Saturday, February 3, 2018

Cara Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun, Langsung Berangkat

author photo
Jumanto.Com - Cara Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun. Beli tiket kereta api di stasiun bisa ga sih? Bisakah beli tiket kereta api langsung berangkat? Bagi pemesan tiket kereta dadakan karena tiba-tiba harus berangkat, mungkin perlu tahu informasi cara pesan tiket kereta api di stasiun, tanpa pesan tiket online, offline saja.

Sebenarnya, PT KAI sekarang sudah mempermudah bagi kalian yang mau beli tiket kereta langsung berangkat, karena 3 jam sebelum keberangkatan pun kalian masih bisa beli tiket kereta api online baik lewat Aplikasi KAI Access atau lewat Traveloka.

Maksud reservasi dapat dilakukan 3 jam sebelum keberangkatan, jika kereta berangkat pukul 9 malam, pukul 6 sore kalian masih bisa booking tiket kereta secara online. Silakan dicoba.

Jadi, jika ada yang tanya adakah tiket kereta khusus 3 jam sebelum keberangkatan? Jawabannya, bukan kereta khusus, tapi tiket online masih dijual 3 jam sebelum keberangkatan kereta api.

Lalu, kalo beli tiket online habis apakah beli langsung bisa ada? Bisa kalian coba untuk beli langsung tiket kereta api di Stasiun, yang sampai sekarang masih membuka loket pembelian tiket kereta api. Beli tiket kereta 1 jam sebelum berangkat mungkin bisa dilakukan lewat loket di stasiun.

Apakah  tiket kereta jadi murah jika h-3 jam? Untuk harga sebenarnya sama saja sih, tarifnya tetap segitu juga, kecuali ada promo diskon tiket kereta api.

cara pesan tiket kereta api di stasiun

Cara Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun


Beli tiket kereta dadakan tentu bikin gak nyaman, takut gak dapat tiket. Nah, jika kalian memutuskan untuk membeli tiket kereta api di stasiun, sebelum ke stasiun, pastikan kalian telah membawa kartu identitas/KTP serta membawa uang cukup.

Jika bepergian bersama dengan anak di bawah 17 tahun yang belum punya KTP, bawa fotokopi KK untuk keperluan checkin dan pengecekan tiket.

Di loket stasiun kalian masih bisa pesan tiket kereta langsung mendadak.

Saat kalian mau naik kereta commuter line, bisa juga beli tiket kereta api di stasiun.
Baca Juga: Cara Booking Tiket Kereta Api di Indomaret.
Berikut ini langkah-langkah prosedur memesan tiket kereta api di stasiun:

1. Bawa KTP dan Fotokopi KK


KTP merupakan kartu identitas yang wajib saat mau check in pesawat, atau mau naik kereta api. Jika membawa anak di bawah 17 tahun, karena belum ada KTP, bisa memakai fotokopi KK.

Tapi kalau si anak sudah punya KIA (Kartu Identitas Anak, KTP khusus untuk anak), bisa dipakai KIA tersebut.

Jangan sampai Nomor KTP/KK yang tercantum di pemesanan tiket nanti berbeda dengan KTP yang kalian bawa ya.

2. Kunjungi Stasiun Kereta Api, Jangan terlalu mepet


Datanglah ke stasiun kereta api jangan terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan kereta api, supaya tidak kehabisan tiket atau pelayanan pembelian tiket KA sudah ditutup.

3. Hubungi bagian informasi untuk menanyakan jadwal, kereta apa yang ada, dan ambil formulir pemesanan tiket


Jika kalian belum tahu tiket kereta api apa saja yang masih, dan jadwal keberangkatannya, silakan tanya ke bagian informasi, sekalian ambil formulir pemesanan tiket KA di stasiun.

Jika sudah tahu informasi kereta yang mau kalian pesan, kalian bisa ambil Nomor Antrian dulu baru ambil formulir pemesanan tiket untuk menyingkat waktu.

4. Ambil Nomor Antrian Loket Tiket


Cara memesan tiket kereta api di stasiun selanjutnya, jangan lupa ambil nomor antrian pembelian tiket di loket stasiun, lalu tunggu sampai kalian dipanggil sama petugas loket.

Sambil menunggu antrian dipanggil, isilah formulir pemesanan tiket. Data yang harus diisi dalam form pemesanan tiket di stasiun di antaranya:
  • data si pemesan: nama, alamat, nomor telepon.
  • data calon penumpang: nama, no identitas, tipe penumpang (dewasa/anak).
  • data perjalan KA: nama kereta api, kelas, kota asal, kota tujuan, jadwal keberangkatan, bisa juga pesan tiket kereta api PP.
  • tanggal pemesanan dan tanda tangan si pemesan.

5. Petugas loket tiket akan memanggil


Jika dipanggil, bawa form yang diisi tadi, lalu bayar tiket kereta api yang dipesan. Setelah mendapatkan tiket KA, cek dahulu informasinya apakah benar nama, no identitas, nama kereta, asal dan tujuan, serta info lainnya.

Perhatikan jadwal keberangkatan kereta, jangan sampai terlambat.

Bisa juga Pesan Tiket Kereta Api Online di Stasiun


Jika tidak ingin mengantri panjang, di beberapa stasiun, disediakan juga mesin pembelian tiket kereta api online.

Nah, kalian bisa memanfaatkan mesin pembelian tiket kereta api online ini untuk menghindari antrian, kecuali di mesinnya pun antri hehehe.

Beli tiket kereta api offline memang lebih ribet sih menurut saya dibandingkan beli tiket kereta api online.

Nah, kiranya itu saja informasi Cara Pesan Tiket Kereta Api di Stasiun dari saya, mudah-mudahan bermanfaat. Baca Juga: Harga kereta Api Jakarta Jogja.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post