Sunday, October 22, 2017

Ada SIM Sementara di Tahun 2017, Alangkah Amburadulnya Negeri Ini

author photo
Jumanto.Com - Saya langsung ngakak saat mendengar Kasubag Umum bilang sama saya, "saya habis bikin SIM Sementara di Polresta Bandar Lampung". Suer, saya  ngakak, denger istilah SIM Sementara, yang ternyata wujudnya berupa selembar kertas putih dengan foto pemilik di sebelah kanan lalu tercetak dengan tinta tebal di sebelah tengah atas,"Tanda Bukti SIM Sementara".

Saya kira itu cuma bercanda, eh ternyata beneran, karena saya langsung ditunjukin contoh SIM Sementara punya Kasubag Umum yang sudah jadi. Beliau bikin SIM A dan SIM C Sementara di Polrestabes Kota Bandar Lampung.

Waah, alangkah amburadulnya negeri ini. Setelah sebelumnya ada KTP Sementara yang masa berlakunya cuma 6 bulan, lalu ada buku nikah sementara, BPKB Sementara, plat motor habis, eh sekarang ada SIM Sementara di tahun 2017.

Alasannya klasik, blangko habis.

Kenapa blangko SIM habis? Kenapa blangko sim kosong? Kenapa blangko KTP sampai sekarang gak pernah ada? Kenapa plat motor saya sampai sekarang gak keluar? Apakah negara ini seamburadul itu?

Alangkah lucu negeri ini, di saat uang APBN mengucur ke kantor pemerintahan, terlalu banyak yang masuk ke kantong, sementara barang-barang kebutuhan publik diabaikan.

Selambat itukah pengadaan barang dan jasa? Atau negara ini lagi bangkrut karena dana terkuras untuk dana infrastruktur?

Masa Berlaku SIM Sementara Sampai Kapan?


Setelah saya foto Tanda Bukti SIM Sementara milik Kasubag Umum dan saya perhatikan baik-baik, saya gak menemukan masa belaku SIM Sementara ini. Belum ada informasi juga mengenai kapan blangko SIM ada dan SIM Sementara ini bisa ditukarkan dengan SIM beneran.

Informasi yang tertera di SIM Sementara Bandar Lampung isinya kurang lebih:
  • KOP SIM (Lambang Polri)
  • Nomor Registrasi.
  • Status Bayar.
  • Tanggal Registrasi.
  • Golongan SIM.
  • Tanggal Bayar.
  • Data Pribadi berupa: NIK, Nomor SIM, Nama, Jenis Kelamin, Golongan Darah, Agama, Tinggi, Tempat Tanggal Lahir, Alamat, Nomor Telepon.
  • Foto pemilik SIM.
  • Tanda tangan Kapolresta.

contoh sim sementara

Saya tidak menemukan ada tulisan "Masa Berlaku SIM Sementara".


Berdasarkan informasi simpang siur yang saya dapat, SIM Sementara ini dapat ditukarkan dengan SIM yang seharusnya setelah ada blangko nanti.

Cuma saya belum dapat info juga kapan resminya blangko ini ada, sama seperti informasi kapan blangko e-KTP di kabupaten Pesawaran ada karena sampai saat ini saya belum punya e-KTP.

SIM Sementara ini ternyata gak cuma ada Lampung. Saya baca berita di Jawa Tengah, Kebumen, Jogja, Pasuruan dan masih banyak kota lainnya yang kehabisa blangko SIM dan menerbitkan SIM Sementara.

Sim Sementara 2017 sepertinya memang menjadi permasalahan nasional, sama seperti kasus BPKB Sementara dan Plat Motor yang tiada ujungnya.

SIM Sementara ini juga tentunya menimbulkan pertanyaan dari berbagai pihak. Misalkan saja para tukang ojek yang mau daftar Gojek, apakah bisa SIM Sementara buat daftar Gojek.

SIM Sementara, KTP Sementara, BPKB Sementara, Buku Nikah Habis Blangko, Plat Motor Habis, dan permasalahan blangko habis lainnya adalah bukti betapa amburadulnya negeri ini.

So, sampai kapan SIM Sementara dan Surat Sementara lainnya akan berakhir? Baca Juga: Berapa Sih Biaya Pembuatan E-KTP?

This post have 4 komentar

avatar
Nino Artikel delete October 22, 2017 at 8:27 PM

Semuanya serba sementara. Bikin jengkel! Ngomong2 soal KTP, kita sama mas, saya juga belum punya KTP. Males mau bikin, toh kalau bikin jadi nya entah kapan juga, mendingan nunggu sampai stabil. Tapi dilema nih, soalnya KTP penting dipake untuk ini dan itu.

Plat motor juga gitu sama, makanya kalau kita perhatikan banyak motor yg plat nya nggak ada, pokoknya parah banget. Sebagian pemilik kendaraan ketok plat sendiri karena frustasi Plat Nomor Kendaraan gak jelas juntrungannya.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 22, 2017 at 9:39 PM

miris ya bang nino, amburadul banget, semua serba gak jelas. Di satu sisi semua butuh EKTP dan wjib punya, tapi di sisi lain susah banget dapat selembar eKTP.

Alangkah Amburadul Negeri Ini

Reply
avatar
Nino Artikel delete October 23, 2017 at 1:05 AM

Iya mas amburadul. e-KTP jadi amburadul karena di korupsi anggaran nya. Pemerintah harus bergerak cepat untuk memperbaiki sistem yang sudah dirusak oleh para koruptor.

Imbas dari kekakuan para koruptor ke masyarakat sangat terasa dampaknya, mau nggak mau saya pakai KTP lama yang masa berlakunya sudah lewat.

Reply
avatar
Jumanto dotcom delete October 23, 2017 at 2:04 AM

masih diterima ya KTP sudah lewat. Saya juga masih pakai KTP lama, tapi masih berlaku sampai 2018.

heran aja kok semua blangko pada habis. Mewajibkan EKTP tapi blangko gak disediain. Tapi giliran bayar, ternyata ada blangkonya

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post