Monday, February 12, 2018

Cara Menggunakan E-Tiket Traveloka Untuk Naik Pesawat di Bandara

author photo
Jumanto.Com - Salah satu tempat beli tiket pesawat online adalah Traveloka, selain Airy Rooms, Tiket, Pegipegi, dan beberapa tempat pesan tiket pesawat online lainnya. Saat booking tiket pesawat di Traveloka, kita akan mendapatkan e-tiket atau tiket elektronik. Lalu, gimana cara menggunakan e-tiket Traveloka untuk naik Pesawat di Bandara?

Buat kalian yang sudah terbiasa naik pesawat, tentu gak akan bingung mengenai cara penukaran tiket pesawat online di bandara, atau cara check in pesawat menggunakan e-tiket dari Traveloka.

Pesan tiket pesawat lewat Traveloka sendiri mudah banget, wajar jika pelanggan Traveloka cukup banyak.

Gak cuma booking tiket pesawat, di Traveloka kita juga bisa bayar tagihan listrik, isi pulsa atau kuota data, beli tiket wisata (seperti tiket masuk Slanik Waterpark Lampung), beli tiket kereta api secara online, dan berbagai keperluan lainnya.

Beli tiket pesawat, hotel, kereta api, pembayaran lainnya di Traveloka, bakal lebih simpel jika bayarnya menggunakan Mandiri Online.

Panduan Langkah-langkah Cara Menggunakan E-Tiket Traveloka Untuk Naik Pesawat di Bandara


Saat booking tiket pesawat via Traveloka, setelah mendapatkan invoice, kita harus segera membayar tiket tersebut. Ada batas waktu pembayaran tiket traveloka, biasanya 3 jam.

Jika melewati batas waktu yang telah ditentukan, dan kita masih belum bayar booking tiket pesawat tersebut, secara otomatis booking tiket akan dibatalkan oleh Traveloka.

Seandainya booking tiket sudah dibatalkan, tapi kita terlanjur bayar, maka kita bisa mengajukan refund dana melalui mekanisme yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, ingat-ingat, untuk selalu membayar tiket Traveloka sebelum lewat batas waktu yang telah ditentukan.

Setelah booking tiket kita bayar, baik lewat Indomaret, ATM, internet banking, atau kartu kredit, selanjutnya Traveloka akan meverifikasi pembayaran kita.

Setelah pembayaran terverifikasi, e-tiket Traveloka pun akan diterbitkan ke alamat email kita, dan kita pun akan mendapatkan SMS yang berisi kode booking, tanggal keberangkatan pesawat, serta informasi tiket lainnya.

Nah, untuk naik pesawat dan chek in di bandara, perlukah kita print tiket pesawat yang kita pesan lewat Traveloka ini?


Jadi, setelah tiket kita bayar, hal yang paling penting untuk kita simpan adalah Kode Booking Tiket Pesawat.

cara menggunakan e-tiket traveloka

Jika kode booking tersimpan di HP, kita bisa check in pesawat dengan cara menunjukkan tiket pesawat dengan HP (tunjukkan saja kode booking sama petugas bandara).

Atau bisa juga dengan menunjukkan SMS dari Traveloka saat mau masuk Bandara dan Check In Pesawat.

Jika khawatir hilang, bisa juga tulis kode booking pesawat di kertas, lalu masuk dengan menunjukkan kode booking ini.

E-tiket dari Traveloka gak dicetak pun tak masalah, yang penting punya kode booking.

Kalau e-ticket Traveloka mau dicetak juga boleh, nanti dibawa ke bandara, tunjukkan e-tiket Traveloka tersebut sama petugas bandara saat mau masuk bandara dan saat mau cek in pesawat.

Untuk check in hotel Traveloka, nanti bakal lebih mudah lagi, karena front office hotel biasanya sudah tahu, cukup menanyakan nama saja.

Sedangkan jika ingin menggunakan e-tiket kereta traveloka, gunakan kode booking untuk cetak tiket kereta api di stasiun keberangkatan.

Cara menggunakan e-tiket Traveloka simpel banget. Boleh dicetak atau cukup menunjukkan kode booking dengan HP saat mau masuk ke bandara dan cek in pesawat.

Oh ya, buat kalian yang tetap mau print tiket pesawat di bandara, berikut ini caranya:

  1. Kunjungi layanan maskapai pesawat yang akan kalian naiki. Jika naik Lion Air, cari customer service Lion Air, jika naik Garuda, cari CS Garuda, dan seterusnya. Jika bingung, bisa tanya sama petugas bandara di mana bisa cetak tiket pesawat.
  2. Tunjukkan kode booking tiket pesawat kalian. Cara print tiket pesawat di bandara yaitu dengan menggunakan kode booking.
  3. CS Maskapai pun akan mencetak tiket pesawat kalian. Saya juga beberapa kali cetak tiket pesawat di Bandara, baik Sriwijaya, Lion, maupun Garuda Indonesia.

Kesimpulan


E-Tiket Traveloka bisa dicetak atau gak, saat mau bepergian naik pesawat. Yang paling penting, kita tahu kode booking tiket pesawat kita.

Pengalaman saya selama ini, saya selalu check in di bandara dengan kode booking, yaitu dengan menunjukkan kode booking lewat HP atau menunjukkan SMS dari Traveloka saat mau masuk bandara dan Check In.

Beberapa kali, untuk keperluan administrasi kantor, saya juga mencetak tiket pesawat di bandara.

So, masih bingung cara menggunakan e-tiket Traveloka? Gak usah bingung, cukup tunjukkan kode booking saja saat mau naik pesawat beserta kartu identitas dan semua pun aman. Baca Juga: Pengalaman Booking Hotel di Traveloka.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post