Saturday, April 28, 2018

author photo
Jumanto.Com - Cara Upgrade 4G Tri Sendiri (Pengalaman Upgrade 4G Kartu 3). Sudah pernah pake kartu tri 4G? Hmmm, bertahun-tahun menggunakan kartu tri, akhirnya satu minggu yang lalu saya memutuskan untuk upgrade kartu tri ke 4g sendiri sekalian juga upgrade 4G kartu Telokmsel saya, karena kalau dihitung-hitung ternyata rugi juga cuma pakai jaringan 3G padahal smartphone sudah mendukung 4G dan coverage 4G kartu Tri juga sudah masuk ke rumah saya.

cara upgrade 4g tri

Mengapa Sih Mesti Upgrade Kartu Tri ke 4G?


Untuk menikmati fasilitas jaringan 4g kartu 3 sebenarnya gak harus upgrade kartu tri ke 4G sendiri baik secara online maupun dengan datang langsung ke 3Store di kota kalian.

Kalian bisa juga menikmati layanan 4G dari Three dengan cara membeli kartu perdana tri 4G. Kalau sudah beli kartu perdana 3 4G, kalian gak perlu lagi upgrade kartu 3 kalian karena kartu yang kalian beli sudah otomatis dapat menggunakan jaringan 4G.

Namun, bagi kalian yang sudah lama menggunakan kartu 3, dan sampai sekarang kartu tersebut masih belum mendukung 4G, lalu kalian ingin menikmati layanan 4G dari kartu 3, dengan nomor yang sama, tidak berubah, maka mau gak mau kalian harus tukar kartu tri 4G kalian.

Menukar kartu tri lama kalian dengan kartu tri yang baru dengan nomor yang sama, itulah yang dinamakan upgrade kartu 3 3G ke 4G.
Untuk informasi harga paket 4G kartu Tri, silakan baca: Harga Paket Tri 4G Terbaru.

Manfaat upgrade kartu 3G ke 4G yaitu:

  • kecepatan internet jaringan 4G kartu 3 yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G.
  • harga paket internet 4G tri lebih murah dengan kuota yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan 3G.

Adapun kekurangan dari upgrade 4G Tri berdasarkan pengalaman saya adalah smartphone menjadi lebih boros baterai ^_^. Selain itu, coverage area jaringan 4G kartu tri juga belum menjangkau secara merata di wilayah tempat saya tinggal dan bekerja.

Cara Upgrade 4G Tri Sendiri


Untuk dapat menikmati fasilitas jaringan 4G kartu 3, serta upgrade kartu three ke 4G, kalian bisa mengikuti beberapa cara upgrade 4G Tri sendiri berikut:

1. Beli Kartu Perdana Tri 4G


Cara Upgrade 4G Tri sendiri yang pertama adalah dengan membeli kartu perdana 3 4G, baik di 3Store maupun di tempat-tempat/counter yang biasa menjual paket internet.

Seperti telah saya sebutkan di atas, dengan membeli kartu perdana 3 4G, kalian bisa langsung menggunakan kartu tersebut untuk berselancar di internet, asalkan memiliki smartphone/modem yang mendukung jaringan 4G dan juga berada di area yang terjangkau oleh jaringan 4G.

2. Cara upgrade kartu tri ke 4G online


Bagi kalian yang mau upgrade kartu tri ke 4G secara online, kalian dapat mengunjungi Fanspage Resmi Kartu Tri di Facebook, "Tri Indonesia".

Cara upgrade 4G Tri secara online melalui FP Tri Indonesia tanpa harus datang ke 3Store yaitu dengan mengirimkan inbox ke Fans Page tersebut dengan format sebagai berikut:

Nomer Tri:
Nama Lengkap:
Alamat Lengkap:
Kota:
Kode Pos:
Email:

Isikan identitas kalian sesuai dengan KTP ya.

Setelah kirim message ke inbox Tri Indonesia, kalian tinggal tunggu balasan dari si admin, biasanya baru dibalas dalam waktu 1-3 hari kerja.

Setelah itu, kalian harus konfirmasi permintaan upgrade 4G Tri kalian. Setelah proses pengajuan kalian diapprove, kartu Tri 4G akan dikirimkan ke alamat rumah kalian, dan akan sampai ke rumah sekitar 14 hari setelah pengisian data-data.
Oh iya, sebelum mengajukan Upgrade 4G Kartu Tri, jangan lupa untuk back up Contact kalian yang disimpan di kartu Tri yang lama.

Langkah selanjutnya, setelah menerima kartu Tri 4G, lakukan proses Upgrade 4G Tri sebagai berikut:

  • Cek dibelakang kartu Tri yang kalian terima setelah dikirimkan oleh Tri. Di belakang kartu tersebut ada 20 angka ICCID.
  • Silakan kirim pesan ke 123 lewat kartu Tri lama kalian, dengan format pesan SIM (spasi) 20 Nomor ICCD, lalu kirim.
  • Setelah terkirim, maka sinyal di kartu Tri lama kalian akan hilang.
  • Masukkan kartu Tri 4G yang baru, dan kini kalian sudah berhasil Upgrade 4G Tri sendiri secara online tanpa harus ke 3Store.
Update: Cara ini sudah tidak bisa digunakan menurut informasi dari pihak 3.

3. Cara upgrade kartu 3 ke 4g sendiri dengan PakeTRI 4G ON


Cara upgrade 4G Tri sendiri selanjutnya menggunakan PakeTri 4G ON yang saya dapatkan dari blog www.nicois.me.

Cara upgrade 4G Tri dengan teknik yang satu ini yaitu:
  • beli dulu PakeTri 4G ON (bisa di minimarket atau kios-kios Tri. Saran saya, beli di kios Tri yang penjualnya paham tentang kartu 3).
  • sama seperti langkah di atas, cek 20 nomor ICCID di kartu Tri yang baru kalian beli.
  • SMS 20 Nomor ICCID tersebut ke 123 dengan format SIM (spasi) Nomor ICCID menggunakan kartu Tri lama kalian.
  • Jika berhasil, sinyal di kartu Tri lama akan hilang.
  • Copot kartu lama dari HP dan masukkan kartu baru. Selamat, kalian sudah berhasil Upgrade 4G Tri.

4. Cara Upgrade 4G Sendiri Berdasarkan Pengalaman Pribadi


upgrade 4g tri sendiri di 3store bandar lampung
Pengalaman Upgrade 4G Three di 3Store Bandar Lampung

Cara Upgrade 4G kartu 3 yang keempat inilah yang saya coba, yaitu dengan datang langsung ke 3Store. Prosesnya cepat, mudah, tinggal terima jadi saja hehehe.

Siang hari, selepas sholat dzuhur dan makan siang di Warung Bebek Pak Ndut Lampung, saya datang ke 3Store Bandar Lampung yang beralamat di Jalan Kartini, tepatnya berada di depan Central Plaza (CP), geser ke kanan sedikit. Ada tulisannya besar, 3Store.

Setelah parkir motor, lalu masuk ke 3Store, si satpam langsung mengantarkan saya untuk mengisi daftar antrian. Daftar antriannya langsung online, isi nomor telepon dan nama di tab, dan saya langsung dapat SMS nomor antriannya.

Kebetulan waktu itu 3Store tidak terlalu ramai, dan selang gak sampai 5 menit, saya pun dipanggil sama mas customer service, lalu saya sampaikan mau upgrade 4G kartu Tri.

Proses upgrade 4G Tri di 3Store ini gampang banget, saya serahkan HP saya, sama masnya langsung dibackup kontak telepon saya, karena belum sempat saya back up, lalu diproseslah upgrade 4G kartu Tri saya.

Cepet banget prosesnya, cuma 2-3 menit saja mungkin, dan selesailah upgrade kartu tri saya dari 3G ke 4G. Mudah banget, langsung diatasi sama customer service.

Oh iya, saya gak diminta ngisi data apa pun, gak diminta KTP juga, beda saat saya upgrade 4G Telkomsel di Grapari Jalan Raden Intan Bandar Lampung.

Berapa biaya Upgrade 4G Tri di 3Store?

Sebenarnya untuk upgradenya sendiri, gak dikenakan biaya. Kita cuma diharuskan mengisi pulsa sebesar 20 ribu rupiah saja.

Dari Upgrade 4G Tri tersebut, saya dapat kuota 30 GB 4G, berlaku selama 30 hari, per harinya 1 GB. Lumayan kan hehehe. Dapat kuota, tanpa harus bayar. Walaupun bayar 20 ribu, tapi itu buat isi pulsa saya.
Update: isi pulsa 20 ribu tidak wajib, dan sudah tidak ada lagi promo dapat kuota 30 GB.
Oh iya, untuk jaringan 4G kartu Tri sekarang sudah makin luas kok, dan sudah direncanakan akan menjangkau 227 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kalau di rumah saya, di Sukabanjar, Gedong Tataan, Pesawaran, sinyal 4G kartu Tri malah kenceng banget, malahan sinyal 4G telkomsel yang gak ada. Makanya saya pakai 3 untuk keperluan internet saya, sudah menjangkau 4G pula.

Nah, demikian sharing pengalaman saya saat Upgrade 4G Tri sendiri di 3Store serta informasi cara Upgrade kartu tri ke 4G baik online maupun manual. Siap melakukan perubahan dengan Upgrade kartu Tri kalian ke 4G? Monggo dicoba ^_^

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post