Belanja di Shopee Gratis Ongkir? Amankah? Ini Review Saya

Jumanto.Com - Belanja di Shopee Gratis Ongkir? Amankah? Ini Review Saya. Kalian pastinya sudah nonton iklan di TV dong yang katanya belanja online di shopee gratis ongkir. Itu loh yang iklannya seorang cewek ngomong "shopee, shopee, shopee" dan barangnya langsung "ting, ting, ting" pada nongol semua di badan dan di sekelilingnya.

shopee gratis ongkir

Saya sendiri sebenarnya gak kepengaruh sih sama iklan di tv itu, karena saya jarang belanja online juga, dan saya baru punya pengalaman belanja online di dua market place, yaitu belanja di Lazada dan belanja di blibli.com.

Selain kedua marketplace tersebut, saya belum pernah berbelanja online lewat situs-situs lainnya. Biasanya sih saya beli jersey Liverpool atau kaos Liverpool secara online lewat media sosial.

Minggu lalu, akhirnya saya penasaran juga untuk berbelanja di Shopee, karena cerita dari kawan kantor saya yang katanya enak belanja di shopee. Jadilah saya dua kali belanja di Shopee dengan dua kali pengalaman yang berbeda pula.
Baca juga artikel ini: Pengalaman Belanja Online di Blibli.Com yang Bikin Kapok

Shopee id Penipu, Shopee Gratis Ongkir Tetap Ada SKB (*)


Ada gak sih iklan yang jujur? Gak ada hehehe. Kalau kita lihat iklan di tv, semuanya menipu. Katanya minum obat langsung sembuh, pakai kosmetik langsung putih, kendaraan terdepan mutunya tiada tandingannya, dan berbagai kalimat manis lainnya.

Tak terkecuali dengan Shopee. Iklan Shopee Free Ongkir atau gratis ongkir juga sebenarnya kalimat pemanis saja supaya si penonton iklan tergoda untuk berbelanja secara online di Shopee. Faktanya, berbelanja online di shopee tidak benar-benar gratis, dan tetap ada biaya kirim.

Gak percaya?

Silakan saja buka shopee id dan lihat saja pasti akan ada syarat dan ketentuan supaya belanja di Shopee gratis ongkir.

Berikut ini contohnya:

shopee free ongkir
Saat berbelanja, kalian harus memperhatikan yang saya kasih kotak merah. Di sini, ada ketentuan, shopee gratis ongkir jika kalian belanja lebih dari 120 ribu di toko yang sama. Kalau belanjanya lebih dari 120.000 tapi tidak di toko yang sama, si penjual akan mengenakan ongkos kirim alias gak free ongkir lagi, seperti pengalaman saya.

Nah, jadi jangan tergoda dengan iklan shopee free ongkir ya, perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku. Semua iklan pasti cuma manis kata-katanya saja, dan di belakangnya akan selalu ada SKB.

Jadi, Shopee id penipu? Menurut saya, iklannya menipu hehehe.

Pengalaman belanja di Shopee yang pertama, tiba-tiba disuruh transfer biaya ongkir sama si penjual


Nah, pengalaman saya berbelanja online di shopee Indonesia yang pertama adalah saat saya merasa butuh banget sama kaca mata anti radiasi layar komputer. Saya beberapa hari mengalami sakit mata saat melihat komputer dalam waktu yang lama, tapi begitu pinjam kaca mata anti radiasi dari kawan, sakit mata jadi hilang dan tahan lama-lama di depan komputer.

Karena gak mau pinjam terus, saya pun memutuskan untuk berbelanja kaca mata anti radiasi di shopee, dan pilihan saya jatuh ke seller/penjual yang satu ini: tokopixel1.

Saya beberapa kali belanja di Lazada dan blibli.com, selama ini begitu invoice keluar, segitu juga lah yang harus saya bayar tanpa biaya tambahan. Selama ini juga saya langsung pesan saja tanpa chatting dulu sama si penjual.

Nah, waktu belanja di shopee Indonesia ini, dengan penjual dari tokopixel1, saya benar-benar dibikin kesal dan dongkol banget berbelanja di shopee.

Bagaimana gak kesel, tiga hari pesan, barang belum dikirim-kirim juga. Begitu deadline barang harus dikirim, tiba-tiba saya dapat pesan gini:
paggi ka, kmi informasikan untuk kluar plau jawa kena tmbahan biaya ongkir
shopee penipu

Nah, baca chat dari tokopixel1 darah saya langsung mendidih. Kesel bener. Sudah transfer duit, deal harga, tiba-tiba disuruh transfer ongkos kirim 15 ribu rupiah. Dah gitu transfernya ke rekening BCA lagi.

Baru kali ini saya ngerasain gini. Biasanya, namanya belanja online, sebelum dibayar, sudah diinformasikan dulu harga barang sekian dan ongkos kirim sekian. Eh ini, belanja di shopee, invoice sudah diterbitkan, sudah saya bayar, tiba-tiba penjualnya minta ditransfer ongkos kirim. Gila.

Saya benar-benar emosi, dan pesanan pun kemudian saya cancel. Saya minta uang saya dikembalikan, dan pengembalian dana dari shopee pun saya proses.

Pengalaman kedua belanja di shopee id, masih gak gratis ongkir juga


Satu hari setelah pesan kaca mata anti radiasi di shopee, saya kemudian memesan kaca mata HD Vision (kaca mata anti silau) di shopee id, rekomendasi dari teman kantor juga.

pengalaman belanja di shopee id

Setelah mencari barang dengan harga yang murah, pilihan saya jatuh ke seller: deasy_1612.

Harga satu buah kaca mata HD Vision cuma 20.500 saja dan isinya ada dua, warna hitam sama warna kekuningan.

Supaya gratis ongkir, maka saya pesan ramai-ramai, dan jadilah pesanan saya untuk 9 orang, dalam toko yang sama.

Gratis ongkir di shopee setelah belanja Rp120.000?


Ternyata, meskipun belanja sudah di atas 120.000, saya masih belum dapat free ongkir juga dari shopee. Slogan shopee gratis ongkir masih menipu saja.

Seharusnya, harga barang tanpa ongkir adalah 20.500 x 9 = Rp184.500. Tapi masih kena ongkos kirim ke Lampung sebesar 8 ribu rupiah sehingga total invoice Rp192.500,-.

Meskipun belanja di shopee yang kedua ini gak free ongkir, tapi saya gak kecewa seperti pengalaman yang pertama tadi. Karena, di awal transaksi, sebelum terbit invoice, sudah dikasih tahu terlebih dahulu, ada biaya kirim sebesar Rp8.000,-.

Setelah saya setuju dengan biaya kirim 8 ribu rupiah, barulah saya pesan dan terbit invoice, lalu saya bayar (temen saya sih yang bayar hehehe).

Saya pun puas dengan pengalaman pertama saya belanja pada seller deasy_1612 di shopee id, karena barangnya cukup bagus, murah, dan pengirimannya pun cepat. Kaca matanya juga benar-benar isi 2, murah banget dengan harga 20.500,-.

Belanja di Shopee Aman?


Kalau soal penipuan belanja di Shopee, alhamdulillah belum pernah punya pengalaman ditipu sama shopee atau sama seller, paling ya tadi, tiba-tiba diminta ongkos kirim, atau shopee free ongkir cuma di iklan saja.

Selebihnya, untuk transaksi belanja di shopee cukup aman kok. Belanja kaca mata anti radiasi saya yang pertama, yang saya ajukan pengembalian dana dari shopee, diproses juga sama shopee, dan mudah-mudahan dua hari lagi mendarat di rekening saya.

Tips berbelanja di Shopee Biar Aman


Berikut ini tips berbelanja di shopee biar lebih aman:
  • Chat atau hubungi dulu penjual, tanyakan ongkos kirim dan ketersediaan barang, sebelum memesan dan membayar invoice.
  • Baca penilaian dari pembeli sebelumnya supaya tahu kualitas barang yang akan dibeli.
  • Bandingkan barang dari berbagai jenis penjual/seller dan dapatkan harga yang paling murah dengan kualitas barang yang asli.
  • Jika barang tidak dikirim atau dicancel oleh seller, ajukan pengembalian dana pada shopee.
  • Selalu cek proses shipping/pengiriman barang.

Untuk memudahkan transaksi, sebaiknya download juga aplikasi shopee di android atau HP kalian, karena berdasarkan pengalaman saya, penarikan dana dari shopee ke rekening cuma bisa dilakukan lewat aplikasi Shopee.

Demikian review belanja di shopee dari saya, pengalaman bahwa shopee gratis ongkir tidak sepenuhnya benar. Pernah punya pengalaman yang sama dengan saya saat berbelanja di shopee id?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel