Saturday, July 30, 2016

author photo
Setelah penghasilan mencapai $10 untuk akun Adsense US, atau Rp130.000 untuk akun Adsense IDR, kita dapat melakukan verifikasi nomor rekening. Karena akun Adsense saya baru diterima tahun 2016 dimana semuanya sudah menggunakan akun IDR, setelah penghasilan saya mencapai Rp130.000, saya menerima notifikasi dari Google untuk memasukkan nomor rekening bank pembayaran dan memverifikasi nomor rekening tersebut.

Berikut ini bentuk notifikasinya.

notifikasi pembayaran google

Setelah mendapat notifikasi tersebut, saya pun segera memasukkan nomor rekening BRI saya dengan mengisi form yang harus diisi.

Caranya pun sangat mudah, saya yakin semua orang juga pasti bisa. Tinggal lihat ke kanan atas, dan ada roda gigi, lalu klik roda gigi tersebut, dan akan muncul beberapa menu pilihan, lalu pilih saja pembayaran.

setelan pembayaran adsense
Lalu kembali akan kita dapati notifikasi dengan tulisan "Anda tidak memiliki bentuk pembayaran yang valid. Akun ini tidak memiliki bentuk pembayaran yang valid. Harap tetapkan bentuk pembayaran agar dapat menerima pembayaran".

Tinggal klik saja tulisan "tetapkan bentuk pembayaran" maka kita akan diarahkan ke setelan pembayaran. Klik saja "Tambahkan metode pembayaran baru".

Setelah mengklik tambahkan metode pembayaran yang baru, selanjutnya kita tinggal mengisi nomor rekening bank lokal kita yang akan kita gunakan untuk menerima pembayaran dari Google Adsense.
mengisi nomor rekening adsense

Karena saya menggunakan akun IDR, hanya tersedia 1 metode pembayaran yaitu wire transfer, berbeda dengan akun Adsense US yang bisa menggunakan western union.

Selain itu, pada akun IDR juga tidak perlu mengisi kode SWIFT Bank. Saya cuma perlu mengisi Nama Pemilik Rekening, lalu pilih Nama Bank, dan terakhir isikan Nomor Rekening saya. Setelah selesai tinggal simpan.

Tunggu Transfer Uang dari Google

Setelah mengisikan nama rekening, nama bank, dan nomor rekening, langkah selanjutnya tinggal memantau transaksi di rekening kita, karena dalam waktu 2-3 hari kerja Google akan mentransfer sejumlah uang tertentu yang nilainya di bawah Rp1.000.

Kita juga akan menerima email pemberitahuan dari Google Adsense setelah kita memasukkan data rekening pembayaran dan diharuskan untuk memverifikasikan Nomor Rekening setelah Google mentransfer sejumlah uang.
email verikasi rekening google adsense
Dalam kurun waktu tersebut, rajin-rajinlah mengecek mutasi rekening tabungan agar tahu apakah Google sudah mengirimkan uang atau belum.

Setelah menunggu 2 hari, akhirnya transfer dana dari Google pun saya terima. Saya pun segera masuk ke akun Google Adsense saya dan memasukkan nominal uang yang ditransfer oleh Google.
verifikasi rekening

Tinggal pilih jumlah uang yang ditransfer Google lalu klik "Verify". Setelah itu akan muncul pemberitahuan "Your bank account is verified".

Selesai sudah verifikasi rekening Google Adsense, dan sampai saat ini saya masih menunggu PIN Google Adsense yang tidak kunjung datang.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post