Saturday, December 9, 2017

Tulisan Arab Innalillahi Wainna Ilaihi Roji'un Beserta Artinya yang Benar Sesuai Al Quran

author photo
Jumanto.Com - Jika mendapatkan suatu musibah maka kita disunnahkan untuk mengucapkan Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Lalu seperti apa sih tulisan arab  innalillahi wainna ilaihi roji'un?

Buat kalian yang setiap hari Baca Al Quran dan sudah rutin menghatamkan Al Quran, pastinya gak bakalan asing lagi dengan kalimat inna lillahi wainna ilaihi roji'un ini, karena kalimat ini merupakan sebuah potongan sebuah ayat di dalam Al Quran, yaitu surat Al Baqarah ayat 156.

Kalimat innalillahi wainna ilaihi roji'un biasanya kita dengar saat ada orang meninggal dunia. Padahal, sebenarnya bukan cuma untuk orang yang meninggal dunia.

Sesuai dengan surat Al Baqarah di atas, kalimat innalillahi ini dibaca saat kita tertimpa musibah, agar tergolong sebagai orang-orang yang sabar, serta menyadari bahwa segala yang ada itu semua milik Allah dan semuanya akan kembali kepadaNya.

Semua yang kita miliki di dunia ini hanyalah titipan. Namanya juga barang titipan, pasti akan diambil kembali oleh pemiliknya.

Tidak ada satupun yang ada pada diri kita yang menjadi milik kita, semuanya adalah milik Allah, dan semuanya juga akan diminta kembali oleh Allah SWT.

Tulisan Arab Innalillahi Wainna Ilaihi Roji'un lengkap Beserta Artinya


Selain tulisan arab Bismillahirrahmanirrahim, kita juga mesti tahu tulisan arab innalillahiwainnailaihiroji'un supaya pelafalannya bisa benar.

Tulisan latin innalillahi wainna ilaihi roji'un sendiri sebenarnya belum bisa mewakili tulisan arab yang seharunya.

Berikut ini tulisan arab innalillahi wainna ilaihi roji'un sesuai dengan yang tertulis di dalam Al Quran Al Karim.

tulisan arab innalillahi

Banyak orang yang mengucapkan kalimat inna lillahi ini dengan ucapan inna lillahi wainna lillahi roji'un, pakai dua kali kata lillahi, padahal itu salah, tapi perlu diluruskan supaya gak salah terus menerus.

Seharusnya, kata lillahi yang kedua diganti dengan ilaihi. Inna lillahi wainna ilaihi roji'un.

Adapun arti dari bacaan innalillahi wainna ilaihi roji'un adalah:


"Sesungguhnya kita ini milik Allah, dan sesungguhnya kita semua akan kembali kepadaNya".

Di dalam Al Quran surat Al Baqarah, redaksi lengkap ayat tersebut adalah:

 الذين اذا اصابتهم مصيبة قالوا انا لله وانا اليه راجعون


"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun" (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali). (Al-Baqarah ayat 156).

Bacaan Innalillahi dikenal juga dengan bacaan Istirja atau Tarji.

Jika kita mendalami benar makna dari kalimat istirja ini, saya yakin kita gak akan pernah merasa susah saat kehilangan sesuatu.

Saat motor dicuri orang, kita ikhlas karena itu bukan punya kita. Saat kemalingan, kita ikhlas karena harta itu milik Allah. Termasuk saat kita ditinggal orang yang paling kita sayangi, kita pun juga ikhlas karena dia juga milik Allah.

Segala yang ada semuanya milik Allah dan akan kembali lagi kepadaNya.

Demikianlah Tulisan Arab Innalillahi Wainna Ilaihi Roji'un Beserta Artinya yang Benar Sesuai Al Quran dan makna singkatnya. Baca Juga: Cara Mengubah Tulisan latin ke Tulisan Arab secara Online.







This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post