Saturday, February 10, 2018

4 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kesehatan Kulit

author photo
Jumanto.Com - Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kesehatan Kulit. Minyak zaitun terdiri atas beberapa jenis, di antaranya ada minyak zaitun extra virgin, virgin, fino, pure, dan light. Extra virgin olive oil atau evoo sendiri disebut sebagai minyak zaitun yang paling baik dengan kandungan asam paling rendah.

Khasiat minyak zaitun extra virgin dan jenis minyak zaitun lainnya sebenarnya cukup banyak.

Selain berguna untuk mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolestrol, membantu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan manfaat kesehatan lainnya, minyak zaitun ternyata juga bermanfaat untuk wajah dan kesehatan kulit.

Kegunaan minyak zaitun yang cukup banyak ini pun wajar jika harga minyak zaitun cukup mahal di pasaran.

Dengan melihat khasiat minyak zaitun untuk kesehatan, banyak yang beralih menggunakan minyak zaitun untuk menggantikan minyak goreng dengan minyak zaitun.

Kandungan Minyak Zaitun untuk Kesehatan


Kandungan utama dari minyak zaitun adalah lemak dengan, namun kandungan lemak jahatnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan lemak jahat pada minyak goreng.

Kurang lebih cuma 14% saja kandungan lemak jenuh yang terdapat pada minyak zaitun. Wajar, jika minyak zaitun ini sangat cocok untuk mengontrol kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Selain mengandung lemak yang cukup banyak, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, serta Omega 3 dan Omega 6 yang baik untuk tubuh.

Gimana, cukup banyak kandungan zat yang berguna bagi tubuh kita.

Namun, buat kalian yang sedang dalam program diet, jangan mengkonsumsi minyak zaitun terlalu banyak ya.

Pasalnya, kandungan kalori dalam minyak zaitun ini cukup tinggi.

Minyak zaitun sendiri akan menghasilkan kalori sekitar 885 kilokalori untuk setiap 100 gram minyak zaitun.

Nah, jika mengkonsumsi terlalu banyak, maka akan terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh kalian.

Ini Dia Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kesehatan Kulit, Baguskah untuk Mengatasi Jerawat?


manfaat minyak zaitun untuk wajah

Selain berguna bagi kesehatan, minyak zaitun juga bermanfaat untuk wajah dan kesehatan. Tanpa panjang lebar, berikut ini manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kesehatan kulit yang referensinya saya ambil dari alodokter.com dan klikdokter.com serta berbagai sumber lainnya:

1. Minyak zaitun bermanfaat untuk membersihkan make up atau cleanse oil


Buat para cewek yang kesulitan untuk menghapus make up, misalkan saat mau wudhu sebelum sholat, nah, kalian bisa mendapatkan manfaat dari minyak zaitun ini untuk membersihkan sisa-sisa make up.

Minyak zaitun sendiri dikenal sebagai salah satu bahan cleansing oil atau minyak pembersih yang diproduksi oleh produsen kosmetik.

Jadi, mereka pun memproduksi make up plus alat pembersih make up-nya, yang bahannya berasal dari minyak zaitun ini.

Minyak zaitun ini jelas lebih alami sehingga lebih sehat di kulit wajah saat membersihkan sisa-sisa make up yang memabandel.

2. Manfaat minyak zaitun untuk facial wajah


Penggunaan minyak zaitun untuk wajah selanjutnya, menurut alodokter.com, bisa dengan menggunakannya sebagai masker.

Oleskan minyak zaitun murni, kualitas terbagus (extra virgin olive oil) ke wajah kalian untuk facial menggunakan minyak zaitun.

Atau bisa juga dengan membuat campuran cuka sari apel sebanyak 2 sendok teh, minyak zaitun 1 sendok teh, serta madu 1 sendok teh, dan aplikasikan pada wajah.

Biarkan facial tersebut pada wajah sekitar 10-15 menit.

Setelahnya, bilas wajah menggunakan air hangat, dan keringkan pakai handuk yang bersih dengan ditepuk-tepuk.

3. Minyak zaitun bagus untuk kulit kering dan membuat kulit lebih lembab


Jika kulit kalian terlalu kering, untuk membuat kulit lebih lembab, kalian bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasinya.

Minyak zaitun sendiri cukup mudah untuk diserap kulit kita, yang efeknya kulit kita akan lebih halus, lebih cerah, apalagi terdapat kandungan zat anti oksidan serta anti inflamasi yang berguna buat kulit.

Anti oksidan pada minyak zaitun berkhasiat untuk melepaskan radikal bebas pada tubuh.

Minyak zaitun juga dikatakan mirip dengan minyak kulit yang diproduksi secara alami.

Minyak zaitun dikatakan bagus juga untuk kulit kepala sehingga rambut pun bisa lebih sehat. Rambut bakalan lebih lembut dengan minyak zaitun ini.

4. Minyak zaitun juga berguna untuk mengobati eksim


Untuk mengobati gatal-gatal pada kulit yang disebabkan jamur, atau penyakit panu, kulit gatal, dan kulit merah, kalian bisa mencoba menggunakan minyak zaitun ini sebagai obat.

5. Minyak zaitun bagi kulit berjerawat


Beberapa orang mengatakan bahwa minyak zaitun bisa mengatasi masalah jerawat. Minyak zaitun dikatakan bisa menyembuhkan jerawat.

Namun, menurut dokter di alodokter.com, penggunaan minyak zaitun pada penderita jerawat justru tidak dianjurkan.

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak zaitun dapat mengobati jerawat.

Kandungan minyak pada minyak zaitun justru dikatakan dapat membuat jerawat jadi makin bertambah.

Kesimpulan


Cara menggunakan minyak zaitun untuk wajah bisa diaplikasikan langsung atau dengan mencampurnya dengan cuka sari apel dan madu. Bisa diaplikasikan sebelum tidur.

Dengan menggunakan minyak zaitun, wajah kusam bisa teratasi.

Minyak zaitun banyak digunakan sebagai cleansing oil. Ada beberapa merk minyak zaitun untuk wajah, carilah yang menggunakan extra virgin olive oil, karen jenis minyak zaitun ini adalah yang paling murni.

Minyak zaitun juga berkhasiat untuk kesehatan kulit dan rambut serta kecantikan. Namun, buat kulit jerawat, justru kurang dianjurkan karena belum ada penelitian resmi.

Untuk wajah berminyak juga tidak dianjurkan menggunakan minyak zaitun.

Alhasil, dengan kandungan yang terdapat pada minyak zaitun, ada banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, termasuk untuk penyakit jantung.

Pria dan wanita bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun ini bisa dikonsumsi dengan mencampurnya pada salad.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah dan Kesehatan Kulit yang saya ringkas dari berbagai sumber. Baca Juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Menggunakan Bawang Putih.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post