Daun) di antaranya:
  • Villa E3 Trinity Kampung Daun Parongpong dengan 4 kamar.
  • Villa Okta Triniti Kampung Daun dengan 6 kamar.
  • Villa Kampung Daun dengan 3 kamar Shared Pool (kolam renang berbagi) Type A dan Type B.
  • Villa Akun 5 kamar dengan fasilitas kolam renang pribadi.
  • Villa Triniti Kampung Daun Blok K Nomor 19 dengan fasilitas 4 kamar dan kolam renang pribadi.
  • Villa Kampung Daun 4 Kamar Blok D 10.
  • Villa Gardenia Kampung Daun Bandung.
  • Villa Triniti Kampung Daun 2 kamar shared pool.
  • Villa IMS Kampung Daun, Villa Kampung Daun 7 Kamar cocok untuk family gathering kecil-kecilan dan kegian outing seru, ada kolam renangnya juga.
  • Villa Anjali 6 kamar dengan fasiltias kolam renang pribadi
  • Villa Agung Kampung Daun yang memiliki 4 unit villa dengan fasilitas 2 kamar, 3 kamar, 4 kamar, dan 6 kamar.

Harga penginapan di Kampung Daun tentunya lumayan mahal karena memiliki banyak kamar dan dapat menampung banyak orang.

Harga sewanya jelas sudah di atas 1 juta semua per malam hingga 3 jutaan rupiah.

Bagi yang hobi spa, silakan cari juga kampung daun spa di kompleks wisata Kampung Daun Sersan Bajuri Bandung.

Jam Operasional Kampung Daun


Saat kalian mau datang ke Kampung Daun Bandung, perhatikan jam bukan dan jam tutup kampung Daun.

Kampung Daun Lembang buka mulai sekitar pukul 10/11 pagi sampai dengan pukul 11/12 malam. Untuk weekend, biasanya jam tutupnya lebih malam.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Kampung Daun?


Menurut saya, waktu paling pas untuk makan di sini adalah sore hingga malam hari. Sorenya kita bisa jalan-jalan dulu di areal Kampung Daun, foto-foto, lalu malamnya bisa makan malam romantis di sini.

Suasana malamnya itulah justru yang kece habis, ada saung-saung di sisi kanan dan sisi kiri dengan di tengahnya ada jalan berkelok-kelok, dihiasi lampu-lampu kekuningan yang bikin suasana lebih romantis.

kampung daun malam hari

Keren banget deh menikmati wisata malam di Kampung Daun Bandung, dijamin suasana berlibur kalian di Bandung jadi kian berkesan.

Fasilitas Kampung Daun


Untuk fasilitas, beberapa sarana dan prasarana yang ada di Kampung Daun Bandung diantaranya:
  • Saung-saung tempat makan
  • Tempat beli oleh-oleh
  • Tempat foto-foto Kampung Daun yang keren buat ambil gambar cantik manja :D
  • Toilet gratis yang bersih
  • Mushola
  • Air terjun mini
  • Ruang pertemuan
  • Tempat parkir

Kesimpulan Review Kampung Daun Bandung


Harga makanan di Kampung Daun sebanding dengan suasanya yang bakalan kalian dapat, gak mahal-mahal amat kok, gak jauh beda dengan harga makanan di tempat wisata lain di Bandung.

Menu makanan sangat beragam, dari menu Sunda, Nusantara, hingga menu luar, ada ratusan menu yang bisa kalian pesan di Kampung Daun Bandung.

Perhatikan jam buka dan jam tutup saat mau ke Kampung Daun.

Rute termudah menuju lokasi Kampung Daun Parongpong, tempuh jalan lewat Sersan Bajuri.
Tempat wisata lain dekat Kampung Daun ada Jendela Alam, Farmhouse Susu Lembang, Kampung Gajah, Curug Cimahi, Dusun Bambu.

Belum ada angkutan umum yang mengantar langsung sampai ke depan Resto Kampung Daun.

Untuk urusan hotel di sekitar Kampung Daun, kalian bisa sewa villa triniti Kampung daun dan resort, hotel, atau villa lainnya dengan harga yang akan murah jika dihitung per orang.

Fasilitas cukup lengkap, waktu paling asyik makan di Kampung Daun adalah sore hingga malam hari.

Alamat Kampung Daun: Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, Nomor Telepon 022-2787915 / 2784573.

Demikian review singkat mengenai Kampung Daun, Tempat Makan Romantis di Lembang Bandung. Baca Juga: Asyiknya Berlibur di Floating Market Bandung.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post