Friday, December 8, 2017

Review Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas Bandung: Tampak Seram, Tapi Nyaman

author photo
Jumanto.Com - Setelah menginap satu malam di Airy Eco Pasteur Mulyasari 6 Culdasec Bandung, hari berikutnya kami memutuskan untuk menginap di Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung dengan tarif yang cukup murah. Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan review Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas, tempat kami menginap selama 3 malam di Bandung.

Airy Eco Syariah Dago Atas merupakan sebuah rumah tua, yang bernama asli Indraloka Bed and Breakfast. Jadi rumah ini memang sudah disetting oleh pemiliknya sebagai sebuah penginapan di Bandung dengan tarif yang ramah banget buat backpacker.

Berdasarkan hasil ngobrol singkat saya dengan si penjaga penginapan, Airy Eco Syariah Dago Atas ini sejatinya memiliki 5 kamar, namun yang dikerjasamakan dengan Airy Rooms baru 3 kamar, letaknya di lantai atas semua, sedangkan sisa 2 kamar masih belum kerja sama dengan Airy Rooms.

Jadi, kita cuma bisa pesan 3 kamar Airy Rooms di Airy Eco Syariah Dago Atas, sedangkan 2 kamar lainnya disewakan secara konvensional.

Tak heran jika Airy Eco Syariah Dago Atas ini sering penuh saat kita mau booking.

Review Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas Bandung


Awalnya, kami berencana cuma menginap dua malam saja di Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas Bandung.

Namun, karena banyak tempat wisata yang masih ingin kami kunjungi di Bandung, akhhirnya kami memutuskan untuk menginap semalam lagi di Bandung.

Waktu itu lagi ada promo diskon menginap 50% di Airy Rooms untuk tipe hotel Standard dan luxury. Sayangnya, kalau mesti pindah hotel lagi, mesti ribet pindahan lagi siang harinya, jadi gak bisa jalan-jalan full seharian karena mesti ngurus chek out hotel dan check in ke hotel lainnya.

Daripada pindah-pindah hotel lagi, maka kami memutuskan untuk menginap satu malam lagi di Airy Eco Syariah Dago Atas, pesan menggunakan kode kupon diskon 30%: TIDURNYAMAN.

1. Lokasi Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas Bandung


Review Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas yang pertama saya mulai dari lokasi.

Untuk lokasi hotel budget di Bandung ini, dari pusat kota Bandung memang cukup jauh, tapi untuk ke tempat wisata di Lembang seperti Maribaya, Curug Dago, Taman Hutan Raya Ir Juanda, Dago Dream Park, Tangkuban Perahu, Grafika Cikole Lembang, dan tempat wisata lainnya, cukup dekat.

Kalau mau ke Farm House, Floating Market, Kampung Daun, Kampung Gajah, Dusun Bambu, De Boscha, dan tempat wisata di sekitarnya memang cukup jauh.

Namun, lokasi Airy Eco Syariah Dago Atas ini mudah banget dicari, lokasinya persis di pinggir jalan, di Jalan Dago Pakar Timur, dekat dengan Sierra Cafe and Lounge.

Tinggal jalan terus mengikuti Jalan Juanda Bandung, lurus jangan belok ke arah Dago Giri, nanti akan ketemu pertigaan dengan plang Sierra Cafe and Resto, ambil kiri, jalan sekitar 300 meter, setelah Sierra Cafe and Resto, di kiri jalan akan kita temukan plang Airy Eco Syariah Dago Atas dan ada juga tulisan Indraloka Bed and Breakfast.

Plang Airy Eco Syariah Dago Atas memang agak ke dalam, sehingga bisa saja kelewat, berbeda dengan plang Indraloka Bed and Breakfast yang ada persis di pinggir jalan, jadi gampang banget dicari.

Jika berangkat dari Bandara Bandung menuju Airy Eco Syariah Dago Atas, bisa menggunakan rute berikut:



Overall, untuk lokasi, meskipun cukup jauh dari pusat kota, tapi gak terlalu masalah buat saya, selain berada di daerah yang nyaman, suasana asri, tempatnya dingin, untuk mencapai tempat wisata di Lembang pun gak terlalu jauh.

Buat kalian yang jalan-jalan di pusat kota Bandung, penginapan ini kurang recommended karena cukup jauh.

Tapi buat yang mau nyari ketenangan, Airy Eco Syariah Dago Atas ini bisa kalian coba.

2. Tarif Penginapan


Tarif kamar Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung sangat ramah di kantong. Saat saya menginap dua malam pertama di sini, tarifnya cuma 308.700 untuk dua malam.

Dapat diskon 30% (92.610), jadi cukup bayar 216.090 saja selama dua malam menginap di Airy Rooms Bandung ini. Murah banget bukan, tapi gak murahan lho.

3. Review Kamar Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung


Untuk review kamar Airy Eco Syariah Dago Atas, sebelum mengulas isi kamar, saya ingin mengulas tampilan hotel atau penginapan dari luar.

Tampilan penginapan dari luar



Bagi yang belum pernah menginap di Airy Eco Syariah Dago Atas, jika melihat tampilan dari luar saja, saya yakin enggan banget buat nginep di sini.

Tampilan Airy Eco Syariah Dago Atas dari depan memang terkesan horror, berupa bangunan tua, catnya sudah kusam, lantai model lama, yang jelas sama sekali gak meyakinkan dibandingkan hotel atau penginapan lainnya di Bandung.

Dibandingkan dengan Airy Eco Pasteur Mulyasari 6 Culdasec saja, tampilan dari depannya sangat jauh.

airy eco syariah dago atas bandung

Namun, kesan dalam kamar ternyata sangat berbeda. Suasana kamarnya ternyata tidak sehorror penampakan dari depan.

Untuk ukuran hotel budget di Bandung, kamar Airy Eco Syariah Dago Atas ini melebihi ekspektasi saya. Cukup nyaman menginap selama 3 malam di Airy Rooms Bandung ini.

Ruangan kamar Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung


Setelah melihat penampakan dari luar, kita masuk ke ruang tamu. Jujur saja sampai saat ini saya belum tahu dimana letak front office, karena memang gak terlihat ada front office di Airy Eco Syariah Dago atas ini.

Begitu saya turun dari motor, saya langsung dihampiri sama bapak yang ngurusin penginapan ini, lalu dikasih tahu lokasi parkir motor dan kami langsung dibawah menuju kamar kami.

Setelah naik ke atas, barulah ada “ruang tamu” dengan beberapa tempat duduk dari sofa model lama.
Geser sedikit ke kiri, turun beberapa tangga, ada sebuah ruangan yang dulunya mungkin merupakan tempat makan, dengan beberapa meja dan kursi di situ.

review airy eco syariah dago atas bandung
dulunya seperti tempat makan

Ruangan ini cukup lebar, berupa ruangan terbuka, dari sini kita bisa melihat pemandangan sekitar Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung.

Plang “Airy Eco Syariah Dago Atas” ada di pojok kiri bagian depan ruangan ini.

Setelah si bapak membereskan kamar yang akan kami tempati, kami kemudian masuk ke kamar kami.

Kesan pertama saat masuk, kamar tidurnya cukup besar, dengan tempat tidur double besar, bukan twin.

kamar airy eco syariah dago atas
kamar airy eco syariah dago atas

Yang khas dari penginapan Airy Rooms, adalah adanya dua buah bantal kecil berwarna biru dengan tulisan Airy Rooms.

Tempat tidur selimut berwarna putih, cukup bersih, dan gak bau. Membuat kami bisa tidur dengan nyaman.

Setelah melihat kondisi kamar, yang biasanya saya cek adalah kamar mandi. Sebagus apapun ruang tempat tidur kalau kamar mandi jelek saya males buat nginep di situ lagi.

Setelah saya cek kamar mandi, ternyata cukup nyaman juga. Ada sebuah bathub yang kondisinya masih bagus, gak kusam, yang jadi tempat Alya berendam tiap hari :D

kamar mandi airy rooms eco syariah dago atas bandung
toilet

bathub airy rooms
bathub

Di bagian atas, ada pembuangan udara ke luar, sehingga sirkulasi udara cukup lancar, membuat kamar mandi gak bau, berbeda dengan pengalaman kami menginap di Airy Eco Pasteur Mulyasari 6 Culdasec.

Fasilitas kamar mandi pun cukup memuaskan, dengan bathub, shower dengan pilihan air panas dan air dingin.

Air panas berfungsi dengan baik, air lancar tanpa kendala.

Fasilitas lainnya ada dua buah handuk, satu set peralatan mandi dengan dompet khas Airy Rooms yang berwarna biru muda, westafel, tempat sampah, dan wc duduk.

Air pun mengalir lancar tidak menggenang. Overall, kamar mandi cukup nyaman. Bisa berendam air panas sepuasnya.

tv airy rooms

Untuk fasilitas kamar, ada sebuah tv layar datar dengan channel TV kabel yang sangat beragam, dua buah meja, satu dipakai buat meja tv dan satu lagi berada di bawah cermin, satu buah lemari kayu besar, beberapa hanger, selimut, single bed ukuran double, dua bantal besar dan dua bantal kecil.

fasilitas airy rooms

Gak  ada bantal guling di tempat tidur.

Fasilias kamar Airy Rooms selanjutnya ada dua buah keset, dua buah meja kecil di kiri dan kanan tempat tidur, dan lampu tidur.

Tidak ada AC di ruangan kamar. Namun, gak perlu khawatir kepanasan, suasana di Dago Atas baik siang maupun malam hari selalu dingin sehingga sama sekali gak perlu pendingin ruangan.

Udara yang sejuk dan dingin membuat AC gak terlalu dibutuhkan di sini. Tanpa AC pun kami sudah kedinginan, apalagi kalau pakai AC.

Oh ya, tempat sampah di dalam kamar gak ada, yang ada Cuma di kamar mandi dan di luar kamar, jadi mungkin saran saja buat pengelola Airy Eco Syariah Dago Atas, biar menyediakan satu lagi tempat sampah buat ditaruh di ruangan kamar.
Satu lagi yang gak ketinggalan dari hotel di Airy Rooms adalah snack gratis di dalam kotak biru muda yang ditaruh di atas meja dekat cermin.

snack airy rooms

Packing snack dan dua botol air mineral gratis yang cantik membuat Airy Rooms punya nilai plus tersendiri.

Snacknya sebenarnya standar saja, dua bungkus bengbeng, dua bungkus malkist roma crackers, dan dua bungkus better.

Namun karena diberikan secara gratis, dan penyajiannya yang menarik, membuat Airy Rooms kian bikin jatuh hati pelanggannya.

Oh ya, dompet wadah peralatan mandi juga diberikan gratis, boleh dibawah pulang, jadilah kami membawa semua dompet ini buat kenang-kenangan :D

Untuk urusan ruangan kamar Airy Eco Syariah Dago Atas, recommended deh buat dicoba untuk ukuran hotel budget murah di Bandung.

Ruangan kamar sama sekali tidak horror, tidak seseram penampakan dari luar, meskipun bangunannya memang berupa bangunan lawas, dengan cat dinding tua pula.

Buat kalian yang mau jalan-jalan ke Bandung dan mencari penginapan murah di Bandung, bisa mencoba Airy Eco Syariah Dago Atas ini.

4. Ada tempat nongkrong dan kuliner di sampiang Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung


tempat kuliner di bandung

Masih satu kompleks dengan penginapan murah di Bandung ini, persis di sisi kiri, ada tempat kuliner yang bisa mengganjal perut kita saat lapar.

Sayangnya, saya belum sempat mencicipi makanan di sini kemarin. Tapi, kata tetangga kamar yang menginap di sini, katanya nasi gorengnya lumayan enak.

Jadinya kalau perlu makan, gak usah pergi jauh-jauh, apalagi lokasinya juga dekat banget dengan Sierra Cafe & Resto Bandung.

5. Yang minus dari Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung: parkir motor dan pelayanan


Dari segi kamar dan fasilitas yang ada, saya rasa cukup memuaskan untuk ukuran penginapan murah dengan tarif segitu.

Yang disayangkan, parkir motor gak dibuatkan tempat khusus, berada di ruangan terbuka, jadi hujan kehujanan dan panas kepanasan, jelas gak bagus buat kendaraan.

Selain itu, beberapa kali jumpa dengan ibu yang sepertinya pemilik penginapan ini, wajahya kurang senyum dan kurang sapa.

But, sekali lagi, Airy Eco yang satu ini tetap ok buat dijadikan tempat nginep ala backpacker.

Kesimpulan


Buat kalian yang mencari penginapan murah di Bandung ala backpacker, Airy Eco Syariah Dago Atas Bandung ini cukup recommended.

Meskipun berupa bangunan tua, tapi kamar dan kamar mandi serta fasilitas yang ada cukup ok. Gak seseram tampilan luarnya.

Jika ke Bandung lagi, mungkin saya akan menginap di sini lagi.

Kiranya itu saja Review Airy Rooms Eco Syariah Dago Atas Bandung dari saya, mudah-mudahan bisa menjadi referensi kalian mencari hotel murah di Bandung.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post