Friday, January 19, 2018

Curug Cimahi, Tempat Wisata Alam di Bandung yang Bikin Ngos-ngosan

author photo
Jumanto.Com - Sudah pernah jalan-jalan ke Curug Cimahi atau Air Terjun Pelangi di Kabupaten Bandung Barat, atau biasa juga orang menyebutnya ada di Lembang? Curug Cimahi adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di Bandung yang bakalan bikin kalian jatuh hati, takjub melihatnya, apalagi kalau ngelihat dari jarak dekat, berrrr, berasa bener deh sensasinya.

Aliran air terjun yang begitu tinggi langsung terlihat saat kita memarkir kendaraan di tempat parkir Air Terjun Curug Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Gak kalah cantiknya dengan Curug Bugbrug  dan Curug Penganten deh, apalagi ada dua spot foto menarik yang ada di Curug Cimahi Lembang Bandung.

Setelah membayar tiket masuk, kita dipersilahkan turun melewati tangga-tangga yang jumlahnya lebih dari lima ratus tangga, turun terus sampai ke bawah, dengan turunan yang terbilang tajam.

Namun, gak perlu khawatir, jalan turun menuju Curug Cimahi sudah bagus, aman, ada pegangannya biar gak jatuh, membuat perjalanan turun ke Curug Cimahi berasa gak terlalu deg-deg ser.

Kalau ngelihat dari tempat parkir kendaraan, jarak menuju air terjun rasanya deket banget, paling cuma berapa ratus meter, saat turun menuju air terjun pun gak terasa capeknya.

curug cimahi
lagi turun ke Curug Cimahi aka Air Terjun Pelangi

Tapi pas naiknya itu lho, bikin ngos-ngosan gak ketulungan. Bayangkan, sepanjang perjalanan menuju tempat parkir, kita mesti menanjak terus dengan tanjakan yang terbilang curam.

Butuh waktu hampir setengah jam buat saya, mama, dan Alya untuk sampai ke tempat parkir, karena harus berkali-kali duduk istirahat, maklum jarang olah raga hehehe.

Lokasi Curug Cimahi Bandung aka Air Terjun Pelangi


Curug Cimahi Bandung atau Air Terjun Pelangi terletak di daerah Parongpong, yang dulunya kata kawan saya termasuk kawasan Lembang juga sebelum pecah karena Kecamatan Lembang terlalu besar.

Persis di samping tempat parkir Curug Cimahi Bandung, saya lihat ada sebuah terminal, di mana angkot-angkot sedang ngetem di situ.

Melihat lokasinya yang persis ada di samping terminal, saya yakin transportasi menuju Curug Cimahi Bandung ini mudah banget jika menggunakan angkutan umum.

Kalau saya kemarin saat ke sini naik motor, sewa motor di Bandung buat jalan-jalan di sana selama liburan.

Lokasi Curug Cimahi Bandung sendiri persis berada di pinggir jalan raya sehingga mudah banget buat dijangkau dan sangat mudah dicari.

Tinggal pasang Google Maps saja maka kita bisa menemukan lokasi Air Terjun Pelangi Bandung ini dengan mudahnya.

Berikut ini rute menuju tempat parkir Curug Cimahi Bandung yang kami tempuh dari tempat kami menginap di Airy Eco Mulyasari Culdesac 6 Bandung:




Dari Airy Mulyasari 6 Bandung, kami mengarahkan kendaraan menuju Jalan Setiabudi, lalu setelah melewati Universitas Pendidikan Indonesia, kami ambil arah ke kiri masuk ke Jalan Sersan Bajuri, melewati Kampung Gajah Wonderland dan Jendela Alam.

Kami kemudian masuk ke Jalan Kolonel Masturi, lalu jalan lurus terus mengikuti Jalan Kolonel Masturi ini, sampai turunan dan kemudian tanjakan tajam.

Persis setelah tanjakan habis, di sebelah kiri, sampailah kami di tempat parkir Curug Cimahi Bandung.

air terjun pelangi bandung
tempat parkir curug cimahi

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi Bandung dan Jam Buka Operasional


Sesampai di tempat parkir, kami langsung memarkir kendaraan, lalu bayar biaya parkir 2 ribu rupiah.

Kemudian kami menuju lokasi penjualan tiket masuk Air Terjun Pelangi Bandung ini.

tiket masuk curug cimahi

Sesuai yang tertera di tempat penjualan tiket, di situ sudah ada tarip (pakai P ya, bukan tarif pakai f, lihat gambar di atas hehehe) resmi biaya masuk ke Curug Cimahi.

Biaya tiket masuk Curug Cimahi Bandung sebagai berikut:

  • biaya masuk wisatawan asing/mancanegara: 25 ribu per orang.
  • biaya masuk wisatawan lokal: 15 ribu per orang.

Alya yang masih berumur 5 tahun gak dikenakan tiket masuk, sehingga kami cuma bayar 30 ribu rupiah saat masuk ke Rainbaw Waterfall Bandung ini.

Cukup murah biaya masuknya dibandingkan dengan tempat wisata lain yang ada di Bandung.

Jam Buka Curug Cimahi The Rainbaw Waterfall Bandung:

  • mulai pukul 08.00 pagi hingga 21.00 malam

Menghabiskan malam di Curug Cimahi katanya asyik juga lho karena di tempat air terjunnya terdapat lampu yang membuat warna air terjun jadi berwarna warni.

Sayangnya kemarin saya berkunjung di siang hari sehingga gak sempat menikmati suasana nongkrong di Bandung di Curug Cimahi ini sambil menikmati indahnya penampakan air tejun pelangi.

Buat kalian yang mau nyari foto atau gambar Curug Cimahi di malam hari silakan searching saja di Google banyak kok fotonya.

Fasilitas Wisata Curug Cimahi Bandung


Fasilitas yang ada di Curug Cimahi cukup lengkap. Traveler yang berkunjung ke sini pun gak perlu khawatir jika ingin mandi di sini.

Beberapa fasilitas yang ada di Curug Pelangi Bandung di antaranya:

#1. Dua buah  shelter tempat foto-foto ngehits


shelter curug cimahi

Saat kita mau turun, kita bakalan melihat dua buah shelter dari besi yang berdiri kokoh sebagai tempat istirahat sekaligus tempat foto-foto.

Pemandangan air terjuan Cimahi bakalan indah banget dari tempat ini.

#2. Warung-warung buat makan


Silakan lihat Video Curug Cimahi Bandung berikut ini:


Saat sampai di bawah dekat dengan air terjun, udara kerasa dingin banget. Minum kopi panas atau teh panas bakalan lebih nikmat ditemani gorengan plus cabe rawit.

Atau bisa juga pesan mie rebus dan popmie, rasa dingin pun jadi hilang, apalagi kalau habis mandi.

Untuk urusan perut, gak perlu khawatir, karena di Curug Cimahi Bandung ini banyak warung jualan di dekat lokasi air terjun.

#3. Mushola dan tempat ganti/toilet


mushola curug cimahi

Di dekat lokasi air terjun juga ada mushola serta toilet sebagai tempat ganti setelah mandi di air terjun.

Sebenarnya ada tulisan larangan mandi di lokasi air terjun, tapi tetap saja ada pengunjung yang mandi di sana.

#4. Fasilitas lainnya seperti:

  • tempat parkir.
  • rumah makan dekat tempat parkir.
  • pagar pengaman.
  • jalan berupa tangga yang cukup aman.

Apa Sih Daya Tarik Curug Pelangi Bandung? Berikut Foto-fotonya


Menurut saya, Curug Pelangi Bandung ini recommended banget buat dikunjungi karena:

#1. Lokasinya strategis banget, pinggir jalan, mudah dijangkau


Letak Curug Pelangi atau Curug Cimahi Bandung yang persis ada di pinggir jalan raya membuat wisatawan dengan mudahnya menjangkau tempat wisata alam di Bandung yang satu ini.

#2. Air terjunnya memiliki ketinggian sampai 87 meter


foto curug cimahi

Air terjun yang tinggi seperti Air Terjun Lembah Pelangi Lampung membuat tempat ini wajib banget buat dikunjungi kalau kalian lagi jalan-jalan ke Bandung.

Gak banyak lho air terjun dengan ketinggian seperti ini yang lokasinya persis di pinggir jalan raya. Air Terjun Way Lalaan Lampung jauh sekali tingginya dibandingkan dengan Curug Cimahi Bandung.

#3. Masih ada monyet di kawasan Curug Pelangi Bandung


Beberapa monyet terlihat sedang bermain-main di pohon yang berada di kawasan tempat wisata milik Perhutani ini.

#4. Pelangi di malam hari


Air Terjun Pelangi yang telah dikasih lampu warna warni membuat tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong kekinian di Bandung.

#5. Suasana alamnya yang seger


gambar curug cimahi

Melihat air terjun dengan hiasan pepohonan warna hijau di sekelilingnya membuat kita betah berlama-lama di sana.

Seneng banget deh main ke Curug Cimahi Bandung ini.

Mitos Curug Cimahi


Beberapa mitos memang suka berkembang di masyarakat yang kebenarannya masih sangat diragukan dan harus diuji terlebih dahulu. Salah satu mitos yang berkembang adalah mitos Curug Cimahi ini.

Buat pasangan yang masih berstatus pacaran, katanya jangan romantis-romantisan di Curug Cimahi ini, konon bisa menyebabkan putusnya hubungan dua sejoli.

Jadi buat yang masih pacaran banyak  yang bilang jangan datang ke Curug Cimahi.

Kalau menurut saya, jalan-jalan berdua ya memang bagusnya sama pasangan yang sah, bukan sama pacar hehehe.

Jadi mau ke mana saja bebas.

Terkait dengan sejarah mitos Curug Cimahi yang berkembang selama ini, ada baiknya juga sih, biar mengurangi anak pacaran di jaman now :D

Tempat Wisata Lain dekat Curug Cimahi Lembang


Beberapa tempat wisata di Bandung lainnya yang dekat dengan Curug Cimahi di antaranya:

Tips Biar Gak Ngos-ngosan dan Kuat saat Menanjak serta Aman Berwisata


Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Curug Cimahi Bandung, silakan:
  • Persiapkan fisik jangan sampai pingsan di tengah jalan.
  • Usahakan bawa payung atau mantel  jika cuaca mendung.
  • Jaga anak kecil jangan sampai terpeleset.
  • Pelan-pelan saja saat nanjak, gak usah ngoyo, yang penting sampai dengan sehat dan selamat.
  • Jangan lupa bawa ganti kalau mau mandi.
  • Bila hujan biasanya curug ditutup untuk dikunjungi, takut longsor juga.
  • Jika tidak ada kendaraan pribadi untuk menuju Curug Cimahi Bandung, bisa sewa motor, sewa mobil, atau ikut tour paket wisata Bandung murah.

Nah itulah pengalaman saat saya jalan-jalan ke Curug Cimahi Bandung yang merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung paling recommended buat dikunjungi. Baca juga: Hotel murah di Bandung.

This post have 4 komentar

avatar
Zainal MuttaQien delete December 16, 2017 at 12:32 AM

Ulasanya lengkap banget mas, sangat informatif... (y)

Reply
avatar
Zainal MuttaQien delete December 16, 2017 at 8:22 AM

Kalau sampean di Purbalingga, akhir Desember ini saya.mau ke Purbalingga..

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete December 16, 2017 at 8:15 PM

pertengahan november kemarin barusan mudik mas hehehe. ujan terus jadi gak bisa ke mana mana

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post