Tuesday, December 19, 2017

author photo
Jumanto.Com - Dateng ke tempat wisata Tangkuban Perahu merupakan pengalaman tersendiri bagi saya. Saya bisa mengambil banyak gambar Tangkuban Perahu yang amazing, foto-foto kawah Gunung Tangkuban Perahu, serta menikmati langsung betapa kuasanya Sang Pencipta menciptakan alam yang begitu indah.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu kawasan wisata di daerah Subang, gak jauh dari Lembang Bandung, dan memiliki berbagai macam objek wisata yang bisa kalian kunjungi.

Sebagaimana telah kita ketahui, Tangkuban Perahu atau dikenal dengan Tangkuban Parahu, adalah sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya berada di daerah Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Sebenarnya Gunung Tangkuban Perahu bukan hanya berada di Lembang Bandung, melainkan sebagian kawasannya masuk juga ke kabupaten tetangga, Subang.

Berbeda dengan Grafika Cikole, yang masih masuk ke Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Oleh karena itu, karena terletak di daerah perbatasan dan wilayahnya mencakup dua kabupaten, Subang dan Bandung Barat, maka pengelolaannya pun dilakukan oleh dua kabupaten tersebut: Dinas Perhutani Bandung Barat dan Dinas Perhutani Subang.

Gambar Tangkuban Perahu

Obyek Wisata Tangkuban Perahu punya 3 Kawah, Bukan Cuma Satu


Setelah membeli tiket masuk dengan harga 20 ribu rupiah di hari biasa dan 30 rupiah di akhir pekan/hari libur, kalian bisa menjelajah kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Jika kalian ingin berkunjung ke kawasan wisata Tangkuban Perahu, kalian bisa mengunjungi setidaknya 3 kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu.

Perhatikan jam buka Tangkuban Perahu saat berkunjung, jangan sampai kepagian atau kesorean. Perhatikan juga musim, jika sedang hujan maka siapkan mantel atau payung biar kalian bisa jalan-jalan puas di kawasan kawah Tangkuban Perahu.

Siapkan fisik juga untuk berkeliling mengunjungi kawah-kawah yang ada di Gunung Tangkuban Perahu.

Jam operasional Tangkuban Perahu:

  •  jam buka mulai pukul 07.00 pagi.
  • Wisata Tangkuban Perahu tutup pukul 17.00 sore.

Oh ya, soal kawah tadi, Gunung Tangkuban Perahu memang punya  3 kawah, yaitu kawah ratu, kawah domas, dan kawah upas.

Kawah terbesar yang ada di kawasan Gunung Tangkuban Perahu Bandung adalah Kawah Ratu. Parkir motor dan parkir mobil ada di daerah ini.

gambar kawah ratu tangkuban perahu

Jika ingin merasakan sensasi air panas dari Gunung Tangkuban Perahu, kalian bisa datang ke Kawah Domas.

Di Kawah Domas, kalian bisa melemaskan kaki dengan merendam kaki di air panas setelah lelah keliling Gunung Tangkuban Perahu, atau bisa juga memasak telor di sini.

Sedangkan kawah yang paling jauh yaitu kawah upas. Untuk mencapai Kawah Upas, kalian mesti jalan kaki kurang lebih 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 1,2 km dari Kawah Utama, Kawah Ratu.

Foto Gambar Gunung Tangkuban Perahu Bandung/Subang yang Bikin Ngiler


Asal usul Gunung Tangkuban Perahu muncul dalam berbagai versi. Jaman SD dulu saya sering baca mitos sejarah Gunung Tangkuban perahu disertai gambar kartun Tangkuban Perahu orang-orang yang diceritakan di sana.

Gambar legenda Tangkuban Perahu mungkin masih banyak muncul di buku-buku cerita. Buku cerita mitos Tangkuban Perahu memang bakalan lebih menarik kalau dilengkapi dengan gambar cerita Tangkuban Perahu.

Namun, gambar Tangkuban Perahu yang saya share di sini bukan gambar kartun atau gambar cerita, melainkan gambar kawah Tangkuban Perahu dan sekitarnya, hasil saya hunting foto saat main ke Tangkuban Perahu.

Berikut ini beberapa gambar Tangkuban Perahu Bandung yang sempat saya ambil, mohon maaf jika kurang bagus, maklum bukan fotografer hehehe:

1. Gambar Gunung Tangkuban Perahu dari dekat Tempat Parkir


gambar tangkuban perahu dari samping parkir

2. Pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dari Sisi Kiri


pemandangan gunung tangkuban perahu

3. Foto Masjid Tangkuban Perahu dari Jauh


foto masjid tangkuban perahu

4. Foto Gunung Tangkuban Perahu Dari Dekat


foto gunung tangkuban perahu dari dekat

5. Tempat Parkir Mobil Gunung Tangkuban Perahu


tempat parkir mobil tangkuban perahu

6. Foto Jalur untuk Menikmati Kawah Gunung Tangkuban Perahu


trek untuk menikmati tangkuban perahu

7. Gambar warung-warung di Gunung Tangkuban Perahu Berjejer-jejer (dari Jauh)


warung tangkuban perahu

8. Bonus Gambar Ciater (Kebun Teh Sepanjang Jalan Ciater)


gambar ciater


Gambar Tangkuban Perahu di atas hanya berada di kawasan Kawah Ratu, Kawah Utama di Gunung Tangkuban Perahu.

Gambar Tangkuban Perahu lainnya bisa dilihat di instagram.

Nah, kiranya demikian saja sharing Gambar Tangkuban Perahu dari saya. Jangan lupa juga kunjungi tempat wisata dekat Tangkuban Perahu lainnya seperti Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang dan Jayagiri Resort serta Kebun Teh Ciater.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post